Kementerian ESDM Tak Naikkan Target Produksi Batu Bara Tahun Depan

Image title
10 Desember 2020, 12:38
produksi batu bara 2021, kementerian esdm, harga batu bara
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/wsj.
Ilustrasi. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan produksi batu bara di 2021 mencapai 550 juta ton.

Target produksi batu bara nasional pada 2021 tidak berbeda dengan tahun ini. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan angkanya di 550 juta ton.  

Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Batu Bara Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba) Kementerian ESDM Sujatmiko beralasan konsumsi tahun depan masih terpengaruh pandemi Covid-19. “Kami masih mempertimbangkan (aspek) pemulihannya, baik untuk pasar domestik dan ekspor,” ujarnya dalam acara Minerba Virtual Expo 2020, Kamis (10/12).

Untuk realisasi produksinya saat ini telah mendekati target. Per 10 Desember, angkanya di level 514,20 juta ton. “Sudah mencapai 94% dari target,” ujar Sujatmiko. 

Dari realisasi produksi tersebut, sebanyak 218,17 juta ton dipasok ke pasar ekspor. Sedangkan 108,45 juta ton untuk kebutuhan dalam negeri atau domestic market obligation (DMO).

Sebelumnya, Kementerian ESDM memberikan keleluasaan bagi perusahaan batu bara yang ingin mengajukan revisi rencana kerja dan anggaran biaya (RKAB) pada 2020. Pasalnya, permintaan komoditas tambang itu menurun secara global karena pelemahan ekonomi yang terimbas Covid-19.

Direktur Teknik dan Lingkungan Ditjen Minerba Kementerian ESDM Sri Rahardjo mengatakan permintaan batu bara melemah secara global. “Banyak negara tujuan ekspor melakukan pembatasan (lockdown), otomatis penjualan berkurang dan pengurangan produksi bisa terjadi,” katanya beberapa waktu lalu. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...