Manfaat Melon untuk Kesehatan, Ibu Hamil, dan Kecantikan

Image title
26 Oktober 2021, 14:10
Ilustrasi manfaat melon.
Pexels.com
Ilustrasi manfaat melon.

Melon yang nama latinnya Cucumis melo L merupakan buah yang kaya akan manfaat. Buah segar dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi janin pada ibu hamil dan membantu mencegah penuaan dini.

Dokumentasi Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta menyebutkan melon merupakan tanaman buah yang termasuk famili Cucurbitaceae. Asalnya dari Lembah Panas Persia atau daerah Mediterania yang merupakan perbatasan antara Asia Barat dan Eropa - Afrika.

Adapun jenis-jenis buah melon yang cukup terkenal di antaranya melon sill hybrid, miller cream, netted gem, honey rock, dan honey gold. Para ahli mengklasifikasikan buah melon menjadi dua, yaitu:

  • Tipe Netted-Melon: memiliki ciri khas kulit buah keras, kasar, berurat dan bergambar seperti jala (net). Aromanya relatif lebih harum, lebih cepat masak, serta awet dan tahan lama.
  • Tipe Winter-Melon: memiliki kulit buah halus dan aroma tidak harum. Buah cenderung lambat untuk masak, mudah rusak, dan tidak tahan lama untuk disimpian. Tipe ini sering digunakan sebagai tanaman hias.

Manfaat Melon

Kekayaan manfaat melon tak lain karena kandungan nutrisinya. Dalam satu porsi buah melon terkandung sekitar 60-75 kalori dan 150 ml air. Bukan hanya itu, buah yang tumbuh di ketinggian 300-900 meter dpl ini mengandung:

  • 1 gram protein.
  • 1,4 - 1,5 gram serat.
  • 15 - 16 gram karbohidrat.
  • 14 gram gula.
  • 18 mg vitamin C.
  • 450 mg kalium.
  • 11 mg fosfor.

Mengutip Healthline dan laman terkait lainnya, berikut manfaat melon untuk kesehatan, ibu hamil, dan kecantikan.

Manfaat Melon untuk Kesehatan

1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Buah melon kaya akan kandungan serat yang dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan tubuh. Tak hanya itu, serat pada melon dapat membuat orang yang mengkonsumsinya merasa kenyang lebih lama, sehingga cocok untuk mereka yang sedang menjalankan program diet.

2. Membantu Mengurangi Tekanan Darah

Secara umum, diet kaya buah dan sayuran dikaitkan dengan penurunan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Diet rendah sodium dan asupan kalium yang cukup dapat secara positif mempengaruhi regulasi tekanan darah seseorang.

Karena melon adalah buah yang rendah sodium dan kaya potasium, melon dapat membantu untuk menjaga tingkat tekanan darah yang sehat.

Jika ingin meningkatkan asupan kalium, coba tambahkan melon ke dalam makanan. Ini adalah sumber potasium yang baik. Porsi satu cangkir (177 gram) menyediakan 12 % Recommended Dietary Intake (RDI).

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Sebuah penelitian membuktikan kalau nutrisi yang terkandung dalam buah melon ampuh dalam mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Nutrisi tersebut juga efektif menurunkan risiko penyakit jantung dan hipertensi.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Melon madu mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk memperbaiki dan memelihara tulang yang kuat, termasuk folat, vitamin K, dan magnesium. Buah melon juga merupakan sumber folat yang baik, dengan satu cangkir (177 gram) menyediakan 8 % dari RDI.

Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menarik kesimpulan pasti tentang hubungan antara folat dan kesehatan tulang, makan makanan yang mengandung folat, seperti melon, diyakini dapat meningkatkan kesehatan tulang dengan memastikan kadar homosistein tetap dalam kisaran normal.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...