Fungsi Otot Jantung yang Penting untuk Dipahami

Siti Nur Aeni
5 Januari 2022, 17:45
Fungsi Otot Jantung yang Penting untuk Dipahami
pixabay.com
Ilustrasi otot jantung

Otot jantung memiliki peran penting dalam tubuh manusia. Pasalnya, fungsi otot jantung yaitu untuk menjaga peran dari jantung agar tetap optimal. Namun sebelum mengulas tentang fungsi dari otot jantung, tak ada salahnya jika mengenal terlebih dahulu tentang bagian penting dari jantung ini.

Ciri dan Struktur Otot Jantung

Otot jantung memiliki ciri yang berbeda dibandingkan jenis otot lain. Sebab otot ini merupakan kombinasi otot lurik dan polos. Melansir dari sehatq.com, diketahui otot jantung memiliki struktur jaringan yang garis-garis.

Advertisement

Garis tersebut terjadi karena filamen yang terdiri atas protein miosin dan aktin. Otot ini memiliki dua jenis fileman yaitu filemen tebal atau tipis. Selain itu, tanda lain dari struktur otot jantung antara lain;

  1. Terletak di dinding jantung.
  2. Bentuknya silinder bercabang.
  3. Biasanya hanya ada satu inti.

Jadi, walaupun secara tampilan mirip dengan otot lurik, namun otot jantung memiliki perbedaan dengan otot jantung yakni pada sel bercabang dengan inti di bagian tepi. Otot jantung juga memiliki kekuatan dan kelenturan.

Kemampuan tersebut diperoleh dari sel yang saling berhubungan atau yang sering disebut serat. Berikut ini struktur dan anatominya yang bisa kita pelajari.

  1. Sarkomer; merupakan jaringan otot yang terbentuk dari filamen miosin tunggal dan kedua sisi filamen aktin.
  2. Disk interkalasi; adalah sebuah sambungan kecil yang menyatukan setiap sel otot jantung.
  3. Gap junction; yaitu bagian dari disk interkalasi yang menyempaikan impuls listrik pada sel sehingga otot dapat berkontraksi dengan baik.
  4. Desmosom; merupakan bagian yang ada di dalam disk interkalasi. Bagian ini berfungsi untuk menyatukan serat otot jantung selama kontraksi.
  5. Inti nukleus; merupakan pusat kendali yang isinya materi genetik.

Fungsi Otot Jantung

Berdasarkan keterangan di sehatq.com, fungsi otot jantung yaitu untuk menjaga agar jantung tetap terus memompa darah ke seluruh tubuh. Perlu diketahui bahwa salah satu fungsi jantung bagi tubuh yaitu untuk mengalirkan darah ke semua tubuh.

Otot jantung bekerja secara otomatis. Sehingga ketika fungsi otot jantung bisa berjalan dengan baik maka secara otomatis jantung juga agar bekerja dengan optimal.

Mekanisme Kerja Otot Jantung

Otot jantung merupakan salah satu dari tiga jenis otot dalam tubuh manusia. Otot jantung merupakan gabungan dari otot lurik dan polos dengan bentuk silindris yang memiliki garis terang dan gelap.

Apabila dilihat menggunakan mikroskop, otot ini memiliki banyak inti sel yang ada di tengahnya. Dalam hellosehat.com diterangkan bahwa otot ini bekerja secara tidak sadar. Dengan kata lain, kita tidak bisa mengendalikan kinerja otot ini.

Aktivitas yang dilakukan oleh otot jantung dipengaruhi sel khusus yang dikenal dengan sebutan sel pacu jantung. Sel tersebut bertanggung jawab untuk mengendalikan kontraksi jantung. Sistem saraf kemudian mengirimkan sinyal ke sel pacu jantung untuk mempercepat atau memperlambat detak jantung.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement