Mengenal Homo Sapiens Lengkap dengan Ciri-cirinya

Siti Nur Aeni
21 Januari 2022, 09:32
Mengenal Homo Sapiens Lengkap dengan Ciri-cirinya
pixabay.com
Ilustrasi lukisan zaman purba

Homo Sapiens adalah jenis manusia purba yang sudah menunjukan ciri fisik sama dengan manusia modern saat ini. Asal usu manusia purba ini diterangkam dalam beberapa teori dan penelitian

Asal Usul Homo Sapiens

Menurut penjelasan di dalam “Modul Sejarah Kelas X KD 3.9 dan 4.9”, manusia purba ini berasal dari Afrika. Hal ini diketahui berdasarkan temuan fosil manusia purba yang banyak ditemukan di daerah tersebut.

Advertisement

Dari Afrika manusia purba kemudian mengembara dan tersebar di berbagai tempat seperti Asia, Eropa, Amerika, dan Australia. Asal usul manusia modern dan pengembaraannya keluar dari Afrika sesuai dengan teori yang dikembangkan oleh Stringer dan Brauner. Teori tersebut bernama Teori Out of Aftika.

Teori tersebut juga didukung dengan adanya bukti genetik, linguistik, dan arkeologis yang menyebutkan bahwa fosil yang ditemukan di dekat Sungai Omo, Ethiopia (Afrika Timur) merupakan fosil Homo Sapiens tertua bahkan usianya lebih tua dari Homo Neanderthalensis.

Teori tersebut juga didukung dengan data penelitian DNA mitokondria (mtDNA) yaitu sel tubuh berbentuk molekul kompleks yang menggambarkan sistem genetika dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Dari catatan DNA fosil yang ditemukan, kemudian di cocokan dengan fosil manusia saat ini, diperoleh kesimpulan bahwa genetika manusia atau genom 99,9% identik di seluruh dunia.

Para ahli juga menyimpulkan bahwa tidak ditemukan pencampuran mtDNA manusia modern dengan manusia pra modern di suatu wilayah. Dengan kata lain, Homo Sapiens dari Afrika menggantikan dan menghapus populasi manusia sebelumnya (Homo Erectus dan Homo Neanderthalensis) di wilayah yang didatanginya.

Teori lainnya yang mengulas tentang asal usul homo sapiens yaitu Teori Multiregional Evolution Model yang dikemukakan oleh Wolpoff, Thorne, dan Wu. Para ahli tersebut menyebutkan bahwa manusia modern tidak hanya dari Afrika, namun ada juga yang dari Eropa dan Asia yang merupakan hasil dari populasi menusia sebelumnya di wilayahnya masing-masing.

Teori ini juga menyebutkan bahwa Afrika merupakan sumber kedatangan nenek moyang menusia yang menyebar namun tidak bercampur dengan manusia pra modern sebelumnya di suatu wilayah dan berkembang sesuai dengan rasnya.

Persebaran Homo Sapiens

Homo Sapiens atau yang juga disebut sebagai “modern humans” menyebar dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Dalam “Modul Sejarah Kelas X KD 3.9 dan 4.9”, persebaran manusia modern di dunia ini digambarkan dalam diagram berikut ini.

Persebaran Manusia Modern di Dunia
Persebaran Manusia Modern di Dunia (Modul Sejarah Kelas X KD 3.9 dan 4.9)

Perkembangan Manusia Purba

Manusia pertama diketahui muncul sekitar 4 juta tahun lalu yang dikenal dengan jenis Ardipitecus dan Australopitecus. Dalam perkembangannya, Australopitecus kemudian bergeser menjadi marga atau genus baru yang dikenal dengan sebutan Homo Erectrus.

Bentuk fisik manusia purba tersebut semakin sempurna termasuk dalam hal kecerdasan. Sehingga muncul juga mansuia purba lainnya bernama Homo Neanderthal yang lebih maju dibandingkan dengan Homo Erectus.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement