7 Manfaat Wijen untuk Menunjang Kesehatan Tubuh

Siti Nur Aeni
27 Mei 2022, 08:09
7 Manfaat Wijen untuk Menunjang Kesehatan Tubuh
pixabay.com
Biji wijen yang bermanfaat untuk tubuh

Kita mungkin sering menjumpai makanan yang memiliki taburan wijen. Biji-bijian yang ukurannya kecil ini biasanya dijumpai pada kue onde-onde, mochi, roti, atau makanan khas Korea. Tak hanya sebagai pemanis tampilan, wijen ternyata mengandung segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat wijen? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat Wijen Bagi Kesehatan

Biji wijen diketahui mengandung sederet nutrisi yang baik untuk tubuh. Dalam satu sendok wijen atau sekitar 9 gram biji wijen diketahui mengandung 52 kalori. Tak hanya itu, biji wijen juga mengandung beberapa nutrisi penting seperti; air, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, serat, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, zinc, selenium, folat, vitamin A, vitamin B, vitamin D, kolin, dan antioksidan.

Kandungan nutrisi tersebut yang membuat biji wijen baik untuk kesehatatn. Menurut penjelasan di alodokter.com, berikut beberapa manfaat wijen untu kesehatan tubuh.

1. Menunjang Kesehatan Tulang dan Gigi

Biji wijen menjadi salah satu sumber kalsium yang baik untuk tubuh. Minral satu ini biasanya dijumpai pada kulit biji wijen. Tak hanya kalsium, wijen juga mengandung sejumlah mineral pening lain seperti magnesium, fosfor, kalium, dan zinc.

Kandungan gizi yang lengkap ini membuat biji wijen bisa menunjang kesehatan tulang dan gigi. Dengan mencukupi kebutuhan kalsium, maka gangguan tulang seperti osteoporosis bisa dicegah.

2. Menurunkan Darah Tinggi

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, mengonsumsi wijen secara rutin mungkin bisa menjadi alternatif cara menurunkan darah tinggi. Biji wijen diketahui mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Tak hanya itu, kandungan nutrisi lain seperti antioksidan, magnesium, protein, dan serat dalam wijen juga dipercaya bisa membantu mengontrol tekanan darah. Namun untuk bisa mendapatkan manfaat wijen secara maksimal, penderita hipertensi atau darah tinggi juga perlu menerapkan pola hidup sehat.

3. Meningkatkan Imun Tubuh

Wijen memiliki kandungan beberapa nutrisi penting seperti zinc, selenium, tembaga, zat besi, asam folat, hingga antioksidan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Perlu dipahami bahwa, saat daya tahan tubuh terjaga maka tubuh akan terhindar dari beragam penyakit.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat wijen lainnya yaitu bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh. Hal ini dikarenakan biji wijen mengandung serat, lignan, dan fitosterol yang dipercaya dapat menurunkan kolesterol tubuh. Tak hanya itu, antioksidan dalam wijen juga diketahui bisa menghambat pembentukan plak paada pembuluh darah, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

5. Memelihara Kesehatan Pencernaan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa wijen mejadi salah satu makanan tinggi serat. Kandungan nutrisi inilah yang membuat wijen baik untuk memelihara saluran pencernaan. Konsumsi serat dalam kadar yang cukup diketahui bisa mencegah sembelit.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...