Sederet Makanan Tinggi Serat yang Berguna untuk Tubuh

Siti Nur Aeni
24 Februari 2022, 16:42
Gandum salah satu makanan tinggi serat yang mudah dijumpai
Pixabay
Gandum salah satu makanan tinggi serat yang mudah dijumpai

Konsumsi makanan sehat berguna untuk menjaga agar tubuh tetap bugar. Makanan tinggi serat menjadi salah satu jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Serat berperan untuk melancarkan buang air besar, mencegah penyakit kronis, hingga menurunkan berat badan.

Untuk mendapatkan manfaat dari serat, maka asupan serat harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Kebutuhan serat untuk orang dewasa berdasarkan angka kecukupan gizi yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI, yaitu sekitar 30-38 gram per hari.

Makanan Tinggi Serat yang Mudah Didapat

Secara umum, serat pangan terbangun menjadi dua macam yaitu serat larut dan tak larut. Serat larut merupakan serat yang terurai dalam air dan membentuk gel. Serat jenis ini banyak dijumpai di buah-buahan. Sementara itu, serat tidak larut banyak ditemukan pada makanan seperti sayuran, kentang, dan gandum.

Mengutip dari hellosehat.com, kandungan serat bisa ditemukan di beberapa makanan berikut ini:

1. Gandum

Makanan tinggi serat untuk diet yang pertama yaitu gandum. Selain kaya serat, gandum juga mengandung zat gizi makro, vitamin, mineral, dan antioksidan. Gandum mengandung serat larut air yang disebut beta glukan. Serat ini berguna untuk membantu mengontrol gula darah dan kolesterol serta memperkuat daya tahan tubuh, khususnya pada anak.

2. Kacang polong

Makanan kaya serat untuk pencernaan lainnya yaitu kacang polong. Kandungan serat dalam jenis kacung ini cukup tinggi yaitu sekitar 8,3 gram per 100 gram kacang polong matang. Kacang polong juga mengandung protein, vitamin, dan mineral.

3. Kacang lentil

Lentil adalah jenis kacang kaya protein yang dikeringkan dan dimasak sebelum dikonsumsi. Selain protein, kacang lentil juga kaya serat. Dalam 100 gram kacang lentil matang memiliki kandungan 7,3 gram serat atau setara dengan 24,3% kebutuhan serat harian orang dewasa. Selain kaya serat dan protein, kacang ini juga mengandung zat gizi lain seperti vitamin B1, B9, mangan, dan fosfor.

4. Buah pir

Pir merupakan buah dengan kandungan air yang tinggi dan rasa yang segar. Manfaat buah pir ditunjang dengan kandungan nutrisi yang ada didalamnya. Salah satu kandungan dalam pir yaitu serat.

Dalam satu buah pir ukuran kecil mengandung 5,5, gram serta. Kandungan serat dalam pir setara dengan 20% kebutuhan serat harian. Pir mengandung serat yang disebut pektin. Serat ini berguna untk melancarkan buang air besar dan mendukung pertumbuhan bakteri di usus.

5. Buah alpukat

Makanan yang mengandung serat tinggi selanjutnya yaitu buah alpukat. Dalam 100 gram buah alpukat diketahui mengandung 6,7 gram serat atau setara dengan 22% kebutuhan serat harian orang dewasa.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...