Sederet Manfaat Kurma untuk Kesehatan, Cocok untuk Menu Buka Puasa

Siti Nur Aeni
5 April 2022, 09:17
Biasa Dikonsumsi Saat Buka Puasa, Ini 11 Manfaat Kurma untuk Kesehatan
pixabay.com
Buah kurma yang baik untuk kesehatan tubuh

Memasuki bulan Ramadan, kita pasti sering menjumpai buah kurma. Banyak sumber yang menyebutkan bahwa, hukum konsumsi buah kurma saat berbuka merupakan sunnah. Terlepas dari hukumnya, manfaat kurma membuat buah ini cocok untuk menjadi makanan pembuka setelah seharian berpuasa.

Lalu, apa saja manfaat dari buah kurma? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Advertisement

Kandungan Buah Kurma

Buah kurma biasanya dikonsumsi saat berbuka puasa. Buah dengan citra rasa manis ini bisa dikonsumsi saat masih segar atau sudah kering. Buah kurma segar memiliki kulit yang halus, sedangkan buah kurma kering memiliki kulit yang mengkerut.

Terlepas dari dua jenis tersebut, buah kurma mengandung banyak nutrisi. Klikdokter.com menyebutkan beberapa kandungan buah kurma seperti berikut:

  1. Kalori
  2. Lemak
  3. Karbohidrat
  4. Serat
  5. Gula
  6. Protein
  7. Vitamin B6
  8. Zat besi
  9. Magnesium
  10. Potassium

Manfaat Kurma untuk Kesehatan

Banyaknya nutrisi yang ada di dalam buah kurma, membuat buah dengan rasa manis ini memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Melansir dari klikdokter.com, berikut beberapa manfaat kurma untuk kesehatan.

1. Mencukupi kalori dan gizi yang diperlukan tubuh

Kandungan kalori dalam buah kurma ternyata lebih tinggi dibandingkan buah kering lain seperti kirmis dan buah ara. Sebagian kalori dari kurma berasal dari karbohidrat dan sisanya berasal dari protein. Tak hanya kaya kalori, kurma juga mengandung vitamin dan mineral yang berguna untuk kesehatan tubuh.

2. Memelihara kesehatan sistem pencernaan

Manfaat kurma lainnya yaitu dapat melancarkan sistem penerncaan. Hal ini dikarenakan kurma mengadung serat. Kandungan ini dapat mencegah konstipasi dan membuat gerakan usus besar lebih teratur khususnya untuk pembentukan feses.

3. Mencegah penyakit kronis

Konsumsi kurma juga dipercaya bisa mencegah beberapa penyakit kronis seperti gangguan jantung, penyakit kanker, diabetes, dan alzheimer. Hal ini dikarenakan kurma memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

4. Mengganti konsumsi gula pasir

Manfaat kurma untuk kesehatan lainnya yaitu sebagai pengganti gula putih. Hal ini dikarenakan kurma memiliki rasa manis. Kandungan antioksida yang tinggi juga menjadi nilai tambah dalam buah ini.

5. Mengembalikan elektrolit yang hilang

Buah kurma juga dapat dimanfaatkan untuk mengembalikan elektrolit yang hilang. Hal ini dikarenakan kurma mengandung potasium yang cukup tinggi. Sebagai pengetahuan, potasium adalah salah satu unsur elektrolit yang diperlukan tubuh untuk menguatkan tubuh dan membangun otot.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement