3 Rekomendasi Film Horor Indonesia Untuk Tontonan Akhir Pekan

Image title
16 Juli 2021, 15:06
Rekomendasi Film Horor Indonesia Untuk Tontonan Akhir Pekan
instagram/jokoanwar
Salah satu adegan dalam film Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Film horor Indonesia memiliki alur cerita yang kental akan dunia mistik dan mungkin penonton alami dalam kehidupan sehari-hari. Cerita yang dikisahkan dalam film horor Indonesia mampu membuat penonton ketakutan karena makhluk-makhluk yang merupakan bagian dari budaya negara ini.

Selain itu, film horor Indonesia dapat dijadikan ajang untuk menampilkan dunia perfilman Tanah Air. Banyak aspek yang dapat ditunjukkan dalam sebuah produksi film horor, mulai dari arahan sutradara, sinematografi, perancang latar, hingga penata rias.

Jika Anda mencari tontonan untuk akhir pekan, berikut ini adalah film horor Indonesia yang mencekam.

1. Perempuan Tanah Jahanam

Perempuan Tanah Jahanam adalah film karya sutradara ternama, Joko Anwar, yang rilis pada 2019. Film ini mendapatkan enam Piala Citra dan sukses besar di Indonesia maupun mancanegara. Filmnya mengisahkan tentang Maya, seorang penjaga kasir tol yang kemudian berhenti untuk berjualan di pasar. Menghadapi kesulitan finansial, ia memutuskan untuk kembali ke desa keluarganya di Desa Harjosari. Dia mengajak sahabatnya, Dini, untuk pergi ke desa terpencil itu. Mereka berpura-pura sebagai mahasiswa melakukan penelitian tentang wayang kulit dan ingin bertemu dengan Ki Saptadi, seorang dalang yang terkenal.

Namun, semakin lama mereka tinggal di desa tersebut, banyak kejadian menakutkan yang dialami. Ketika Dini tiba-tiba hilang, Maya mengitari desa untuk mencarinya tetapi dihadapkan oleh fakta-fakta menyeramkan yang mengancam nyawanya. Desa Harjosari ternyata menyimpan kutukan. Zaman dahulu, seorang juragan sekaligus dalang melakukan perjanjian dengan iblis agar anaknya yang lahir tanpa kulit bisa sembuh. Sejak itu, seluruh bayi yang lahir di Desa Harjosari terlahir tanpa kulit. Mengetahui hal tersebut, Maya berusaha untuk mengungkap kebenaran di balik kutukan tersebut tetapi dihadapkan oleh kenyataan pahit yang mengubah hidupnya.

Perempuan Tanah Jahanam dibintangi oleh deretan artis ternama seperti Tara Basro sebagai Maya, Marissa Anita sebagai Dini, serta Ario Bayu sebagai Ki Saptadi. Premis film yang unik dan menyeramkan dapat membuat penonton merinding. Terlebih lagi dengan berbagai macam kejutan dalam film ini.

2. Sebelum Iblis Menjemput

Sebelum Iblis Menjemput adalah film karya Timo Tjahjanto yang rilis pada 2018. Film ini menang penghargaan Best Film dalam kategori Midnight X-Treme di Sitges International Film Festival. Film ini berkisah tentang seorang pria bernama Lesmana yang membuat perjanjian dengan iblis untuk mendapatkan kekayaan. Ia menggunakan bantuan seorang dukun misterius untuk melakukan ritual dengan menumbalkan istrinya. Istri Lesmana kemudian bunuh diri dengan misterius, meninggalkan putrinya yang masih kecil, Alfie.

Bertahun-tahun kemudian, Alfie tumbuh dewasa dan mendapat kabar bahwa Lesmana kini sekarat di rumah sakit karena penyakit misterius. Alfie datang ke rumah sakit dan bertemu saudara-saudara tirinya, Maya, Reuben, dan Nara, anak dari pernikahan Lesmana dan istri keduanya, Laksmi. Alfie bersikap dingin pada keluarga tirinya tersebut, tapi saat  berada dalam kamar Lesmana, sesosok makhluk misterius menerornya. Tak lama kemudian, Lesmana meninggal.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement