Fungsi Lemak yang Penting Bagi Tubuh, Bisa Menghasilkan Energi

Siti Nur Aeni
7 Januari 2022, 09:44
Fungsi Lemak yang Penting Bagi Tubuh, Bisa Menghasilkan Energi
pixabay.com/heecehil
Kacang-kacangan yang merupakan sumber lemak yang menyehatkan.

Sama halnya dengan karbohidrat dan protein, fungsi lemak juga sangat penting untuk tubuh. Lemak juga merupakan nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah yang banyak. Meskipun demikian, tidak semua jenis lemak bisa memberikan manfaat bagi tubuh. Hanya lemak tak jenuh atau lemak sehat yang memberikan banyak kebaikan untuk tubuh.

Fungsi Lemak Bagi Tubuh

Walaupun sering dikaitkan dengan beragam penyakit, namun faktanya tubuh tetap memerlukan lemak. Mengutip dari alodokter.com, berikut beberapa fungsi lemak yang penting untuk tubuh.

1. Membantu Tubuh untuk Menyerap Vitamin

Vitamin merupakan nutrisi tambahan yang dibutuhkan tubuh untuk menunjang kerja tubuh. Jenis vitamin sangat banyak, salah satunya vitamin yang larut dalam lemak. Jenis vitamin tersebut yaitu vitamin A, D, E, dan K. Vitamin ini bisa diserap oleh tubuh dengan baik jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dalam jumlah yang cukup.

2. Menghasilkan Energi

Bukan hanya karbohidrat yang bisa menghasilkan energi, lemak juga. Nutrisi yang satu ini berguna sebagai sumber energi bagi tubuh untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Meskipun demikian, Anda tidak boleh mengkonsumsi makanan berlemak secara berlebihan.

Batasi asupan lemak untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Selain lemak dan karbohidrat, sumber energi juga bisa diperoleh dari protein.

3. Membuat Kulit dan Rambut Lebih Sehat

Salah satu fungsi lemak adalah untuk memelihara kesehatan kulit dan rambut. Lemak diketahui bisa menjaga kelembapan kulit dan rambut. Nutrisi ini juga berguna dalam pembentukan sel dan jaringan kulit serta rambut yang baru.

Maka dari itu, agar kulit dan rambut tetap sehat, Anda perlu asupan lemak yang cukup. Beberapa peneliti menyebutkan bahwa lemak baik seperti asam lemak omega-3 dan omega-6 berguna untuk menyembuhkan luka, merangsang pertumbuhan rambut, mengatasi rambut rontok.

4. Menghangatkan Tubuh

Selain ketiga fungsi di atas, salah satu fungsi utama lemak yaitu menjaga tubuh agar tetap hangat. Lemak yang tidak digunakan oleh tubuh akan disimpan dalam wujud jaringan lemak. Jaringan tersebut berguna sebagai isolator sehingga subuh tubuh mudah dikendalikan. Adanya jaringan lemak membuat tubuh tetap hangat.

5. Menjaga Organ Tubuh dari Kerusakan

Fungsi dari lemak lainnya yaitu untuk melindungi organ tubuh. Lemak juga berperan membangun sel dan memproduksi hormon sehingga tubuh dapat berguna dengan baik. Pada janin dan anak-anak, lemak berperan penting dalam perkembangan jaringan otot, saraf, dan proses pertumbuhan lainnya.

Makanan Tinggi Lemak

Untuk memperoleh fungsi lemak, Anda bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang diketahui tinggi lemak. Mengutip dari hellosehat.com, berikut beberapa jenis makanan berlemak yang baik untuk tubuh.

1. Ikan

Ikan merupakan sumber lemak yang baik untuk kesehatan. Jenis ikan yang bisa dikonsumsi untuk menambahkan kadar lemak sehat dalam tubuh yaitu salmon, kembung, haring, sarden, dan tuna.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...