Badan Geologi Rekomendasikan 4 Wilayah Kerja Migas Potensial

Keempat wilayah kerja itu adalah Sumatera Tengah (Riau), Banjarnegara (Jawa Tengah), West Madura (Bawean II-Jawa Timur), dan Muna-Buton (Sulawesi Tenggara).
Image title
20 Januari 2021, 19:04
badan geologi, wilayah kerja migas, kementerian esdm
Katadata
Ilustrasi. Badan Geologi merekomendasikan empat wilayah kerja minyak dan gas bumi (migas) untuk tahun ini.

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) merekomendasikan empat wilayah kerja minyak dan gas bumi (migas) untuk tahun ini. Rekomendasi ini nantinya akan ditawarkan ke para investor melalui mekanisme lelang.

Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono belum mau merinci detail potensi sumber daya dari empat wilayah kerja itu. “Untuk beberapa sumber daya ini masih belum selesai perhitungannya,” katanya dalam konferensi pers virtual, Rabu (20/1). 

Keempat wilayah kerja itu adalah Sumatera Tengah (Riau), Banjarnegara (Jawa Tengah), West Madura (Bawean II-Jawa Timur), dan Muna-Buton (Sulawesi Tenggara).

Hingga 2019, Badan Geologi telah merekomendasikan 38 wilayah kerja ke Direktorat Jenderal Migas. Rinciannya, sembilan rekomendasi masing-masing pada 2015 hingga 2018 dan dua rekomendasi di 2019. Dari jumlah itu ada yang telah ditindaklanjuti, ditawarkan ke investor, dan sudah laku.

Kementerian ESDM Akan Lelang 10 WK Migas

Kementerian ESDM tahun ini berencana melelang 10 wilayah kerja migas, setelah pada 2020 tertunda karena pandemi Covid-19. Direktur Jenderal Migas Tutuka Ariadji mengatakan pemerintah akan memberikan fleksibilitas pada lelang kali ini.

Investor nantinya dapat memilih jenis kontrak untuk mengembangkan wilayah kerja migasnya. “Yang sebelumnya hanya gross split, bisa menjadi cost recovery, dan bentuk lainnya,” kata Tutuka.

Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Mustafid Gunawan mengatakan langkah tersebut bertujuan untuk mendongkrak investasi di sektor tersebut. Kesepuluh blok migas yang rencananya akan ditawarkan tersebut terdiri dari lima wilayah kerja migas reguler dan lima wilayah kerja hasil studi bersama.

Secara total, potensi sumber daya dari 10 wilayah kerja itu mencapai 3,4 miliar barel minyak dan lima triliun kaki kubik gas. Untuk penawaran secara reguler terdiri dari:

1. WK Merangin III yang berlokasi di Sumatera Selatan dan Jambi (di darat atau onshore). 
2. WK Sekayu yang berlokasi di Sumatera Selatan (onshore). 
3. WK North Kangean berlokasi di Jawa Timur (di laut atau offshore). 
4. WK Cendrawasih berlokasi di Papua (offshore).
5. WK Mamberamo berlokasi di Papua (onshore dan offshore).

Berikutnya, untuk wilayah kerja yang ditawarkan secara langsung terdiri dari:

1. WK West Palmerah yang berlokasi di Sumatera Selatan dan Jambi (onshore). 
2. WK Rangkas yang berlokasi di Jawa Barat dan Banten (onshore).
3. WK Liman berlokasi di Jawa Timur (onshore).
4. WK Bose berlokasi di NTT (onshore dan offshore) 
5. WK Maratua II yang berlokasi di Kalimantan Utara (onshore dan offshore).

Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Sorta Tobing
Video Pilihan

Artikel Terkait