3 Rekomendasi Film Horor Indonesia Untuk Tontonan Akhir Pekan

Mendekati akhir pekan, ada banyak pilihan untuk mengisi waktu luang. Salah satunya menonton film. Berikut ini rekomendasi film horor Indonesia bagi Anda.
Image title
16 Juli 2021, 15:06
Rekomendasi Film Horor Indonesia Untuk Tontonan Akhir Pekan
instagram/jokoanwar
Salah satu adegan dalam film Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Film horor Indonesia memiliki alur cerita yang kental akan dunia mistik dan mungkin penonton alami dalam kehidupan sehari-hari. Cerita yang dikisahkan dalam film horor Indonesia mampu membuat penonton ketakutan karena makhluk-makhluk yang merupakan bagian dari budaya negara ini.

Selain itu, film horor Indonesia dapat dijadikan ajang untuk menampilkan dunia perfilman Tanah Air. Banyak aspek yang dapat ditunjukkan dalam sebuah produksi film horor, mulai dari arahan sutradara, sinematografi, perancang latar, hingga penata rias.

Jika Anda mencari tontonan untuk akhir pekan, berikut ini adalah film horor Indonesia yang mencekam.

1. Perempuan Tanah Jahanam

Perempuan Tanah Jahanam adalah film karya sutradara ternama, Joko Anwar, yang rilis pada 2019. Film ini mendapatkan enam Piala Citra dan sukses besar di Indonesia maupun mancanegara. Filmnya mengisahkan tentang Maya, seorang penjaga kasir tol yang kemudian berhenti untuk berjualan di pasar. Menghadapi kesulitan finansial, ia memutuskan untuk kembali ke desa keluarganya di Desa Harjosari. Dia mengajak sahabatnya, Dini, untuk pergi ke desa terpencil itu. Mereka berpura-pura sebagai mahasiswa melakukan penelitian tentang wayang kulit dan ingin bertemu dengan Ki Saptadi, seorang dalang yang terkenal.

Advertisement

Namun, semakin lama mereka tinggal di desa tersebut, banyak kejadian menakutkan yang dialami. Ketika Dini tiba-tiba hilang, Maya mengitari desa untuk mencarinya tetapi dihadapkan oleh fakta-fakta menyeramkan yang mengancam nyawanya. Desa Harjosari ternyata menyimpan kutukan. Zaman dahulu, seorang juragan sekaligus dalang melakukan perjanjian dengan iblis agar anaknya yang lahir tanpa kulit bisa sembuh. Sejak itu, seluruh bayi yang lahir di Desa Harjosari terlahir tanpa kulit. Mengetahui hal tersebut, Maya berusaha untuk mengungkap kebenaran di balik kutukan tersebut tetapi dihadapkan oleh kenyataan pahit yang mengubah hidupnya.

Perempuan Tanah Jahanam dibintangi oleh deretan artis ternama seperti Tara Basro sebagai Maya, Marissa Anita sebagai Dini, serta Ario Bayu sebagai Ki Saptadi. Premis film yang unik dan menyeramkan dapat membuat penonton merinding. Terlebih lagi dengan berbagai macam kejutan dalam film ini.

2. Sebelum Iblis Menjemput

Sebelum Iblis Menjemput adalah film karya Timo Tjahjanto yang rilis pada 2018. Film ini menang penghargaan Best Film dalam kategori Midnight X-Treme di Sitges International Film Festival. Film ini berkisah tentang seorang pria bernama Lesmana yang membuat perjanjian dengan iblis untuk mendapatkan kekayaan. Ia menggunakan bantuan seorang dukun misterius untuk melakukan ritual dengan menumbalkan istrinya. Istri Lesmana kemudian bunuh diri dengan misterius, meninggalkan putrinya yang masih kecil, Alfie.

Bertahun-tahun kemudian, Alfie tumbuh dewasa dan mendapat kabar bahwa Lesmana kini sekarat di rumah sakit karena penyakit misterius. Alfie datang ke rumah sakit dan bertemu saudara-saudara tirinya, Maya, Reuben, dan Nara, anak dari pernikahan Lesmana dan istri keduanya, Laksmi. Alfie bersikap dingin pada keluarga tirinya tersebut, tapi saat  berada dalam kamar Lesmana, sesosok makhluk misterius menerornya. Tak lama kemudian, Lesmana meninggal.

Warisan Lesmana berupa sebuah villa diperebutkan oleh Alfie, Laksmi dan Maya. Namun, ketika mereka berada dalam villa, Laksmi tiba-tiba ditarik sosok misterius ke ruang bawah tanah. Maya dan Reuben dikejutkan oleh tampilan Laksmi yang berubah menjadi menyeramkan. Laksmi yang kerasukan meneror seluruh orang yang ada di villa itu. Kejadian menakutkan terus bermunculan, memaksa Alfie untuk menyingkap rahasia kelam yang berhubungan dengan ayahnya.

Sebelum Iblis Menjemput memiliki momen horor yang tidak hanya mengandalkan efek kaget tapi alur yang mencekam serta ritual tumbal dan santet yang menakutkan. Film ini dibintangi oleh aktris berbakat Chelsea Islan sebagai Alfie dan Pevita Pearce sebagai Maya. Film ini dapat ditonton melalui Netflix dan Disney+ Hotstar.

3. Mata Batin

Mata Batin disutradarai oleh Rocky Soraya dan rilis pada 2017. Film dimulai di sebuah rumah. Alia memberitahu adik perempuannya, Abel, bahwa hantu yang sering dia lihat dan dengar tidak nyata karena berasal imajinasinya. Tetapi suatu malam sosok aneh menyerang Abel meninggalkan bekas luka di kakinya. Kejadian tersebut tidak ditanggapi serius. Mereka lalu pindah dari rumah tersebut. Sekitar 10 tahun kemudian, Alia telah tumbuh dan bekerja di Bangkong sementara Abel tinggal bersama orang tua mereka dan masih melihat hantu masa kecilnya.

Alia memutuskan untuk meninggalkan Bangkok dan kembali ke Jakarta setelah mendengar kabar bahwa orang tuanya meninggal. Dia dan Abel pindah ke rumah masa kecil mereka yang jauh dari kota. Tapi Abel menjadi aneh dan sering ketakutan. Dia tidak menyukai rumah itu dan percaya ada sesuatu yang lain selain mereka. Alia dan Davin, pacar Alia, mengabaikan semua yang dikatakan Abel. Namun, sikap Abel semakin buruk.

Untuk membantu Abel, Alia membawa Abel ke psikiater, tapi Abel menolak dan  mengatakan dia bisa melihat mereka yang sudah mati karena mata ketiganya sudah terbuka sejak kecil. Atas saran Abel, Alia diajak menemui Bu Windu, seorang paranormal. Alia yang skeptis tidak percaya hantu sehingga meminta Bu Windu untuk membuka mata ketiganya. Setelah kejadian itu, Alia mulai mengalami kehadiran hantu yang meminta bantuannya. Namun, kejadian ganjil itu semakin berbahaya sehingga dapat mengancap nyawa Alia dan Abel. Mampukan Alia dan Abel bertahan?

Selain menampilkan performa aktris Jessica Mila sebagai Alia dan Bianca Hello sebagai Abel, Mata Batin mampu membuat penonton larut ke dalam alurnya dan merinding ketika melihat berbagai makhluk yang muncul. Film ini juga mengajarkan nilai positif tentang keluarga.

 

Itulah rekomendasi film horor Indonesia yang menemani akhir pekan. Film mana yang paling membuat Anda tertarik?

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait