20 Kata Motivasi Hidup dari Tokoh Terkenal

Kata motivasi hidup terkadang kita perlukan saat sedang lelah dan kurang bersemangat. Kata-kata motivasi dari beberapa tokoh terkenal berikut ini bisa menjadi pelajaran sekaligus penyemangat.
Image title
21 September 2021, 08:45
Ilustrasi kata motivasi hidup
pixabay.com
Ilustrasi kata motivasi hidup

Sebagai manusia mungkin kita pernah mengalami titik lelah dan kehilangan semangat hidup. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang berada di kondisi tersebut. Kurang bersemangat dan merasa lelah sebenarnya hal yang wajar. Namun jangan biarkan hal tersebut terjadi dalam waktu lama.

Ketika merasa kurang bersemangat, cobalah pahami diri sendiri dan cari akar masalahnya. Jika hal itu dipicu karena aktivitas fisik yang menguras tenaga, maka istirahatlah. Namun ketika penyebabnya bukan karena lelah secara fisik, nampaknya Anda membutuhkan pemicu semangat dari hal lain.

Membaca buku atau kisah tokoh yang menginspirasi bisa menjadi solusinya. Tokoh-tokoh hebat di luar sana, biasanya memberikan kata motivasi hidup yang bisa menjadi pecutan untuk kita. Berikut ini kami kumpulkan beberapa kata-kata motivasi penuh makna dari tokoh terkenal di bidangnya.

Kata-kata Bijak Motivasi Hidup dari Pahlawan Nasional

1. “Seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa mengubah dunia” – Bung Karno

Siapa yang tidak kenal dengan Ir. Soekarno? Pejuang kemerdekaan yang sering disebut Bung Karno ini memang dikenal dengan sosok yang penuh semangat. Banyak kata-kata yang beliau keluarkan dan sanggup membiat siapa saja yang mendengar terbakar semangatnya.

Salah satu kata motivasi hidup dari tokoh proklamator ini yaitu “seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa mengubah dunia”. Kalimat tersebut bermakna, bahwa pemuda memiliki peran besar dalam mengubah dunia.

Maka sebagai pemuda, kita memiliki tanggung jawab untuk mengisi kemerdekaan dengan hal positif dan mengubah dunia dengan cara kita masing-masing.

2. “Kadang kita terlalu sibuk memikirkan kesulitan-kesulitan sehingga kita tidak punya waktu untuk mensyukuri rahmat Tuhan” – Jenderal Soedirman

Panglima besar Soedirman memberikan kata-kata motivasi hidup penuh makna yang mengajarkan pada kita bahwa dalam hidup kita harus selalu bersyukur. Jangan habiskan waktu untuk meratapi kesulitan, namun luangkan waktu untuk mensyukuri pemberian Tuhan.

3. “Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang” – R. A. Kartini

Pahlawan emansipasi wanita tersebut juga turut menyumbangkan kata-kata motivasi hidup yang bisa menjadi pecutan semangat bagi kita semua. Kalimat tersebut mengandung makna bahwa ketika memperjuangkan sesuatu, maka jangan mudah menyerah. Karena ketika berjuang tidak tuntas, maka penyesalan bisa saja didapatkan.

4. “Pada waktu kita khawatir, kita terkadang lebih percaya pada masalah kita dati pada janji Allah” – Cut Nyak Dhien

Pahlawan perempuan lainnya yang juga mengeluarkan kata-kata mutiara yaitu Cut Nyak Dien. Kalimat yang diucapkannya bisa menjadi pengingat bagi kita agar jangan terlalu mengkhawatirkan sesuatu. Karena hal tersebut bisa membuat kita melupakan janji Allah.

5. “Hidup yang tidak dipertaruhkan tidak akan pernah dimenangkan” – Sutan Syahrir

Kata motivasi hidup yang dikeluarkan oleh pahlawan nasional tersebut memiliki makna bahwa setiap bagian dari hidup harus diperjuangkan agar bisa menang. Hal tersebut juga berlaku saat kita sedang menempuh pendidikan atau membangun karir. Ketika ingin sukses, maka kita harus berjuang semaksimal mungkin.

6. “Hanya dengan pendidikan kita akan tumbuh menjadi suatu bangsa” – Dewi Sartika

Saat mulai lelah dalam menimba ilmu, ingatlah bahwa ilmu merupakan jendela dunia dan pendidikan bisa mengantarkan pada kesuksesan dan kemakmuran bersama. Begitulah kiranya pesan tersirat dari pejuang perempuan bernama Dewi Sartika.

7. “Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dahulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu” – R. A. Kartini

Kata motivasi hidup dari R. A Kartini lainnya mengajarkan pada kita bahwa setelah kesulitan pasti akan muncul kebahagiaan. Maka dari itu, ketika menghadapi sebuah masalah jangan mengeluh dan tetap hadapi dengan penuh keikhlasan.

8. “Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri” – R. A. Kartini

Kalimat di atas memberikan peringatan kepada kita bahwa setiap tindakan yang kita lakukan akan memberikan dampak pada diri kita sendiri. Termasuk jika kita bersikap buruk seperti sombong, maka kesombongan itu akan menjatuhkan kita secara perlahan. Namun sebaliknya ketika kita bersikap baik. Maka kebaikan itu juga akan berbalik ke diri kita sendiri.

Kata-Kata Motivasi Hidup dari Para Influencer

Influencer atau public figur merupakan seseorang yang mampu memberikan pengaruh kepada orang lain. Mereka yang tergolong sebagai influencer bisa dari berbagai kalangan, misalnya penulis, youtuber, penyanyi, aktor, atau aktris, dan masih banyak lagi.

Kata motivasi hidup dari seorang influencer juga bisa menjadi penyemangat tersendiri. Berikut beberapa kata-kata mutiara dari influencer.

1. “Remember that yout journey is your own. Do not allow yourself to be pressured if the source ot that pressure is somebody else other than yourself. Others are entitled to their lives and opinios, as you to yours” – Maudy Ayunda

Kita mungkin sudah sering mendengar nama Maudy Ayunda. Perempuan cantik yang memiliki segudang prestasi ini sukses memotivasi banyak anak muda untuk tetap gigih dalam mencapat cita-citanya.

Salah satu kata motivasi hidup dari Maudy tertulis dalam bukunya yang berjudul “Dear Tomorrow”. Kalimat tersebut bermakna, sebuah perjalanan hidup Anda, milik Anda sendiri.

Jangan biarkan orang lain menekan atau mempengaruhi hal yang sedang Anda lakukan. Orang lain berhak berpendapat, tapi Anda juga berhak menentukan arah hidup Anda sendiri.

2. “Breath, open your eyes, and live your days consciously” – Maudy Ayunda

Masih dalam buku yang sama, Maudy Ayunda juga berbagi kalimat untuk memotivasi kita semua agar bisa menjalani kehidupan dengan sadar. Kalimat tersebut bisa menjadi motivasi ketika sedang lelah menjalani hidup, maka tarik nafas sejenak, buka mata, lalu jalani hidup lagi dengan penuh kesadaran.

3. “Kebahagiaan itu bukan dicari, tapi dibikin. Kita tidak akan pernah merasa bahagia jika kita menggantungkan perasaan itu pada faktor eksternal. Kita juga tidak akan merasa bahagia kalau kita masih memiliki rasa takut” – Gita Savitri

Influencer lainnya yang juga turut memberikan motivasi hidup yaitu Gita Savitri. Perempuan yang lantang berbicara isu-isu sosial ini beranggapan bahwa kebahagiaan kita sebagai manusia bukanlah dari orang lain. Melainkan dari diri sendiri.

Dan bahagia tersebut tidak akan didapatkan ketika kita masih merasa takut dalam menjalani hidup. Kata motivasi hidup itu, Gita tuliskan dalam bukunya yang berjudul “A Cup of Tea”.

4. “Mimpilah sebesar mungkin. Keep your vision in front of you. Remember that you’re believing for, and us the power of your imagination” – Wirda Mansur

Wirda Mansur merupakan putri dari Ustad Yusuf Mansur, ia aktif di sosial media dan menuliskan beberapa buku yang isinya motivasi untuk anak muda. Tulisan di atas merupakan kutipan dalam bukunya yang berjudl “Remember Me and I Will Remember You”.

Kata-kata motivasi hidup penuh makna itu memberikan kita pelajaran bahwa mimpi harus besar. Dan jadian visi tersebut selalu di samping kita. Gunakan juga kekuatan imajinasi untuk mewujudkan mimpi-mimpi tersebut.

5. “Impian adalah tiket menuju dunia” – Wirda Mansur

Kalimat motivasi tersebut dituliskan Wirda dalam bukunya yang berjudul “Be The New You”. Kalimat tersebut bermakna bahwa dengan bermimpi kita bisa meraih dunia. Namun mimpi tersebut bukan hanya sekadar angan-angan. Melainkan mimpi yang kemudian diusahakan sehingga bisa tercapai.

6. “Gagal bukan berarti tak ada harapan. Gagal bukan berarti tak ada masa depan” – Wirda Mansur

Kalimat motivasi terebut ada pada buku berjudul “Unlimited You”. Kata motivasi hidup tersebut sangat cocok dibaca ketika sedang merasa gagal. Kalimat tersebut menjadi pengingat bahwa kegagalan bukan akhir segalanya.

7. “Perasaan-perasan lelah ada agar kita melihat apa yang tak kita lihat” – Alvi Syahrin

Alvi Syahrin merupakan penulis dengan karya yang terkenal. Kutipan kalimat motivasi itu ditulis dalam bukunya yang berjudul “Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-apa”. Kalimat tersebut bermakna bahwa adanya rasa lelah memberikan kita banyak pelajaran. Ketika merasa lelah, maka kita bisa belajar banyak hal yang tidak pernah kita ketahui.

Kata-kata Motivasi Hidup Islami

Beberapa tokoh Islam juga banyak yang memberikan motivasi melalui kalimat-kalimat penuh makna. Berikut ini kata-kata motivasi hidup islami dari tokoh-tokoh islam.

1. Dan jiwamu, jika tidak kau sibukkan di dalam kebenaran maka ia akan menyibukkanmu dalam kebathilan” – Imam Syafi’i

Imam Syafi’i merupakan ulama besar Islam. Kalimat-kalimat yang dikeluarkan bukan hanya petuah kebaikan namun juga mengandung motivasi hidup.

Dalam kalimat di atas memberikan motivasi kepada kita agar senantianya menyibukan diri dalam kebaikan. Maksudnya yaitu waktu yang kita miliki, sebaiknya digunakan untuk hal-hal yang baik.

2. “Barang siapa belum merasakan pahitnya belajar walau sebentar, maka akan merasakan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya” – Imam Syafi’i

Kata motivasi hidup dari Imam Syafi’i selanjutnya yaitu bermakan bahwa ketika kita enggan belajar, maka kita harus siap hidup dalam kebodohan. Kalimat tersebut juga memberikan kita motivasi agar tidak lelah dalam belajar.

3. “Pendidikan melahirkan harapan baru” – Quraish Shihab

Quraish Shihab merupaka ulama Islam Indonesia yang terkenal. Salah satu kata motivasi hidup yang pernah dikeluarkannya yaitu “pendidikan melahirkan harapan baru”. Maksudnya, ketika kita belajar atau menempuh pendidikan, kita akan mendapatkan harapan baru yang lebih baik.

4. “Biarlah orang mengenal kita dari akhlak dan karya kita” – Quraish Shihab

Kalimat tersebut memberikan motivasi kepada kita agar selalu bersikap baik dan melahirkan karya. Kalimat motivasi tersebut juga bermakna bahwa kita tak perlu melakukan banyak sensasi untuk dikenal, cukup bersikap baik dan berkarya maka orang lain akan mengenal kita.

5. “Menyesali nasib tidak akan mengubah keadaan. Terus berkarya dan bekerjalah yang membuat kita berharga” – Abdurrahman Wahid

Ketika Anda sedang menyesali sesuatu yang pernah dilakukan, nampaknya kata-kata motivasi dari Gus Dur cocok untuk Anda. Mantan Presidan Indonesia sekaligus ulama besar itu memberikan motivasi bahwa menyesali keadaan tidak akan mengubah apapun.

Hanya karya dan kerja keras yang akan membuat diri kita menjadi berharga. Maka dari itu, jangan lelah untuk bekerja dan melahirkan karya. Karena hal baik yang dikerjakan akan memberikan hasil terbaik juga.

Itulah beberapa kata motivasi hidup dari para tokoh terkenal. Kata-kata tersebut bisa menjadi pengingat sekaligus pembelajaran untuk kita agar senantiasa bersemangat dan ikhlas menjalani hidup.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait