Cara Live di TikTok Tanpa Ribet dan Tips untuk Menambah Penonton

Image title
26 Agustus 2021, 15:32
Ilustrasi cara live di TikTok
cottonbro/pexels
Ilustrasi cara live di TikTok.

TikTok adalah aplikasi media sosial yang sangat populer untuk berbagi video, terutama di kalangan muda. TikTok merupakan anak perusahaan dari perusahaan Tiongkok, Bytedance, dan dirilis pada 2017.

Menurut statistik dari Data Reportal, pengguna aktif TikTok mencapai 689 juta dengan total jumlah unduhan video mencapai 2 miliar. Sebanyak 53% penggunanya pria dan 47% wanita.

Aplikasi TikTok memungkinkan pengguna untuk membuat video berdurasi 15 detik dengan latar suara berisi musik. Konsep tersebut terdengar cukup sederhana, tetapi sangat populer. Berbagai merek, selebriti, influencers, serta pemula yang kreatif dapat membagikan ide mereka dan seringkali menjadi viral.

TikTok memiliki banyak fitur, salah satunya fitur Live. Fitur siaran langsung ini memungkinkan pembuat konten cara yang efektif untuk terlibat dengan pemirsa mereka, meningkatkan jumlah penonton, dan berpotensi menghasilkan uang.

Menggunakan fitur Live TikTok memberi Anda kesempatan untuk berbagi lebih banyak hal melalui video yang berdurasi panjang. Anda juga dapat terhubung langsung dengan para pengikut secara langsung atau real-time. Berikut langkah-langkah cara live di TikTok

Cara Live di TikTok

Jika ingin siaran langsung di TikTok, Anda harus berusia 16 tahun ke atas dan memiliki lebih dari seribu pengikut. Pengguna berusia 18 tahun atau lebih juga bisa mendapatkan poin saat melakukan hal ini.

Ikuti langkah berikut untuk menggunakan fitur Live TikTok:

  1. Untuk mengakses fitur Live di TikTok, buka aplikasi dan ketuk ikon kamera “+”.
  2. Selanjutnya, pilih opsi "LIVE" dari bilah navigasi di bagian bawah layar.
  3. Pilih gambar dan tulis judul untuk siaran Anda.
  4. Selanjutnya, pilih "LIVE".
  5. Pengikut Anda akan melihat notifikasi ketika siaran langsung berlangsung.
  6. Jika ingin selesai live, tekan "X" di sudut kiri atas layar untuk berhenti merekam.

Anda dapat melakukan streaming hingga delapan jam dan video akan disimpan di feed Anda setelah selesai sehingga orang yang ketinggalan dapat menontonnya.

Cara Live Bareng di TikTok

TikTok Live memungkinkan pengguna untuk siaran langsung kepada pengikut mereka dan mengundang orang lain untuk bergabung. Ikuti langkah-langkah berikut untuk sirang langsung dengan pengguna TikTok lainnya.

  1. Masuk ke akun TikTok Anda dan klik tombol plus atau "+".
  2. Pilih opsi LIVE di bagian bawah layar kamera.
  3. Setelah itu tekan tombol Go Live.
  4. Untuk melakukan live bareng, ketuk ikon di sudut kiri bawah layar.
  5. Akan muncul jendela dengan daftar host.
  6. Klik tombol undang untuk mengajak orang dalam TikTok Live.
  7. Pengguna yang diajak siarang langsung dapat menerima atau menolak saran Anda.

Cara Bergabung dengan Live Orang Lain

Pada bagian komentar akan muncul tombol dengan dua wajah tersenyum. Untuk bergabung dengan live orang tersebut, tekan tombol dua wajah tersenyum itu.

Sebuah permintaan untuk bergabung akan dikirim. Host dapat memilih untuk menerima atau mengabaikan permintaan. Jika permintaan diterima, layar akan terbelah dua dan dalam hitungan mundur, Anda dapat bergabung dengan live host.

Aturan Live di TikTok

Anda harus memperhatikan aturan sebelum menggunakan fitur Live di TikTok. Konten siaran langsung di TikTok tidak boleh menyertakan hal-hal berikut:

  • Konten kebencian yang menargetkan komunitas tertentu.
  • Konten penuh teror.
  • Konten pornografi atau konten seksual eksplisit.
  • Kekerasan pada manusia atau hewan.
  • Tindakan pembunuhan.
  • Perilaku asusila di bawah umur.
  • Penipuan, kejahatan dunia maya, atau pencucian uang.
  • Penculikan atau pemerasan.
  • Perdagangan atau konsumsi narkoba.
  • Perdagangan manusia atau organ.
  • Tindakan melukai diri sendiri atau bunuh diri.

Tips Membuat Konten Live di TikTok

Agar konten Live lebih menarik dan mendapatkan banyak penonton, TikTok memberikan daftar tips untuk dipertimbangkan, yaitu:

  • Waktu siaran. Pilih waktu terbaik untuk streaming saat banyak pengguna sedang banyak yang aktif.
  • Durasi. Sesi siaran live dibatasi 8 jam. Tetapi, TikTok merekomendasikan bahwa durasi 30 menit merupakan yang terbaik.
  • Tetap aktif. Sebaiknya unggah video sebelum live di TikTok. Dengan demikian, jika pengikut sedang melihat unggahan video saat Anda live, maka ikon khusus akan muncul yang mengarahkan mereka untuk melihat siaran langsung Anda.
  • Pencahayaan. Pencahayaan yang baik dapat membuat perbedaan pada kualitas video Anda. Saat menyiapkan siaran langsung, gunakan area yang cukup terang.
  • Suara. Pastikan untuk streaming dari tempat yang tenang sehingga pengguna dapat mendengar Anda.
  • Koneksi internet. Pastikan koneksi internet yang stabil agar live streaming tidak terkendala.
  • Posisi kamera. Pertimbangkan untuk memilih satu sudut kamera. Terlalu banyak mengubah posisi selama streaming dapat membuat penonton tidak nyaman.
  • Buat rencana. Meskipun tidak memerlukan skrip, ada baiknya memiliki rencana yang solid sebelum live di TikTok. Pertimbangkan serangkaian poin pembicaraan untuk membuat live berjalan lancar.
  • Interaktif. Bagian terbaik dari Live di TikTok adalah berinteraksi langsung dengan pengikut Anda secara real-time. Perhatikan obrolan dan tanggapi komentar, pertanyaan, atau permintaan dari penonton Anda.
  • Keamanan. TikTok memiliki sejumlah perlindungan untuk pengguna fitur Live. Pembuat konten memiliki kemampuan untuk filter komentar, mematikan komentar, dan memblokir seseorang.

TikTok adalah media sosial yang baik untuk terhubung dengan audiens Anda dan menambah pengikut. Fitur Live di TikTok dapat dijadikan peluang lain bagi influencer dan pemasar untuk membangun audiens mereka. Fitur ini dapat menjadi cara yang bagus untuk menjangkau lebih banyak orang, menghasilkan prospek, dan bahkan mendapatkan uang.

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait