6 Cara Agar Tidak Mudah Lupa, Wajib Dicatat!

Siti Nur Aeni
25 Januari 2022, 18:57
6 Cara Agar Tidak Mudah Lupa, Wajib Dicatat!
freepik.com
Ilustrasi seseorang yang pelupa

Pelupa merupakan salah satu kebiasaan buruk yang sebaiknya dihilangkan. Kebiasaan tersebut bisa dihilangkan dengan beberapa cara. Apa saja cara agar tidak mudah lupa? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab mudah lupa

Sebelum memahami berbagai cara mengatasi mudah lupa dan susah ingat, tak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu penyebab masalah tersebut. Berdasarkan penjelasan di hellosehat.com, berikut beberapa penyebab mudah lupa.

1. Waktu tidur telalu sedikit

Penyebab mudah lupa salah satunya yaitu karena waktu tidur yang terlalu sedikit. Selain waktu tidur yang terlalu sedikit, kualitas tidur juga bisa membuat seseorang mudah lupa.

Hal tersebut dikarenakan kurang tidur bisa merubah suasana hati dan menimbulkan kecemasan.  Kurang tidur juga bisa menurunkan fokus dan konsentrasi yang dapat menimbulkan kemampuan daya ingat.

2. Pola makan yang tidak sehat

Pola makan juga bisa mempengaruhi kemampuan otak untuk mengingat. Konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans diketahui bisa menyebabkan ingatan buruk.

Sebaliknya konsumsi makanan yang sehat dapat menjaga kesehatan otak. Adapun makanan sehat yang baik untuk otak antara lain, susu, ikan, dan makanan yang mengandung vitamin B12.

3. Konsumsi alkohol berlebihan

Penyebab mudah lupa lainnya yaitu terlalu banyak konsumsi alkohol. Hal tersebut dikarenakan alkohol bisa menganggu ingatan jangka pendek bahkan setelah efek dari alkohol hilang. Minuman beralkohol juga bisa merusak kemampuan mental orang yang mengonsumsinya.

4. Stres, cemas, dan depresi

Stres, cemas, dan depresi juga bisa menyebabkan seseorang mudah lupa. Gangguan kesehatan mental tersebut bisa membuat kemampuan mengingat otak berkurang. Stres juga bisa menimbulkan trauma secara emosional yang dapat memicu hilang ingatan.

Cara Agar Tidak Mudah Lupa

Mudah lupa akan berhubungan dengan fungsi otak. Maka dari itu, jika ingin memiliki ingatan yang tajam, kita perlu memelihara organ otak dengan baik. Berdasarkan penjelasan di alodokter.com, berikut beberapa cara meningkatkan daya ingat agar tidak mudah lupa.

1. Konsumsi makanan bergizi

Cara agar tidak mudah lupa yang pertama yaitu dengan memperhatikan asupan makanan bergizi. Sebab otak membutuhkan asupan makanan sehat agar berfungsi optimal. Beberapa makanan sehat yang berguna untuk meningkatkan daya ingat antara lain; sayuran hijau, ikan, kacang-kacangan, dan teh hijau.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...