2 Fungsi Pankreas untuk Menunjang Sistem Pencernaan Manusia

Siti Nur Aeni
31 Desember 2021, 15:21
2 Fungsi Pankreas untuk Menunjang Sistem Pencernaan Manusia
hellosehat.com
Ilustrasi organ pangkreas

Fungsi pankreas bagi tubuh manusia sangat penting. Pankreas adalah organ kelenjar yang letaknya ada di dalam perut tepatnya di dekat hati dan usus kecil. Bentuk dari organ ini meruncing dan menjadi bagian dalam sistem pencernaan manusia.

Organ yang juga disebut sebagai Pulau Langerhans ini memiliki panjang sekitar 6 inci. Organ ini didominasi oleh jaringan eksokrin sebanyak 95% dan sisanya merupakan sel endokrin. Organ pankreas juga memiliki tiga jenis sel utama yang fungsinya untuk menghasilkan endokrin. Berikut penjelasannya.

  • Sel alfa berfungsi menghasilkan hormon glukagon.
  • Sel beta berguna untuk memproduksi insulin dan termasuk sel pulau yang paling banyak.
  • Sel deltan berperan untuk mengeluarkan hormon somatostatin yang juga dihasilkan oleh beberapa sel endokrin lain.

Selain ketiga sel tersebut, pankreas juga memiliki beberapa bagian lain. Mengutip dari sehatq.com, berikut bagian-bagian organ pankreas.

Bagian-bagian Pankreas

1. Kepala

Kepala pangreas merupakan bagian paling luas dari organ ini. Bagian kepala memiliki saluran empedu yang berguna dalam pencernaan.

2. Leher

Bagian pankreas yang kedua yaitu leher. Panjang leher pankreas umumnya sekitar 2 cm. Bagian ini menjadi penghubung antara kepala dengan tubuh.

3. Tubuh

Pankreas juga memiliki bagian tubuh yang melintas di tengah badan manusia. Tubuh pankreas bagian depan ditutupi oleh peritoneum (lapisan jaringan padat yang mengelilingi perut). Sedangkan bagian belakang menyentuh struktur anatomi lain seperti aorta, arteri mesenterika superior, dan ginjal bagian kiri.

4. Ekor

Ekor merupakan bagian paling ujung dari pankreas yang menyempit. Letak ekor pankreas ada di depan ginjal kiri. Ekor pankreas berperan sebagai saluran untuk mengeluarkan insulin dan enzim pencernaan.

Fungsi Pankreas dalam Sistem Pencernaan Manusia

Sebagai organ pencernaan, fungsi pankreas adalah untuk membantu sistem pencernaan manusia agar berjalan dengan lancar. Pankreas merupakan organ yang mampu memproduksi bahan kimia untuk mencerna makanan.

Secara umum fungsi pankreas ada dua, yaitu fungsi eksokrin dan endokrin. Mengutip dari halodoc.com, berikut penjelasannya.

1. Fungsi Eksokrin pada Pankreas

Pankreas memiliki kelenjar eksokrin. Fungsi kelenjar pankreas tersebut yaitu untuk menghasilkan enzim penting bagi pencernaan. Adapun enzim-enzim yang dihasilkan dalam organ ini seperti berikut:

a. Lipase

Enzim ini bekerja sama dengan cairan mepedu untuk memecah lemak dalam makanan. Saat tubuh tidak memiliki lipase dalam jumlah yang cukup, maka tubuh akan kesulitan menyerap lemak dan vitamin penting yang larut dalam lemak tersebut. Misalnya vitamin A, D, E, dan K.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...