Ketahui Cara Mengatasi Pelupa pada Remaja Lengkap dengan Penyebabnya

Siti Nur Aeni
28 Januari 2022, 07:36
Ketahui Cara Mengatasi Pelupa pada Remaja Lengkap dengan Penyebabnya
freepik.com
Ilustrasi seseorang yang pelupa

Bagaimana cara mengatasi pelupa pada remaja? Masalah yang satu ini memang bisa dirasakan oleh siapa saja, termasuk anak muda. Sebab ada banyak kondisi yang bisa memicu seseorang menjadi mudah lupa.

Kebiasaan buruk ini bisa membawa dampak yang kurang baik bagi kehidupan seseorang. Pada anak sekolah misalnya, ketika sering lupa maka akan turut mempengaruhi prestasi akademiknya karena tidak bisa mengingat materi pelajaran dengan baik.

Jangan khawatir jika Anda yang merasa sering lupa karena ada beberapa cara mengatasi pelupa di usia muda. Berikut penjelasan lengkapnya.

Penyebab Mudah Lupa

Sebelum membahas tentang beragam cara mengatasi lupa dan susah ingat, tak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu penyebab lupa. Mengutip dari penjelasan di hellosehat.com, berikut beberapa penyebab mudah lupa.

1. Kurang istirahat/ tidur

Penyebab mudah lupa salah satunya yaitu karena waktu tidur yang terlalu sedikit. Selain itu, kualitas tidur yang kurang baik juga bisa menjadi pemicu lupa.

Sebab kurang tidur akan membuat suasana hati menjadi kurang baik dan menimbulkan kecemasan.  Kurang istirahat juga bisa menurunkan fokus dan konsentrasi yang dapat menimbulkan kemampuan daya ingat.

2. Pola makanan tidak baik

Pola makan juga bisa mempengaruhi kemampuan otak untuk mengingat. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans diketahui bisa menyebabkan ingatan buruk.

Sebaliknya konsumsi makanan yang sehat dapat menjaga kesehatan otak. Adapun makanan sehat yang baik untuk otak antara lain, susu, ikan, dan makanan yang mengandung vitamin B12.

3. Konsumsi alkohol berlebihan

Penyebab mudah lupa lainnya yaitu terlalu banyak konsumsi alkohol. Hal tersebut dikarenakan alkohol bisa menganggu ingatan jangka pendek bahkan setelah efek dari alkohol hilang. Minuman beralkohol juga bisa merusak kemampuan mental orang yang mengonsumsinya.

4. Mengalami gangguan kesehatan mental

Stres, cemas, dan depresi juga bisa menyebabkan seseorang mudah lupa. Gangguan kesehatan mental tersebut bisa membuat kemampuan mengingat otak berkurang. Stres juga bisa menimbulkan trauma secara emosional yang dapat memicu hilang ingatan.

Cara Mengatasi Pelupa di Usia Muda

Pelupa bisa disembuhkan dengan mengubah kebiasaan sehari-hari. Melansir dari gooddoctor.co.id, berikut beberapa cara agar tidak mudah lupa di usia muda.  

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...