Sorta Tobing
11 November 2022, 16:00

Video: Soal Penurunan Emisi, Luhut Tegaskan RI Tak Bisa Didikte AS

Pemerintah Indonesia telah berhasil melakukan negosiasi untuk mengurangi emisi karbon dengan Amerika Serikat. Salah satu syarat yang pemerintah ajukan adalah tidak boleh mengganggu pertumbuhan ekonomi RI.

Selain itu, pemerintah juga meminta agar teknologinya tidak mahal dan dapat segera diimplementasikan. Terakhir, apabila AS memberikan pinjaman, maka bunganya harus dari negara maju. 

“Karena kalau interest-nya dengan negara berkembang, what’s the point?” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers Indonesia Net Zero Summit 2022 di Nusa Dua, Bali, Jumat (11/11). 

Dalam rangka mendukung kampanye penyelenggaraan G20 di Indonesia, Katadata menyajikan beragam konten informatif terkait berbagai aktivitas dan agenda G20 hingga berpuncak pada KTT G20 November 2022 nanti. Simak rangkaian lengkapnya di sini.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.