Amerika Siap Investasi US$ 61 Miliar di Indonesia

Masa depan Amerika Serikat tergantung masa depan Indonesia
Safrezi Fitra
12 November 2014, 12:29
pelabuhan-ekspor
KATADATA
Amerika sudah menyiapkan dana sebesar US$ 61 miliar untuk investasi pada semua sektor bisnis di dalam negeri.

KATADATA ? Sejumlah investor asal Amerika Serikat menyatakan siap berinvestasi di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, Amerika sudah menyiapkan dana sebesar US$ 61 miliar untuk investasi pada semua sektor bisnis di dalam negeri.

"Mereka (Amerika Serikat) siap investasi sebesar US$ 61 miliar hingga 5 tahun ke depan," ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo, usai acara ?US - Indonesia Investment Summit? di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Rabu (12/11).

Menurut Indroyono, ada beberapa sektor potensial bagi investor Amerika untuk berinvestasi di Indonesia. Peluang investasi ini terkait rencana pemerintah, diantaranya pembangunan 24 pelabuhan, pembangunan jalur kereta api di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Pembangunan listrik, pengembangan sektor maritim dan kelautan, serta pariwisata.

Dalam acara tersebut, pemerintah menawarkan beberapa peluang investasi ke pengusaha Amerika Serikat (AS). Wakil Menteri Luar Negeri Abdurahman M. Fachir mengatakan kalau pemerintah siap bekerja sama dengan para pelaku usaha.

Advertisement

Pemerintah, kata dia juga akan memfasilitasi para pengusaha Amerika Serikat yang ingin berinvestasi di Indonesia. Selain meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, pemerintah berjanji akan menyederhanakan proses perijinan.

"Presiden Jokowi akan sederhanakan prosesnya, dalam bentuk semacam layanan satu pintu," ujar Fachir saat member sambutan dalam acara tersebut. Dia berharap pengusaha Amerika dapat berinvestasi di sektor infrastruktur, khususnya pelabuhan, jalan, jalur kereta api.

Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) porsi investasi Amerika terhadap total investasi asing yang masuk ke Indonesia masih di bawah 6 persen. Namun, saat ini Amerika mengaku menaruh minat investasi yang cukup besar pada Indonesia

Perwakilan Departemen Perdagangan Amerika Serikat Arun Kumar menganggap Indonesia memiliki potensi pasar yang sangat besar. Untuk itu dia berharap kerjasama di bidang ekonomi dapat ditingkatkan.

"Masa depan Amerika Serikat tergantung masa depan Indonesia," ujarnya.

Reporter: Arnold Sirait
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait