10 Tips Gak Haus saat Puasa yang Bisa Diterapkan

Siti Nur Aeni
7 April 2022, 15:49
10 Tips Gak Haus saat Puasa yang Bisa Diterapkan
pexels.com/karolina grabowska
Ilustrasi perempuan sedang minum air putih

Saat puasa, kita dilarang untuk makan dan minum sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Rasa lapar mungkin bisa ditahan, namun rasa haus bisanya sulit ditahan dan membuat tubuh menjadi lesu, lemas, dan tidak bersemangat. Tapi, tak perlu kehawatir, sebab ada beberapa tips gak haus saat puasa yang bisa Anda terapkan. Apa saja tips-nya? Ini penjelasan lengkapnya.

Cara Agar Tidak Haus saat Puasa

Rasa haus saat berpuasa sangat mempengaruhi kondisi fisik seseorang. Banyak di antara kita yang merasa lemas dan kurang bersemangat saat puasa karena haus. Hal ini sangat wajar terjadi, pasalnya air merupakan salah satu komponen penyusun tubuh. Tak tanggung-tanggung kadar air dalam tubuh bahkan mencapai 65%.

Walaupun haus sulit dihindari, namun ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan agar tidak terlalu merasa haus saat berpuasa. Berdasarkan penjelasan di doktersehat.com, berikut beberapa tips gak haus saat puasa yang bisa Anda terapkan.

1. Kurangi konsumsi makanan asin dan pedas

Cara agar tidak haus saat puasa yang dengan menghindari konsumsi makanan asin dan pedas ketika sahur. Hal ini dikarenakan makanan asin dapat menekan resisten cairan dalam tubuh, sehingga dapat membuat kita merasa cepat haus.

Tak hanya itu, konsumsi makanan pedas juga dapat memicu masalah kesehatan seperi memicu haus, gastritis, sakit perut, tukak lambung, dan sering buang air kecil.

2. Jangan terlalu sering berbicara

Cara lain agar tidak cepat haus saat puasa yaitu tidak berbicara berlebihan. Pasalnya, ketika banyak bicara, maka rasa haus akan semakin kuat, mengganggu tenggorokan, dan lidah. Maka dari itu, jika tidak ada hal yang perlu disampaikan, sebaiknya diam agar bisa menghemat energi dan menghindari haus.

3. Perbanyak minum air putih saat malam hari dan sahur

Salah satu cara menghilangkan haus saat puasa yaitu dengan perbanyak minum air putih saat malam hari dan sahur. Usahakan tetap minum air putih sebanyak delapan gelas mulai dari buka puasa hingga sahur. Hal ini diperlukan untuk mencegah rasa haus di siang hari, sehingga aktivitas saat berpuasa tidak terganggu.

4. Konsumsi yoghurt saat malam hari

Tips gak haus saat puasa lainnya yaitu mengonsumsi yoghurt saat malam hari. Yoghurt diketahui mengandung 85% air. Tak hanya itu, yoghurt juga mengandung nutrisi yang dapat menunjang kesehatan tubuh.

Anda bisa mengonsumsi yoghurt secara langsung atau mengolahnya dengan buah-buahan menjadi salah buah atau smoothies. Olahan ini cocok untuk menu buka puasa yang sehat dan menyegarkan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement