23 Jenis Keladi dan Cara Merawatnya

Tanaman keladi menjadi favorit banyak orang. Ada banyak jenis keladi dengan harga yang bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.
Image title
11 Oktober 2021, 18:31
23 Jenis Keladi dan Cara Merawatnya
pixabay.com
Gambar tanaman keladi yang menjadi favorit banyak orang

Tren tanaman hias meningkat semenjak pandemi. Aktivitas di luar rumah yang terbatas membuat banyak orang memutuskan untuk mencari kesibukan lain di sekitar rumah. Berkebun menjadi pilihan aktivitas yang menyenangkan. Tanaman hias menjadi pilihan tumbuhan yang banyak ditanam. Ada banyak jenis tanaman hias favorit, salah satunya jenis keladi.

Mengutip dari pse.litbang.pertanian.go.id, sejak pademi pendapatan penjual tanaman hias melonjak hingga 40 persen. Tren ini juga turut mempengaruhi harga tanaman hias tak terkecuali keladi.

Jenis Keladi dan Gambarnya

Ada beberapa jenis keladi yang cocok untuk ditanam di rumah dan bisa membuat tampilan rumah menjadi lebih cantik dan segar. Melansir dari inspired2write.com, berikut ini beberapa keladi beserta dengan taksiran harganya.

1. Keladi Corong

Keladi corong
Keladi corong (inspired2write.com)

 

Jenis tanaman keladi pertama yang bisa Anda piliha yaitu keladi corong. Tanaman ini sebenarnya merupakan tanaman liar karena bisa dengan mudah ditemukan di tepi rawa. Hanya saja semenjak popularitas tanaman hias meningkat, keladi ini menjadi incaran banyak orang.

Ciri tanaman ini daunnya hijau dengan corak bintik putih. Tinggi tanaman hanya sekitar 1,5 meter dengan tangkai daunnya berwarna cokelat kehitaman. Harga tanaman ini di pasaran sekitar Rp55.000.

2. Keladi Army Look

Keladi Army Look
Keladi Army Look (instagram.com/ini_flower)

 

Jenis keladi ini memiliki warna daun yang sangat unik. Dalam satu daun ada dua warna yaitu merah dan hijau. Selain itu pada bagian daun yang berwarna hijau terdapat bintik-bintik putih yang mempercantik tanaman ini. Harga tanaman ini cukup terjangkau yaitu sekitar Rp30 ribu dampai Rp50 ribu.

3. Keladi Freida Hemple

Keladi Freida Hemple
Keladi Freida Hemple (instagram.com/plants_permatha)

 

Tanaman keladi ini memiliki warna merah cerah pada bagian tengah daun. Sedangkan sekelilingnya berwarna hijau. Kombinasi kedua warna tersebut menghasilkan gradasi warna yang cantik. Harga dari keladi ini sekitar Rp30 ribu hingga Rp50 ribu.

4. Keladi Gingerland

Keladi Gingerland
Keladi Gingerland (instagram.com/tanawoman)

 

Keladi gingerland merupakan tanaman keladi yang memiliki penampilan sangat cantik. Daunnya berbentuk hari dengan ukuran kecil sampai sedang. Daun tanaman ini memiliki warna putih dengan bagian tepi berwarna hijau tua.

Yang menjadikan daunnya semakin cantik yakni adanya corak bintik warna merah. Tanaman ini sangat cocok untuk mengisi interior ruangan di rumah Anda. Harganya berkisar Rp40 ribu hingga Rp125 ribu.

5. Keladi Thai Beauty

Keladi Thai Beauty
Keladi Thai Beauty (instagram.com/himagarden)

 

Jenis bunga keladi ini memiliki nama lain keladi wayang atau keladi batik. Thai beuaty memiliki ciri daun berbentuk hari dengan warna merah muda yang mendominasi. Tepi daun tanaman ini berwarna hijau. Keladi thai beauty dibandrol dengan harga berkisar Rp50 ribu sampai Rp150 ribu.

6. Keladi Semangka

Keladi semangka
Keladi semangka (instagram.com/peach.oren)

 

Tanaman ini memiliki bentuk yang unik. Seperti namanya, keladi ini memiliki corak daun seperti semangka. Tulang daun berwarna putih keabu-abuan sedangkan warna dasar daunnya hijau. Dengan bentuk yang indah, harga tanaman ini cukup terjangkau yaitu sekitar Rp50.000.

7. Keladi Radiance

Keladi Radiance
Keladi Radiance (instagram.com/deliensgallery)

 

Bunga keladi cantik selanjutnya yaitu keladi caladium radiance. Tanaman hias ini memiliki warna putih bercak merah merah muda. Di tepi daunnya berwarna hijau. Bunga ini diperjualbelikan dengan harga kurang lebih Rp60.000.

8. Keladi Bicolor

Keladi bicolor
Keladi bicolor (pixabay.com)

 

Seperti namanya, daun ini memiliki dua warna. Warna hijau mendominasi daun keladi ini. Pada bagian tulang daun berwarna merah. Dua warna tersebut memberikan kesan cantik pada daun keladi ini. Selain warna, keindahan keladi bicolor juga bertambah dengan bentuk daun yang menyerupai hari. Harganya cukup terjangkau hanya sekitar Rp30 ribu sampai Rp70 ribu.

9. Keladi Polka Green

Keladi polka green
Keladi polka green (instagram.com/fryogarden)

 

Keladi unik lainnya yaitu polka green. Tanaman ini memiliki warna dasar hijau sedangkan coraknya berwarna merah dan putih. Tanaman ini sebenarnya tanaman liar namun cocok untuk menjadi hiasan pekarangan. Harga polka green cukup murah yaitu sekitar Rp45 ribu.

10. Keladi Hitam

Keladi hitam
Keladi hitam (instagram.com/ezrahakimi)

 

Jenis keladi selanjutnya yaitu keladi hitam. Ciri khas keladi ini yaitu daun dan batangnya berwarna hitam. Keladi ini juga tidak memiliki corak pada bagian tulang daun juga warnanya sama seperti warna daun. Keladi ini biasanya dijual dengan harga Rp50 ribu sampai Rp80 ribu.

11. Keladi Tengkorak

Keladi tengkorak
Keladi tengkorak (instagram.com/a_garden)

 

Meskipun memiliki nama yang menyeramkan, namun penampilan keladi ini cukup uniknya. Tulang daun tanaman ini mirip dengan tulang rusuk manusia. Warna daunnya hijau tua dengan tulang daun tebal dan tegas. Harga tanaman unik ini sekitar Rp80 ribu.

12. Keladi Amazon

keladi amazon
keladi amazon (instagram.com/amelia_landscape88)

 

Tanaman keladi amazon memiliki kemiripan dengan keladi tengkorak. Ciri dari keladi ini yaitu daunnya berwarna hijau tua hingga hitam. Tulang daunnya juga tebal seperti keladi tengkorak. Ukurannya kecil sehingga cocok untuk dekorasi dalam ruangan. Meskipun memiliki tampilan mirip keladi tengkorak, namun harganya relatif lebih murah yaitu sekitar Rp55 ribu.

13. Keladi White Queen

keladi white queen
keladi white queen (instagram.com/heartleaf94)

 

Jenis keladi ini memiliki daun berwarna putih dengan tepi daun berwarna hijau. Daun keladi ini juga memiliki urat halus berwarna hijau. Sedangkan tulang daunnya berwarna merah pekat. Warna-warna tersebut sangat kontras dan membuat penampilannya sangat cantik. Harga tanaman ini dibandrol dengan harga sekitar Rp150 ribu sampai Rp500 ribu.

14. Keladi Freckles

keladi freckles
keladi freckles (instagram.com/kebun.jasmine)

 

Caladium freckles memiliki bentuk daun seperti hati. Daunnya memiliki warna yang beragam. Hijau mendominasi warna daun ini dengan corak merah jambu pada bagian batang daun. Selain itu, keladi ini juga memiliki corak berwarna putih. Keindahan tanaman ini dilabeli dengan harga sekitar Rp250 ribu.

15. Keladi Candidum

Keladi Candidum
Keladi Candidum (instagram.com/daundanbunga.id)

 

Tanaman bernama candidum ini berwarna putih dan hijau. Perpaduan dua warna tersebut membuat tanaman hias ini semakin cantik dan cocok sebagai hiasa rumah. Harga keladi candidum ini sekitar Rp150 ribu.

16. Keladi Carolyn Whorton

Keladi Carolyn Worthon
Keladi Carolyn Worthon (instagram.com/intan.garden)

 

Keladi jenis ini memiliki bentuk seperti hati dengan warna merah muda dan tepi daun dan tulang daunnya berwarna merah cerah. Warna tersebut semakin membuat tampilan carolyn whorton cantik. Harga tanaman ini sekitar Rp100 ribu.

17. Keladi White Christmas

Keladi White Christmas
Keladi White Christmas (instagram.com/tayotalivinggarden)

 

Seperti namanya, jenis bunga keladi ini memiliki warna putih dengan tulang dan tepi daunnya berwarna hijau. Perpaduan dua warna tersebut membuat tampilan tanaman ini sangat menawan. Harga keladi white christmas cukup terjangkau yaitu sekitar Rp95 ribu.

18. Keladi Moonlight

Keladi Moonlight
Keladi Moonlight (instagram.com/qyahouse)

 

Jika sebelumnya, jenis keladi memiliki warna dan corak, namun berbeda dengan keladi moonlight. Bunga keladi ini memiliki warna putih yang bersih. Pada bagian tepinya terdapat warna hijau namun sangat tipis sehingga tidak terlalu terlihat. Warna tersebut yang membuat keladi moonlight banyak dicari. Harganya mulai dari Rp200 ribu sampai Rp350ribu.

19. Keladi Miss Muffet

Keladi Miss Mufet
Keladi Miss Mufet (instagram.com/jualan.bungaku)

 

Keladi miss muffet cocok untuk dijadikan hiasan di pekarangan rumah. Daun keladi ini berukuran kecil dengan warna hijau muda. Pesonanya semakin terlihat dengan adanya corak bintik warna merah cerah di batang daun. Tanaman ini biasanya dijual dengan harga Rp175 ribu sampai Rp300 ribu.

20. Keladi Minyak

Keladi Minyak
Keladi Minyak (instagram.com/kebun_bunga_babby)

 

Daun keladi ini mengkilap seperti berminyak. Warna daunnya merah atau pink tua dengan bercak berwarna hijau tua. Tanaman ini sangat cantik untuk dijadikan sebagai hiasan di pekarangan atau teras rumah. Harganya sekitar Rp100 ribu dampai Rp750 ribu.

21. Keladi Thailand

Keladi Thailand
Keladi Thailand (instagram.com/keladi_hybrid_pku)

 

Jenis keladi selanjutnya yang bisa Anda pilih untuk hiasan di rumah yaitu keladi thailand. Tanaman ini memiliki daun berwarna merah cerah dengan bercak putih. Warna tersebut menjadikan keladi ini kesukaan banyak orang. Harganya cukup mahal yakni sekitar Rp1 juta.

22. Keladi Red Kujang

Keladi Red Kujang
Keladi Red Kujang (instagram.com/tanamtanamkediri)

 

Keladi red kujang memiliki bentuk seperti senjata tradisional Jawa Barat. Warnanya juga sangat cantik yaitu merah cerah sedangkan pada batangnya merah tua atau marron. Harganya mahal yaitu sekitar Rp3 juta.

23. Keladi Hibrida

Keladi Hibrida merupakan jenis keladi termahal dengan harga sekitar Rp4,3 juta. Harga tinggi tersebut karena keladi ini termasuk tanaman langka.

Tanaman ini memiliki bentuk daun memanjang dengan warna hijau muda. Ukurannya juga kecil sehingga cocok ditanam dalam pot dan dijadikan biasan dalam ruangan.

Cara Merawat Keladi

Cara merawat tanaman hias ini tidak sulit. Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut:

  1. Siram secara rutin.
  2. Gunakan media tanam yang steril atau terbebas dari patogen.
  3. Perhatikan kebutuhan cahaya matahari.
  4. Memberikan pupuk sesuai kebutuhan.
  5. Rawat tanaman agar terhindar dari hama.

Itulah beberapa jenis keladi dengan ciri khasnya masing-masing. Harga keladi sangat bervariasi, Anda bisa membeli sesuai dengan keinginan dan budget yang Anda miliki. Yang terpenting bukanlah harganya namun cara merawatnya. Jadi ketika Anda menanam keladi, pastikan untuk merawat dengan baik.

 

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait