6 Cara Agar Tidak Mudah Lupa, Wajib Dicatat!

Banyak diantara kita yang sering mengeluh melupakan sesuatu. Kebiasaan buruk tersebut ternyata bisa diatasi dengan berbagai cara. Berikut ulasan tentang cara agar tidak mudah lupa yang bisa diterapkan
Image title
25 Januari 2022, 18:57
6 Cara Agar Tidak Mudah Lupa, Wajib Dicatat!
freepik.com
Ilustrasi seseorang yang pelupa

Pelupa merupakan salah satu kebiasaan buruk yang sebaiknya dihilangkan. Kebiasaan tersebut bisa dihilangkan dengan beberapa cara. Apa saja cara agar tidak mudah lupa? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab mudah lupa

Sebelum memahami berbagai cara mengatasi mudah lupa dan susah ingat, tak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu penyebab masalah tersebut. Berdasarkan penjelasan di hellosehat.com, berikut beberapa penyebab mudah lupa.

1. Waktu tidur telalu sedikit

Penyebab mudah lupa salah satunya yaitu karena waktu tidur yang terlalu sedikit. Selain waktu tidur yang terlalu sedikit, kualitas tidur juga bisa membuat seseorang mudah lupa.

Hal tersebut dikarenakan kurang tidur bisa merubah suasana hati dan menimbulkan kecemasan.  Kurang tidur juga bisa menurunkan fokus dan konsentrasi yang dapat menimbulkan kemampuan daya ingat.

Advertisement

2. Pola makan yang tidak sehat

Pola makan juga bisa mempengaruhi kemampuan otak untuk mengingat. Konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans diketahui bisa menyebabkan ingatan buruk.

Sebaliknya konsumsi makanan yang sehat dapat menjaga kesehatan otak. Adapun makanan sehat yang baik untuk otak antara lain, susu, ikan, dan makanan yang mengandung vitamin B12.

3. Konsumsi alkohol berlebihan

Penyebab mudah lupa lainnya yaitu terlalu banyak konsumsi alkohol. Hal tersebut dikarenakan alkohol bisa menganggu ingatan jangka pendek bahkan setelah efek dari alkohol hilang. Minuman beralkohol juga bisa merusak kemampuan mental orang yang mengonsumsinya.

4. Stres, cemas, dan depresi

Stres, cemas, dan depresi juga bisa menyebabkan seseorang mudah lupa. Gangguan kesehatan mental tersebut bisa membuat kemampuan mengingat otak berkurang. Stres juga bisa menimbulkan trauma secara emosional yang dapat memicu hilang ingatan.

Cara Agar Tidak Mudah Lupa

Mudah lupa akan berhubungan dengan fungsi otak. Maka dari itu, jika ingin memiliki ingatan yang tajam, kita perlu memelihara organ otak dengan baik. Berdasarkan penjelasan di alodokter.com, berikut beberapa cara meningkatkan daya ingat agar tidak mudah lupa.

1. Konsumsi makanan bergizi

Cara agar tidak mudah lupa yang pertama yaitu dengan memperhatikan asupan makanan bergizi. Sebab otak membutuhkan asupan makanan sehat agar berfungsi optimal. Beberapa makanan sehat yang berguna untuk meningkatkan daya ingat antara lain; sayuran hijau, ikan, kacang-kacangan, dan teh hijau.

Selain mengonsumsi makanan sehat, agar tidak mudah lupa kita juga harus menghindari konsumsi minuman beralkohol. Dalam penelitian menyebutkan bahwa konsumsi minuman beralkohol berlebih bisa menganggu fungsi kognitif.

2. Senam otak

Cara mengatasi lupa dan susah ingat lainnya yaitu dengan melakukan senam otak. Terapi ini juga bisa dilakukan oleh pasien yang mengalami hilang ingatan. Contoh senam otak yang dipercaya bisa meningkatkan daya ingat yaitu catur, mempelajari bahasa baru, bermain alat musik, mengisi teka teki silang, dan bermain kartu.

3. Menerapkan pola hidup sehat

Agar memiliki daya ingat yang bagus, Anda bisa menerapkan pola hidup sehat. Misalnya dengan konsumsi makanan bergizi, rutin olahraga, tidur yang cukup, dan mengelola stres.

Olahraga dipercaya memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan otak, antara lain:

  • Membuat sirkulasi darah dalam tubuh tetap lancar sehingga suplai darah ke otak meningkat.
  • Mengatasi peradangan.
  • Memicu perkembangan sel saraf baru.
  • Mengurangi resistensi terhadap insulin.
  • Memicu pelepasan zat biokimia yang berpengaruh terhadap kesehatan otak.

Untuk menjaga agar daya ingat tetap baik, maka disarankan untuk melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, lari, dan berenang setidaknya 30 menit setiap hari.

4. Istirahat yang cukup

Cara agar tidak mudah lupa berikutnya yaitu dengan memastikan bahwa tubuh mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Perlu dipahami bahwa istirahat yang cukup berguna untuk menjaga fokus dan kemampuan mengingat.

Saat tertidur, ingatan kita akan menyusun kembali informasi dan berbagai hal yang telah terjadi. Dengan memberikan waktu istirahat cukup, maka tubuh akan lebih bugar dan terhindar dari stres. Umumnya orang dewasa memerlukan waktu istirahat 7-9 jam per hari.

5. Melakukan berbagai hal secara teratur

Membiasakan diri untuk melakukan berbagai hal secara teratur ternyata bisa membantu meningkatkan daya ingat. Contohnya yaitu dengan selalu meletakan barang di tempat yang sama, menulis agenda, dan hal sederhana lain yang bisa dilakukan dengan teratur. Dengan latihan tersebut, maka secara tidak sadar kita sedang melatih otak agar lebih fokus.

6. Bersosialisasi

Melakukan sosialisasi dan komunikasi dengan orang lain ternyata bisa menjadi cara agar tidak mudah lupa. Bertemu dengan orang lain memungkinkan diri kita untuk terhindar dari stres dan depresi. Saat tubuh merasa rileks dan tidak stres, maka ingatan juga menjadi lebih baik.

Itulah beberapa penyebab mudah lupa beserta cara mengatasinya. Jika hal-hal tersrbut sudah dilakukan namun belum kunjung membuahkan hasil, maka tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter. Tujuannya agar Anda bisa mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait