Bandara Soekarno-Hatta Catatkan Ketepatan Waktu 93,8%

Image title
7 April 2019, 16:00
Terminal 3 Soekarno Hatta
PT Angkasa Pura II
Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, mencatatkan tingkat ketepatan waktu alias on time performance (OTP) jadwal keberangkatan pesawat mencapai 93,8% pada Februari 2019. Catatan tersebut jauh lebih baik dari pada bulan sebelumnya yang hanya 90,4%.

Tingkat OTP berdasarkan riset dari lembaga independen Official Airline Guide (OAG) ini, membuat Bandara Soekarno-Hatta menempati urutan ke-25 bandara dengan OTP terbaik di dunia atau menempati urutan 11 di regional Asia-Pasifik. Sebelumnya, pada Januari 2019, Soekarno-Hatta hanya menempati urutan ke 96 dunia sebagai bandara dengan tingkat OTP terbaik dan urutan ke-57 untuk tingkat regional.

OAG juga mencatat, di antara Top 100 bandara dengan OTP terbaik, jumlah penerbangan di Soekarno-Hatta merupakan yang paling banyak kedua, jumlahnya mencapai 16.093 penerbangan pada Februari 2019. Sementara bulan lalu, jumlah penerbangan yang dilayani oleh bandara ini sebanyak 18.356 penerbangan.

(Baca: Maret, Pemerintah Siapkan Terminal Penerbangan Murah di Soekarno-Hatta)

Sebagai perusahaan operator Bandara Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II (Persero) merasakan kinerja ini berdampak pada peningkatan pelayanan penumpang pesawat. Menurut Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin, operasional di bandara yang terintegrasi dan didukung sistem teknologi informasi, mampu membuat Soekarno-Hatta beroperasi secara efektif.

Teknologi yang dia maksud adalah pos komando terintegrasi yang disebut dengan Airport Operation Control Center (AOCC) yang sudah ada sejak 2017. Teknologi itu merupakan hasil kolaborasi dari Badan Karantina, Bea Cukai, Imigrasi, Kepolisian, dan lembaga lain yang terkait.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...