Mengenal Satelit dan Beragam Fungsinya

Siti Nur Aeni
30 Oktober 2021, 14:15
Ilustrasi Satelit
Kominfo
Ilustrasi Satelit

Apa yang terlintas dibenak Anda saat mendengar kata satelit? Mungkin banyak diantara kita yang mengartikan bahwa satelit merupakan benda yang sengaja diciptakan manusia kemudian diletakan di luar angkasa. Definisi tersebut tidak salah, namun arti dari satelit sebenarnya lebih luas dari itu. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut.

Apa Itu Satelit?

Sebelum membahas lebih jauh tentang satelit. Tak ada salahnya jika mengulas terlebih dahulu definisi dari satelit.

Menurut penjelasan Diktat yang dipublikasikan dalam uny.ac.id, satelit berasal dari Bahasa Latin “satelles” yang artinya pelayan. Sedangkan secara istilah satelit adalah benda yang mengelilingi planet dan benda lainnya.

Dalam Jurnal Ilmiah Matematika, satelit merupakan benda angkasa yang bisa memantau area diluar bumi. Satelit yang berada di luar angkasa harus tetap berada di tempat edarnya yang mengelilingi bumi. Tempat tersebut dikenal juga dengan sebutan orbit.

Jenis-Jenis Satelit

Jenis-jenis satelit ternyata sangat beragam. Berdasarkan penjelasan dari baktikominfo.id, satelit terbagi menjadi dua kelompok yaitu satelit alami dan buatan.

1. Satelit alami

Sesuai dengan namanya, satelit ini merupakan benda angkasa yang berasal dari alam. Misalnya bulan sebagai satelit bumi. Sementara itu bumi dan planet lainnya merupakan satelit alami dari matahari.

2. Satelit buatan

Pengertian satelit buatan adalah benda angkasa yang sengaja dibuat manusia dan ditempatkan di tempat orbit dengan menggunakan peluncur. Fungsi satelit buatan ini cukup beragam antara lain untuk komunikasi, mengawasi cuaca, pemetaan, dan lain sebagainya

Berdasarkan fungsinya, satelit buatan terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut daftarnya;

  1. Satelit cuaca (wather satelitter) berfungsi mengawasi kondisi iklim dan cuaca bumi. Adanya benda ini, kita mengetahui prediksi cuaca.
  2. Satelit komunikasi (communication satellite) berfungsi sebagai sistem komunikasi jarak jauh. Misalnya untuk layanan telepon dan internet.
  3. Satelit navigasi (navigation satellite) adalah benda angkasa yang menyediakan posisi geospasial mandiri yang menjangkau seluruh global. Benda luar angkasa ini disebut juga sebagai satelit GPS untuk navigasi laut, udara, dan darat.
  4. Satelit pengindraan jauh (remote sensing satellite) merupakan benda luar angkasa yang dibuat khusus untuk mengamati bumi dari obit. Tujuannya untuk kegiatan non-militer seperti meteorologi, peta, pengawasan lingkungan, dan lainnya.
  5. Satelit ilmiah (scientific research satellite) berguna untuk menyediakan data service tanah, radio amatir, informasi meteorologi dan aplikasi riset ilmiah.
  6. Satelit militer (military satelitte) berguna untuk keperluan militer. Misalnya pengamatan intelijen berdasarkan satelit, navigasi, dan komunikasi militer.

Fungsi Satelit

Bagi kehidupan manusia, benda angkasa tersebut memiliki berbagai fungsi. Berikut ini beberapa fungsi satelit bagi kehidupan di bumi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...