8 Jenis Tanaman Janda Bolong dan Cara Merawatnya

Siti Nur Aeni
16 November 2021, 12:15
 8 Jenis Tanaman Janda Bolong dan Cara Merawatnya dengan Benar
titikhijau / Instagram
Ilustrasi tanaman hias montera atau janda bolong yang booming selama pandemi.

Tanaman janda bolong adalah tanaman hias dari keluarga Monstera yang banyak digemari. Tanaman ini memiliki ciri daun yang berlubang dengan warna yang mendominasi hijau tua. Penampilannya yang unik dan cantik membuat tanaman ini cocok dijadikan hiasan rumah.

Menurut penjelasan di laman biologi.lipi.go.id, janda bolong berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Di alam tanaman ini termasuk dalam kategori tanaman semi epifit.

Tanaman ini merupakan tanaman yang merambat dan menempel di tanaman lain. Di lingkungan dengan kelembapan tinggi, janda bolong bisa berbunga sepanjang tahun. Namun umumnya janda bolong bisa mulai berbunga ketika usianya sudah tiga tahun.

Jenis Tanaman Janda Bolong

Tanaman janda bolong ternyata sangat banyak variasinya. Jenis yang umum dijumpai yaitu Monstera deliciosa. Tanaman ini memiliki daun yang terbelah dan melebar.

Mengutip dari laman monsteraplantresource.com, berikut beberapa jenis tanaman janda bolong dengan berbagai karakteristik yang dimilikinya.

1. Monstera siltepecana

Janda bolong yang pertama yaitu dari Monstera siltepecana. Ciri tanaman ini yaitu tidak memiliki lubang namun memiliki garis retakan gelap – pucat. Warna tanaman ini lebih cerah dibandingkan dengan janda bolong lain. Bentuk daunnya memanjang dan tumbuh dengan cara merambat.

2. Monstera dubia

Jenis tanaman janda bolong lainnya yaitu Monstera dubia. Ciri dari tanaman ini yaitu memiliki garis retakan berukuran kecil dan berwarna pucat. Tanaman ini tumbuh merambat dengan batang dan daun memanjang ke bidang yang ada didekatnya. Jadi saat Anda menanam tanaman ini, pastikan membuat ajir untuk tempat merambat.

3. Monstera pinnatipartita

Monstera pinnatipartita memiliki ukuran daun paling besar dibandingkan Monstera lain. Daun jenis janda bolong ini selain lebar juga memiliki permukaan mengkolap. Tanaman ini memiliki daun yang berlubang dan bercelah. Batang daunnya kaku dan kokoh dengan warna hijau zamrud.

4. Monstera obliqua

Tanaman janda bolong ini memiliki lubang yang banyak, bahkan mencapai 90% dari permukaan daunnya. Monstera obliqua memiliki daun yang tipis dan jarang dijumpai bahkan bisa dikatakan langka.

5. Monstera borsigniana

Jenis tanaman ini memiliki daun yang berukuran kecil dan bisa tumbuh dengan cepat. Saat dewasa, daunnya memiliki dua baris lubang atau celah yang rapi.

6. Mini monstera

Dari namanya kita sudah bisa membayangkan bahwa ukuran tanaman janda bolong ini kecil. Ciri lain dari Mini monstera yaitu daunnya berlubang dengan ujung daun melengkung. Warna daun jenis ini hijau tua pekat.

Fakta uniknya, ternyata tanaman ini bukan dari keluarga Monstera namun termasuk tanaman Rhaphidophora tetrasperma. Akan tetapi, karena sering disebut Monstera, akhirnya secara tidak resmi jenis tanaman hias ini masuk dalam keluarga Monstera.

7. Monstera adansonii

Tanaman hias janda bolong berikutnya yaitu Monstera adansonii. Tanaman ini sering disebut sebagai “tanaman keju Swiss”. Sebab memiliki lubang di daun tanaman ini mirip dengan lubang di keju Swiss. Banyaknya lubang di permukaan daun Monstera adansonii yakni sekitar 50%.

8. Monstera veriegata

Tanaman Monstera veriegata memiliki bercak berwarna pucat. Pigmentasi inilah yang membedakannya dengan Monstera deliciosa.

Cara Merawat Tanaman Janda Bolong

Agar tanaman tetap tumbuh dengan baik, maka sangat penting untuk mengetahui cara merawatnya. Hal ini juga berlaku untuk tanaman hias janda bolong. Adapun cara merawat janda bolong sebagai berikut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...