IHSG Diprediksi Naik, Saham Konsumer dan Agro Masuk Rekomendasi

Pada perdagangan kemarin, indeks saham ditutup terkoreksi 0,35% menyentuh level 6.251.
Image title
25 Februari 2021, 08:34
ihsg, bursa, saham, pasar modal, ihsg hari ini, saham hari ini, update ihsg, update saham, ihsg menguat, ihsg naik, rekomendasi saham
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/pras.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan Kamis (25/2) diprediksi bergerak menguat terimbas sentimen global. Pada perdagangan kemarin, indeks saham ditutup terkoreksi 0,35% menyentuh level 6.251.

Kepala Riset teknikal Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi menilai IHSG hari ini berpotensi bergerak terkonsolidasi dengan potensi menguat. Hasil analisis secara teknikal, area support dan resistance ada di rentang level antara 6.193 hingga 6.323.

Menurutnya, investor akan menanti data laporan persediaan minyak mentah di Amerika Serikat. Selain itu, investor tengah menanti hasil pertemuan kelompok G20 yang dihadiri menteri keuangan dan gubernur bank sentral.

"Menteri keuangan dan gubernur bank sentral di setiap anggota G20, membahas langkah kebijakan pemulihan ekonomi selanjutnya," kata Lanjar dalam riset yang dikutip Kamis (25/2).

Dia mengungkapkan beberapa saham yang dapat dicermati secara teknikal hari ini di antaranya PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), dan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP).

Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gusta Utama juga menilai IHSG hari ini berpeluang menguat. Berdasarkan analisisnya, area support maupun resistance berada pada level 6.179 hingga 6.351.

"Peluang terjadinya penguatan minimal menuju ke level resistance terdekat masih terbuka lebar," kata Nafan dalam risetnya.

Adapun sejumlah rekomendasi saham yang dapat menjadi pertimbangan investor, antara lain PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk (INKP), PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA), PT Kalbe farma Tbk (KLBF), PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK), dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA).

Berbeda dengan prediksi analis lain, CEO Indosurya Sekuritas William Surya Wijaya memperkirakan IHSG hari ini berpotensi melemah. Berdasarkan analisisnya, IHSG hari ini berpotensi bergerak pada rentang level 6.202 hingga 6.318.

Menurutnya, gelombang tekanan dalam pergerakan IHSG terlihat belum akan berakhir. Jika IHSG tidak dapat mempertahankan support level terdekatnya, maka IHSG masih akan bergerak melemah hingga beberapa waktu mendatang.

"Namun, masih terjadinya capital inflow sejak awal tahun serta fluktuasi nilai rupiah dan harga komoditas akan turut memberikan sentimen terhadap pergerakan IHSG. Hari ini IHSG berpotensi melemah," kata William.

Ada beberapa saham yang menurutnya menarik untuk bisa diperhatikan oleh investor pada perdagangan hari ini, di antaranya PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Pakuwon Jati Tbk (PWON), PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), dan PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI).

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait