7 Obat Kolesterol Alami untuk Kesehatan

Image title
6 September 2021, 12:07
Oats dan strowberi merupakan salah satu obat kolesterol alami yang baik untuk kesehatan
Towfiqu Barbhuiya/Unsplash
Oats dan strawberry merupakan salah satu obat kolesterol alami yang baik untuk kesehatan

Kadar kolesterol yang tinggi dapat terjadi pada siapa pun. Orang dengan kolesterol tinggi memiliki risiko tinggi terkena stroke dan penyakit jantung iskemik, yaitu penyebab kematian tertinggi di Indonesia menurut Kementerian Kesehatan.

Dari data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), secara global, sepertiga penyakit jantung iskemik disebabkan oleh kolesterol tinggi. Secara keseluruhan, peningkatan kolesterol diperkirakan menyebabkan 2,6 juta kematian.

Advertisement

Kolesterol adalah zat seperti lemak yang ditemukan dalam aliran darah, organ tubuh, dan serabut saraf. Sebagian besar kolesterol dalam tubuh dibuat oleh hati dari berbagai macam makanan, terutama dari lemak jenuh seperti yang ditemukan dalam produk hewani.

Kejadian penyakit jantung dan pembuluh darah dipengaruhi oleh banyak faktor, menurut artikel oleh Edgar David Sigarlaki dalam Jurnal Kedokteran Universitas Lampung. Salah satunya disebabkan oleh hiperkolesterolemia, yaitu kondisi dimana kadar kolesterol dalam darah meningkat di atas batas normal.

Tipe Kolesterol

Dalam buku HDL and LDL Cholesterol oleh  Irwin S. Pagano dan Nathan B. Strait, kolesterol dibedakan menjadi dua yaitu high-density lipoprotein (HDL) dan low-density lipoprotein (LDL).

HDL dikenal sebagai "kolesterol baik" karena mengangkut kolesterol ke hati Anda untuk dikeluarkan dari tubuh Anda. HDL membantu membersihkan tubuh Anda dari kelebihan kolesterol sehingga kecil kemungkinannya untuk berakhir di arteri Anda.

LDL disebut "kolesterol jahat" karena membawa kolesterol ke arteri Anda yang dapat terkumpul di dinding arteri. Terlalu banyak kolesterol di arteri Anda dapat menyebabkan penumpukan plak yang dikenal sebagai aterosklerosis sehingga dapat meningkatkan risiko pembekuan darah di arteri Anda.

Penumpukan plak juga dapat mengurangi aliran darah dan oksigen ke organ utama. Kekurangan oksigen ke organ atau arteri Anda dapat menyebabkan penyakit ginjal atau penyakit arteri perifer, selain serangan jantung atau stroke.

Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah kolesterol Anda tinggi adalah melalui tes darah yang mengukur kolesterol dalam miligram per desiliter darah (mg/dL). Kadar kolesterol HDL yang semakin tinggi, semakin baik. Setidaknya harus lebih tinggi dari 55 mg/dL untuk wanita dan 45 mg/dL untuk pria.

Sedangkan kadar kolesterol LDL seharusnya tidak lebih dari 130 mg/dL jika Anda tidak memiliki penyakit jantung, penyakit pembuluh darah, atau diabetes. Jika Anda memiliki salah satu dari kondisi tersebut atau kolesterol total yang tinggi kadar LDL tidak boleh lebih dari 100 mg/dL.

Obat Kolesterol Alami

Menurunkan kadar kolesterol merupakan strategi ideal untuk mengurangi terjadinya penyakit jantung dan stroke. Obat kolesterol alami dapat digunakan karena mudah, aman, dan sederhana. Adapun obat kolesterol alami adalah sebagai berikut.

1. Oats

Makan oats sebagai obat kolesterol alami terbukti menurunkan kolesterol menurut studi dalam British Journal of Nutrition. Oats mengandung serat larut yang mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan penyerapan ke dalam aliran darah Anda. Makan hanya satu setengah cangkir oatmeal sehari dapat menurunkan kolesterol Anda sebesar 5 hingga 8%.

2. Beras Merah

Menurut Harvard School of Public Health, serat dalam beras merah membantu menurunkan kolesterol. Beras merah juga dapat mengeluarkan limbah melalui saluran pencernaan, meningkatkan rasa kenyang, dan dapat membantu mencegah pembentukan gumpalan darah.

Makan nasi merah setiap hari dapat menjadi pilihan yang lebih baik daripada makan nasi putih. Keunggulan nutrisinya menjadikannya pilihan yang jauh lebih sehat dan bermanfaat, dan bahkan dapat membantu menurunkan berat badan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement