23 Jenis Keladi dan Cara Merawatnya

Siti Nur Aeni
11 Oktober 2021, 18:31
23 Jenis Keladi dan Cara Merawatnya
pixabay.com
Gambar tanaman keladi yang menjadi favorit banyak orang

Tren tanaman hias meningkat semenjak pandemi. Aktivitas di luar rumah yang terbatas membuat banyak orang memutuskan untuk mencari kesibukan lain di sekitar rumah. Berkebun menjadi pilihan aktivitas yang menyenangkan. Tanaman hias menjadi pilihan tumbuhan yang banyak ditanam. Ada banyak jenis tanaman hias favorit, salah satunya jenis keladi.

Mengutip dari pse.litbang.pertanian.go.id, sejak pademi pendapatan penjual tanaman hias melonjak hingga 40 persen. Tren ini juga turut mempengaruhi harga tanaman hias tak terkecuali keladi.

Jenis Keladi dan Gambarnya

Ada beberapa jenis keladi yang cocok untuk ditanam di rumah dan bisa membuat tampilan rumah menjadi lebih cantik dan segar. Melansir dari inspired2write.com, berikut ini beberapa keladi beserta dengan taksiran harganya.

1. Keladi Corong

Keladi corong
Keladi corong (inspired2write.com)

Jenis tanaman keladi pertama yang bisa Anda piliha yaitu keladi corong. Tanaman ini sebenarnya merupakan tanaman liar karena bisa dengan mudah ditemukan di tepi rawa. Hanya saja semenjak popularitas tanaman hias meningkat, keladi ini menjadi incaran banyak orang.

Ciri tanaman ini daunnya hijau dengan corak bintik putih. Tinggi tanaman hanya sekitar 1,5 meter dengan tangkai daunnya berwarna cokelat kehitaman. Harga tanaman ini di pasaran sekitar Rp55.000.

2. Keladi Army Look

Keladi Army Look
Keladi Army Look (instagram.com/ini_flower)

Jenis keladi ini memiliki warna daun yang sangat unik. Dalam satu daun ada dua warna yaitu merah dan hijau. Selain itu pada bagian daun yang berwarna hijau terdapat bintik-bintik putih yang mempercantik tanaman ini. Harga tanaman ini cukup terjangkau yaitu sekitar Rp30 ribu dampai Rp50 ribu.

3. Keladi Freida Hemple

Keladi Freida Hemple
Keladi Freida Hemple (instagram.com/plants_permatha)

Tanaman keladi ini memiliki warna merah cerah pada bagian tengah daun. Sedangkan sekelilingnya berwarna hijau. Kombinasi kedua warna tersebut menghasilkan gradasi warna yang cantik. Harga dari keladi ini sekitar Rp30 ribu hingga Rp50 ribu.

4. Keladi Gingerland

Keladi Gingerland
Keladi Gingerland (instagram.com/tanawoman)

Keladi gingerland merupakan tanaman keladi yang memiliki penampilan sangat cantik. Daunnya berbentuk hari dengan ukuran kecil sampai sedang. Daun tanaman ini memiliki warna putih dengan bagian tepi berwarna hijau tua.

Yang menjadikan daunnya semakin cantik yakni adanya corak bintik warna merah. Tanaman ini sangat cocok untuk mengisi interior ruangan di rumah Anda. Harganya berkisar Rp40 ribu hingga Rp125 ribu.

5. Keladi Thai Beauty

Keladi Thai Beauty
Keladi Thai Beauty (instagram.com/himagarden)

Jenis bunga keladi ini memiliki nama lain keladi wayang atau keladi batik. Thai beuaty memiliki ciri daun berbentuk hari dengan warna merah muda yang mendominasi. Tepi daun tanaman ini berwarna hijau. Keladi thai beauty dibandrol dengan harga berkisar Rp50 ribu sampai Rp150 ribu.

6. Keladi Semangka

Keladi semangka
Keladi semangka (instagram.com/peach.oren)

Tanaman ini memiliki bentuk yang unik. Seperti namanya, keladi ini memiliki corak daun seperti semangka. Tulang daun berwarna putih keabu-abuan sedangkan warna dasar daunnya hijau. Dengan bentuk yang indah, harga tanaman ini cukup terjangkau yaitu sekitar Rp50.000.

7. Keladi Radiance

Keladi Radiance
Keladi Radiance (instagram.com/deliensgallery)

Bunga keladi cantik selanjutnya yaitu keladi caladium radiance. Tanaman hias ini memiliki warna putih bercak merah merah muda. Di tepi daunnya berwarna hijau. Bunga ini diperjualbelikan dengan harga kurang lebih Rp60.000.

8. Keladi Bicolor

Keladi bicolor
Keladi bicolor (pixabay.com)

Seperti namanya, daun ini memiliki dua warna. Warna hijau mendominasi daun keladi ini. Pada bagian tulang daun berwarna merah. Dua warna tersebut memberikan kesan cantik pada daun keladi ini. Selain warna, keindahan keladi bicolor juga bertambah dengan bentuk daun yang menyerupai hari. Harganya cukup terjangkau hanya sekitar Rp30 ribu sampai Rp70 ribu.

9. Keladi Polka Green

Keladi polka green
Keladi polka green (instagram.com/fryogarden)

Keladi unik lainnya yaitu polka green. Tanaman ini memiliki warna dasar hijau sedangkan coraknya berwarna merah dan putih. Tanaman ini sebenarnya tanaman liar namun cocok untuk menjadi hiasan pekarangan. Harga polka green cukup murah yaitu sekitar Rp45 ribu.

10. Keladi Hitam

Keladi hitam
Keladi hitam (instagram.com/ezrahakimi)

Jenis keladi selanjutnya yaitu keladi hitam. Ciri khas keladi ini yaitu daun dan batangnya berwarna hitam. Keladi ini juga tidak memiliki corak pada bagian tulang daun juga warnanya sama seperti warna daun. Keladi ini biasanya dijual dengan harga Rp50 ribu sampai Rp80 ribu.

11. Keladi Tengkorak

Keladi tengkorak
Keladi tengkorak (instagram.com/a_garden)

Meskipun memiliki nama yang menyeramkan, namun penampilan keladi ini cukup uniknya. Tulang daun tanaman ini mirip dengan tulang rusuk manusia. Warna daunnya hijau tua dengan tulang daun tebal dan tegas. Harga tanaman unik ini sekitar Rp80 ribu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...