Ketahui 7 Cara Mencegah Penularan Virus Corona

Image title
14 Juli 2021, 12:10
Vaksinasi COVID-19 sebagai cara mencegah penularan virus corona
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp.
Petugas medis menyuntikan vaksin Covi-19 ke pada warga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (3/7).

Kasus Covid-19 semakin bertambah setiap hari. Saat ini, varian baru virus corona sudah mulai terdeteksi di Indonesia. Pemerintah telah meminta masyarakat waspada dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Virus corona menyebar melalui cairan yang dikeluarkan ketika seorang penderita batuk, bersin, dan berbicara. Cairan yang berisi partikel virus tersebut dapat terhirup atau masuk ke mata atau mulut orang lain di sekitarnya.

Sebagai upaya mencegah penularan virus corona, masyarakat dapat melakukan cara mencegah penularan virus corona berikut ini:

1. Menggunakan masker ganda

Cara mencegah penularan virus corona yang paling utama adalah menggunakan masker ganda. Virus corona terus bermutasi dan menurut temuan dari ahli epidemiologi Inggris, varian Delta dan Alpha bisa menyebar lebih cepat.

Penggunaan masker ganda dapat mencegah penularan virus corona masuk ke tubuh melalui sistem pernapasan. Masker dobel berfungsi untuk memastikan tidak ada celah dalam area mulut dan hidung. Pilih masker yang pas dengan ukuran wajah Anda. Masker yang terlalu kecil atau besar tidak dapat mencegah virus secara optimal.

Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), masker medis dapat menyaring 84.3% partikel. Dengan dilapis masker kain, kemampuan penyaringannya naik hingga 96.4%. Cara tepat penggunaan masker dobel adalah:

  • Gunakan masker medis sebagai lapisan pertama.
  • Pastikan bagian atas masker ditekan sesuai bentuk hidung dan wajah sehingga pas.
  • Tutupi masker medis dengan masker kain yang terdiri dari 3 lapis kain.
  • Gunakan masker kain dengan ukuran yang pas. Pastikan tali masker terpasang erat di telinga atau diikat di belakang kepala.
  • Coba embuskan napas dan rasakan apakah masih ada udara yang mengalir dari bagian atas dan samping masker. Jika masih ada, sesuaikan posisinya dan kencangkan kembali maskernya.
  • Pastikan Anda tetap bisa bernapas dengan nyaman dan tidak merasa pusing karena penggunaan masker dobel ini.

2. Menjaga jarak

Hindari berdekatan dan kontak fisik langsung saat bertemu dengan orang-orang. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan untuk menjaga jarak sejauh satu meter dengan orang lain untuk mencegah penularan virus corona. Beberapa contoh cara menjaga jarak adalah:

  • Menghindari keramaian.
  • Tidak keluar rumah kecuali mendesak.
  • Menggunakan layanan pengiriman makanan.
  • Tidak menjabat tangan atau berpelukan.
  • Bekerja dari rumah jika memungkinkan.
  • Melakukan pertemuan atau rapat secara virtual.
  • Gunakan metode pembayaran non-tunai jika memungkinkan.

3. Mencuci tangan

Menjaga kebersihan tangan dapat membantu mencegah penularan virus corona serta mencegah penyebaran infeksi ke orang lain. Biasakan mencuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan atau hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60% alkohol. Mencuci tangan penting dilakukan terutama saat:

  • Sebelum dan sesudah makan.
  • Sebelum dan sesudah menyentuh masker.
  • Setelah menggunakan toilet.
  • Setelah menyentuh permukaan dan benda yang sering disentuh.

Hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut. Apabila batuk atau bersin, arahkan ke tisu atau lipatan lengan, bukan tangan. Buang tisu yang telah digunakan dan segera bersihkan tangan setelahnya.

4. Melakukan vaksinasi

WHO telah memperbolehkan penggunaan vaksin darurat sebagai upaya pencegahan virus corona. Vaksinasi adalah cara sederhana, aman, dan efektif untuk melindungi tubuh dari penyakit berbahaya dengan menggunakan pertahanan alami tubuh dan membangun ketahanan terhadap infeksi tertentu. Fungsi lainnya adalah melatih sistem kekebalan tubuh untuk membuat antibodi. Vaksin hanya mengandung kuman yang mati atau dilemahkan seperti virus atau bakteri sehingga tidak menyebabkan penyakit atau berisiko komplikasi.

Saat ini, vaksin Covid-19 sudah bisa diakses melalui berbagai fasilitas kesehatan sesuai dengan tempat tinggal. Vaksin Covid-19 terbukti aman dan efektif untuk mencegah penyakit dan mengurangi risiko orang menyebarkan virusnya. Ada kemungkinan efek samping setelah vaksinasi, hal tersebut normal terjadi dan akan hilang dalam beberapa hari.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...