BEI Ubah Hari Libur Perdagangan Jelang Lebaran, Ini Jadwalnya

Dengan adanya libur cuti bersama, total hari efektif bursa pada Mei menjadi 14 hari. Hal itu juga akan mengurangi hari perdagangan di BEI pada tahun ini, dari sebelumnya 250 hari menjadi 246 hari.
Image title
25 April 2022, 09:50
BEI Ubah Hari Libur Perdagangan Jelang Lebaran, Ini Jadwalnya
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj.
Karyawan melintas di dekat layar monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta.

Bursa Efek Indonesia (BEI) resmi mengubah jadwal hari libur perdagangan menjelang hari raya Idul Fitri tahun ini. Adapun, pekan ini menjadi pekan terakhir perdagangan saham di BEI sebelum libur panjang lebaran.

Seiring dengan ditetapkannya cuti bersama oleh pemerintah, jadwal hari libur perdagangan bursa pada lebaran tahun ini jatuh pada tanggal 29 April, Kemudian, pada hari raya Idul Fitri 2-3 Mei.

Lalu, bursa masih akan libur pada 4 hingga 6 Mei 2022 bersamaan dengan cuti bersama yang ditetapkan. Sehingga, bursa akan memulai kembali perdagangannya pada 9 Mei 2022 mendatang.

Dengan adanya libur cuti bersama, total hari efektif bursa pada Mei menjadi hanya 14 hari. Hal itu juga akan mengurangi hari perdagangan bursa pada tahun ini, dari sebelumnya 250 hari menjadi 246 hari.

Advertisement
IHSG
IHSG (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj.)

 

Libur Tahun Baru 2022 pada 1 Januari, Hari Buruh Internasional pada 1 Mei, Hari Raya Idul Adha 1443 H pada 9 Juli, Tahun Baru Islam 1444 H pada 30 Juni, Maulid Nabi Muhammad SAW pada 8 Oktober, dan Hari Raya Natal 25 Desember tidak dimasukkan ke dalam daftar kalender libur bursa karena jatuh pada hari Sabtu dan Minggu.

Perubahan kalender libur bursa dapat disesuaikan kembali apabila terjadi perubahan kegiatan kliring pada kalender operasional Bank Indonesia, atau karena adanya pengumuman pemerintah mengenai peniadaan kegiatan kerja pada hari tertentu.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan, keputusan cuti bersama akan diatur dalam keputusan bersama menteri. Ia juga mengingatkan warga agar waspada lantaran pandemi belum usai, dan meminta masyarakat diminta tetap patuh protokol kesehatan.

"Segera melengkapi vaksinasi booster dan harus tetap jaga protokol kesehatan," kata Jokowi pada keterangan pers, Rabu (6/4).

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait