Bernutrisi, Ini 8 Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan

Image title
30 Juli 2021, 18:12
Manfaat beras merah untuk kesehatan tubuh, beras merah, nutrisi beras merah
Bom Taraissara/Pixabay
Manfaat beras merah untuk kesehatan tubuh

Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia yang berasal dari beras. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), produksi beras pada 2020 mencapai 31,33 juta ton. Meskipun mayoritas masyarakat Indonesia mengonsumsi beras putih, cukup banyak masyarakat yang memilih beras merah dibandingkan beras putih.

Beras merah berasal dari tanaman yang sama dengan beras putih yaitu padi (Oryza sativa). Perbedaan beras merah dan beras putih terletak pada lapisan luarnya. Pada beras merah, lapisan luar berwarna coklat yang disebut dedak tidak dihilangkan agar sebagian besar vitamin dan mineral masih terkandung.

Advertisement

Sementara pada beras putih, lapisan dedak tersebut dihilangkan sehingga beras menjadi putih. Itulah mengapa beras merah adalah pilihan yang lebih sehat karena lapisan dedak yang utuh mengandung lebih banyak nutrisi dan mineral daripada beras putih.

Menurut USDA FoodData Central, beras merah memiliki kandungan mineral seperti mangan, zat besi, seng, fosfor, kalsium, selenium, magnesium, dan kalium. Kekayaan vitaminnya mungkin termasuk vitamin B – vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B6, folat – vitamin E (alfa-tokoferol), dan vitamin K.

Beras merah juga merupakan sumber protein, mengandung jumlah serat yang baik, serta mengandung fenol dan flavonoid, yaitu dua jenis antioksidan yang membantu mengurangi kerusakan sel dan mengurangi risiko penuaan dini.

Adapun manfaat beras merah untuk kesehatan adalah sebagai berikut.

1. Mencegah diabetes

Beras merah memiliki indeks glikemik yang rendah, yaitu ukuran yang digunakan untuk menentukan seberapa besar makanan dapat memengaruhi kadar gula darah. Indeks glikemik yang rendah berarti beras merah tidak menyebabkan kadar gula darah melonjak setelah Anda makan.

Studi menunjukkan bahwa dengan makan tiga porsi beras merah sehari dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 32%. Para ilmuwan memperkirakan bahwa dengan mengganti sekitar 50 gram nasi putih per hari dengan nasi merah, seseorang dapat mengurangi risiko diabetes hingga 16%.

2. Menurunkan berat badan

Mengganti beras putih dengan beras merah dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Nasi putih tidak mengandung serat dan nutrisi yang cukup. Misalnya, 158 gram beras merah mengandung 3,5 gram serat, sedangkan beras putih mengandung kurang dari 1 gram serat.

Serat membantu Anda tetap kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama, jadi memilih makanan kaya serat dapat mengurangi konsumsi kalori secara keseluruhan. Faktanya, penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi beras merah memiliki berat badan lebih ringan daripada mereka yang mengonsumsi beras putih.

3. Menjaga kesehatan tulang

Beras merah terbukti memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang karena kaya akan magnesium dan kalsium yang dapat mendukung perkembangan tulang serta memberikan struktur tulang yang lebih baik. Magnesium dalam beras merah juga dapat membantu mengurangi pengeroposan tulang dan bermanfaat untuk penyakit tulang seperti radang sendi dan osteoporosis.

4. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung

Nutrisi dalam beras merah mampu membantu menjaga kesehatan jantung. Beras merah adalah sumber serat dan mengandung magnesium tingkat tinggi sehingga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement