Fungsi Lemak yang Penting Bagi Tubuh, Bisa Menghasilkan Energi

Tak hanya karbohidrat, fungsi lemak juga bisa untuk menghasilkan energi. Selain itu, lemak juga berguna untuk membantu menyerap vitamin, menghangatkan tubuh, dan beragam fungsi penting lainnya.
Image title
7 Januari 2022, 09:44
Fungsi Lemak yang Penting Bagi Tubuh, Bisa Menghasilkan Energi
pixabay.com/heecehil
Kacang-kacangan yang merupakan sumber lemak yang menyehatkan.

Sama halnya dengan karbohidrat dan protein, fungsi lemak juga sangat penting untuk tubuh. Lemak juga merupakan nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah yang banyak. Meskipun demikian, tidak semua jenis lemak bisa memberikan manfaat bagi tubuh. Hanya lemak tak jenuh atau lemak sehat yang memberikan banyak kebaikan untuk tubuh.

Fungsi Lemak Bagi Tubuh

Walaupun sering dikaitkan dengan beragam penyakit, namun faktanya tubuh tetap memerlukan lemak. Mengutip dari alodokter.com, berikut beberapa fungsi lemak yang penting untuk tubuh.

1. Membantu Tubuh untuk Menyerap Vitamin

Vitamin merupakan nutrisi tambahan yang dibutuhkan tubuh untuk menunjang kerja tubuh. Jenis vitamin sangat banyak, salah satunya vitamin yang larut dalam lemak. Jenis vitamin tersebut yaitu vitamin A, D, E, dan K. Vitamin ini bisa diserap oleh tubuh dengan baik jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dalam jumlah yang cukup.

2. Menghasilkan Energi

Bukan hanya karbohidrat yang bisa menghasilkan energi, lemak juga. Nutrisi yang satu ini berguna sebagai sumber energi bagi tubuh untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Meskipun demikian, Anda tidak boleh mengkonsumsi makanan berlemak secara berlebihan.

Advertisement

Batasi asupan lemak untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Selain lemak dan karbohidrat, sumber energi juga bisa diperoleh dari protein.

3. Membuat Kulit dan Rambut Lebih Sehat

Salah satu fungsi lemak adalah untuk memelihara kesehatan kulit dan rambut. Lemak diketahui bisa menjaga kelembapan kulit dan rambut. Nutrisi ini juga berguna dalam pembentukan sel dan jaringan kulit serta rambut yang baru.

Maka dari itu, agar kulit dan rambut tetap sehat, Anda perlu asupan lemak yang cukup. Beberapa peneliti menyebutkan bahwa lemak baik seperti asam lemak omega-3 dan omega-6 berguna untuk menyembuhkan luka, merangsang pertumbuhan rambut, mengatasi rambut rontok.

4. Menghangatkan Tubuh

Selain ketiga fungsi di atas, salah satu fungsi utama lemak yaitu menjaga tubuh agar tetap hangat. Lemak yang tidak digunakan oleh tubuh akan disimpan dalam wujud jaringan lemak. Jaringan tersebut berguna sebagai isolator sehingga subuh tubuh mudah dikendalikan. Adanya jaringan lemak membuat tubuh tetap hangat.

5. Menjaga Organ Tubuh dari Kerusakan

Fungsi dari lemak lainnya yaitu untuk melindungi organ tubuh. Lemak juga berperan membangun sel dan memproduksi hormon sehingga tubuh dapat berguna dengan baik. Pada janin dan anak-anak, lemak berperan penting dalam perkembangan jaringan otot, saraf, dan proses pertumbuhan lainnya.

Makanan Tinggi Lemak

Untuk memperoleh fungsi lemak, Anda bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang diketahui tinggi lemak. Mengutip dari hellosehat.com, berikut beberapa jenis makanan berlemak yang baik untuk tubuh.

1. Ikan

Ikan merupakan sumber lemak yang baik untuk kesehatan. Jenis ikan yang bisa dikonsumsi untuk menambahkan kadar lemak sehat dalam tubuh yaitu salmon, kembung, haring, sarden, dan tuna.

Ikan-ikan tersebut diketahui mengandung asam lemak omega-3 yang termasuk lemak tak jenuh. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi asam lemak omega-3 cenderung memiliki tubuh lebih sehat.

2. Alpukat

Fungsi lemak juga bisa didapatkan dari konsumsi alpukat secara rutin. Diketahui sekitar 70% lemak total pada buah alpukat merupakan lemak tak jenuh dalam bentuk asam oleat. Lemak tersebut berguna untuk meringankan radang akibat osteoarthritis dan memelihara kesehatan jantung.

3. Kacang-kacangan

Sumber lemak berikutnya yaitu kacang-kacangan. Makanan ini mengandung lemak tak jenuh yang menyehatkan. Sebuah studi membuktikan bahwa konsumsi kacang-kacangan bisa menghindarkan tubuh dari risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Bahaya Tubuh Kekurangan Lemak

Kita sudah mengetahui bahwa fungsi lemak sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika tubuh kekurangan lemak bisa mengakibatkan beberapa masalah kesehatan. Mengutip dari hellosehat.com, berikut bahaya tubuh jika kekurangan lemak.

1. Defisiensi Vitamin

Salah satu fungsi lemak yakni untuk membantu menyerap vitamin A, D, E, dan K. ketika tubuh kekurangan vitamin tersebut maka bisa menyebabkan beberapa penyakti seperti; rabun senja, gusi bengkak, memar, rambut kering, nyeri otot, depresi, hingga penggumpalan darah di bawah kuku.

Penyebab defisiensi vitamin tersebut yaitu karena lemak yang berguna untuk menyerap vitamin jumlahnya terlalu sedikit. Maka dari itu, perlu untuk mengkonsumsi lemak dalam jumlah yang cukup.

2. Dermatitis

Selain kekurangan vitamin, jumlah lemak yang tidak cukup juga bisa menyebabkan dermatitis atau peradangan pada kulit. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa lemak termasuk bagian penting dalam pembentukan struktur sel kulit.

Makronutrien ini dapat menjaga kelembapan kulit. Jika Anda tidak menjaga asupan lemak, maka kesehatan kulit bisa bermasalah dan meningkatkan risiko dermatitis.

3. Luka Sulit Sembuh

Bahaya lainnya bisa terjadi apabila tubuh kekurangan lemak yaitu proses penyembuhan luka menjadi semakin lama. Sebuah studi menyebutkan bahwa tubuh memerlukan lemak untuk menghasilkan molekul penting yang berguna mengendalikan respon peradangan tubuh.

Diet rendah lemak dapat mengganggu respon tersebut. Akibatnya proses penyembuhan luka semakin lambat. Jika luka tidak kunjung membaik, maka bisa meningkatkan risiko infeksi atau masalah kesehatan lainnya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait