Target Produksi 60 Juta Ton, Adaro Utamakan Kontrak Jangka Panjang

Muhamad Fajar Riyandanu
27 Juni 2022, 20:35
Target Produksi 60 Juta Ton, Adaro Utamakan Kontrak Jangka Panjang
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Adaro Energy Indonesia

PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) akan lebih memprioritaskan permintaan pelanggan kontrak jangka panjang ketimbang mengejar pangsa ekspor ke negara Eropa di tengah momentum tingginya harga batu bara.

Head of Corporate Communication Adaro Energy, Febriati Nadira mengatakan, produksi batu bara Adaro hingga kuartal I 2022 mencapai 12,15 juta ton dengan komposisi penjualan domestik mencapai 30%. "Saat ini kami fokus untuk memenuhi permintaan pelanggan yang mayoritas telah memiliki kontrak jangka panjang," kata Nadira melalui pesan singkat pada Senin (27/6).

Ira menjelaskan, target pasar ekspor batu bara Adaro mayoritas menyasar pada wilayah Asia Timur dan Asia Tenggara dengan masing masing porsi 27% dan 17%. Dilanjutkan dengan penjualan ke India sebesar 13%, Cina 10%, dan sebanyak 2% ke negara-negara Eropa. Lebih lanjut, walau harga batu bara melonjak tinggi di tengah krisis energi negara Eropa, PT Adaro Energy Indonesia juga tak akan merevisi target produksi dalam Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) pada pertengahan tahun ini.

"Hingga saat ini belum ada perubahan panduan Adaro di 2022. Target produksi batu bara 58—60 juta ton," sambung Nadira.

Adapun, harga batu bara di pasar Ice Newcastle pada Senin (27/6) sore berada di level US$ 395 per ton. Angka ini turun 1,25% dari harga US$ 400 per ton pada pekan kemarin.

Sebelumnya diberitakan, Direktur Pembinaan Pengusahaan Batu bara Kementerian ESDM Lana Saria mengatakan, saat ini sejumlah negara Eropa tengah melirik batu bara Indonesia untuk ketahanan energi selama musim dingin. Eropa kembali berburu pasokan batu bara untuk menyalakan kembali pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Kebijakan ini setelah Rusia memangkas pengiriman gas ke kawasan tersebut. Bahkan Moskow berencana menghentikan sepenuhnya ekspor gas ke kawasan tersebut pada Agustus 2022.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...