Ketahui Cara Mengatasi Pelupa pada Remaja Lengkap dengan Penyebabnya

Mengetahui penyebab dan cara mengatasi pelupa pada remaja menjadi hal yang penting. Sebab kebiasaan lupa bisa memberikan dampak kurang baik untuk diri sendiri atau orang lain.
Image title
28 Januari 2022, 07:36
Ketahui Cara Mengatasi Pelupa pada Remaja Lengkap dengan Penyebabnya
freepik.com
Ilustrasi seseorang yang pelupa

Bagaimana cara mengatasi pelupa pada remaja? Masalah yang satu ini memang bisa dirasakan oleh siapa saja, termasuk anak muda. Sebab ada banyak kondisi yang bisa memicu seseorang menjadi mudah lupa.

Kebiasaan buruk ini bisa membawa dampak yang kurang baik bagi kehidupan seseorang. Pada anak sekolah misalnya, ketika sering lupa maka akan turut mempengaruhi prestasi akademiknya karena tidak bisa mengingat materi pelajaran dengan baik.

Jangan khawatir jika Anda yang merasa sering lupa karena ada beberapa cara mengatasi pelupa di usia muda. Berikut penjelasan lengkapnya.

Penyebab Mudah Lupa

Sebelum membahas tentang beragam cara mengatasi lupa dan susah ingat, tak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu penyebab lupa. Mengutip dari penjelasan di hellosehat.com, berikut beberapa penyebab mudah lupa.

Advertisement

1. Kurang istirahat/ tidur

Penyebab mudah lupa salah satunya yaitu karena waktu tidur yang terlalu sedikit. Selain itu, kualitas tidur yang kurang baik juga bisa menjadi pemicu lupa.

Sebab kurang tidur akan membuat suasana hati menjadi kurang baik dan menimbulkan kecemasan.  Kurang istirahat juga bisa menurunkan fokus dan konsentrasi yang dapat menimbulkan kemampuan daya ingat.

2. Pola makanan tidak baik

Pola makan juga bisa mempengaruhi kemampuan otak untuk mengingat. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans diketahui bisa menyebabkan ingatan buruk.

Sebaliknya konsumsi makanan yang sehat dapat menjaga kesehatan otak. Adapun makanan sehat yang baik untuk otak antara lain, susu, ikan, dan makanan yang mengandung vitamin B12.

3. Konsumsi alkohol berlebihan

Penyebab mudah lupa lainnya yaitu terlalu banyak konsumsi alkohol. Hal tersebut dikarenakan alkohol bisa menganggu ingatan jangka pendek bahkan setelah efek dari alkohol hilang. Minuman beralkohol juga bisa merusak kemampuan mental orang yang mengonsumsinya.

4. Mengalami gangguan kesehatan mental

Stres, cemas, dan depresi juga bisa menyebabkan seseorang mudah lupa. Gangguan kesehatan mental tersebut bisa membuat kemampuan mengingat otak berkurang. Stres juga bisa menimbulkan trauma secara emosional yang dapat memicu hilang ingatan.

Cara Mengatasi Pelupa di Usia Muda

Pelupa bisa disembuhkan dengan mengubah kebiasaan sehari-hari. Melansir dari gooddoctor.co.id, berikut beberapa cara agar tidak mudah lupa di usia muda.  

1. Melakukan aktivitas fisik secara rutin

Aktivitas fisik ternyata bisa membantu mengatasi lupa. Sebab melakukan aktivitas fisik, maka aliran darah ke otak menjadi lebih lancar. Dengan demikian, daya ingat menjadi lebih tajam.

Untuk orang dewasa yang sehat, sebaiknya melakukan aktivitas fisik aerobik sedang seperti jalan cepat setidaknya 150 menit seminggu dan aktivitas aerobik berat seperti joging minimal 75 menit seminggu.

Jika memiliki waktu senggang, tak ada salahnya untuk olahraga jalan kaki 10 menit setiap harinya.

2. Melakukan aktivitas yang baik untuk kesehatan mental

Cara mengatasi pelupa pada remaja selanjutnya yaitu melakukan aktivitas yang berguna untuk menjaga kesehatan mental. Dengan memelihara kesehatan mental, maka bentuk otak akan tetap terjaga dengan baik. Selain itu, mental yang sehat juga berguna untuk mencegah kehilangan memori ingatan.

Beberapa aktivitas yang diketahui baik untuk kesehatan mental antara lain; mengerjakan teka-teki silang, bermain musik, hingga menjadi volunteer acara sosial.

3. Bersosialisasi

Interaksi sosial juga bisa membantu seseorang untuk meningkatkan daya ingatnya. Hal ini dikarenakan kegiatan sosial dapat menguarangi depresi dan stres yang menimbulkan hilang ingatan.

4. Membuat jadwal aktivitas

Cara mengatasi pelupa pada remaja lainnya yaitu dengan membuat jadwal kegiatan sehari-hari. Seringkali kita melupakan hal-hal kecil yang ada di sekeliling kita seperti lupa membereskan tempat tidur.

Untuk mengatasinya, maka kita perlu membuat jadwal aktivitas harian. Setelah jadwal dibuat, kita juga harus berkomitmen untuk melaksanakan jadwal tersebut dengan rutin. Dengan rutin melakukan aktivitas yang sama setiap harinya, maka kita bisa terbebas dari penyakit lupa.

5. Mencukupi kebutuhan tidur

Tidur merupakan kebutuhan bagi tubuh. Tidur berguna untuk membatu menyimpan ingatan. Maka dari itu, prioritaskanlah waktu tidur yang cukup.

Secara umum, orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7-9 jam perharinya. Usahakanlah untuk tidur dengan durasi yang sesuai kebutuhan tubuh agar kesehatan tetap terjaga dan tidak mudah lupa.

Itulah beberapa cara mengatasi pelupa pada remaja. Jika semua cara sudah dilakukan namun tidak menunjukan adanya perubahan, maka sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter agar bisa mendapatkan solusi yang terbaik.  

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait