9 Jenis Lovebird beserta Ciri-cirinya

Siti Nur Aeni
15 Oktober 2021, 19:03
Penampilan lovebird yang cantik dan menawan
cdn.download.ams.birds.cornell.edu
Penampilan lovebird yang cantik dan menawan

Lovebird atau burung cinta merupakan jenis burung yang banyak disukai. Menurut penjelasan di buku “Lovebird Sukses Menangkarkan dan Memelihara”, jenis burung ini berasal dari Afrika.

Awalnya burung cinta ini populer di Belanda, Jerman, Inggris, Prancis, Spanyol, Belgia, Yunani, dan Italia. Negara tersebut yang membuat nama burung ini dikenal di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Penamaan burung cinta bukan tanpa alasan. Burung ini merupakan lambang cinta karena dinilai sangat setia dengan pasangannya. Kedekatan dan kemesraan yang ditampilkan burung ini membuat orang Yunani kuno menyebutnya sebagai Agapornis. Arti nama tersebut yaitu orang yang sedang memadu cinta.

Jenis Lovebird

Burung cinta memiliki ukuran kecil dengan bulu yang cantik. Di alam liar, burung ini memiliki warna bulu hijau dengan semburat tubuh pada bagian atas tergantung spesiesnya. Mengutip dari buku “Sukses Beternak Lovebird untuk Pemula”, ragam burung cinta ini sangat banyak.

Akan tetapi secara taksonomi hanya ada sembilan spesies yang sudah diketahui para ahli. Delapan spesies ditemukan di daratan Benua Afrika. Satu spesies lainnya ditemukan di Kepulauan Madagaskar. Berikut ini jenis lovebird yang harus dipahami.

1. Lovebird Madagaskar

Burung cinta memiliki ciri kepada berwarna abu-abu dengan ukuran kecil. Penampilan fisik burung betina dan jantan cukup mudah dibedakan. Burung betina seluruh tubuhnya berwarna hijau muda. Sedangkan burung jantan memiliki kepala dan dada berwarna abu-abu.

2. Lovebird Muka Salem

Burung lovebird ini berasal dri daerah kering yang ada di barat daya Afrika. Spesies ini memiliki warna bulu yang indah. Burung cinta ini memiliki panjang 15 sentimeter, panjang sayap sekitar 106 milimeter, dan panjang ekor 44 – 52 milimeter.

Lovebird muka salem memiliki bulu dominan hijau dengan punggung bawah berwarna biru. Bagian muda dan tenggorokan berwarna merah muda.

3. Lovebird Muka Merah

Ciri burung ini yaitu memiliki warna bulu hijau kekuningan dan kakinya berwarna abu-abu. Panjang tubuhnya 15 sentimeter dan berat 43 gram. Burung cinta ini memiliki jangkauan yang luas, biasanya ditemukan di daerah pesisir pantai Afrika bagian tengah hingga ke arah barat Ethiopia.

4. Lovebird Kerah Hitam

Ciri khusus dari burung cinta ini yaitu ada lingkaran hitam di leher yang mirip seperi kerah. Sementara itu warna bulunya dominan hijau hingga hijau kekuningan dengan paruh hijau hitam keabu-abuan.

Wilayah penyebaran burung ini ada di Afrika Tengah dan Afrika Barat dengan habitat di hutan. Burung cinta ini memiliki karakter pemalu karena senang bersembunyi di atas pohon.

5. Lovebird Kaca Mata Topeng

Jenis burung lovebird ini memiliki warna dominan hijau dengan warna kepala sampai leher bagian atas hitam, sedangkan pada bagian dada memiliki warna kuning terang. Paruhnya berwarna cerah dan warna kakinya berwarna abu kehitaman.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...