Hasil survei sejumlah lembaga mencatat elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin masih unggul dari rivalnya pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Namun, trennya semakin menurun dibandingkan hasil survei sebelumnya. Hal ini akan berpengaruh pada potensi kemenangan Jokowi sebagai petahana.

Indikator Politik Indonesia mencatat tren elektabilitas Jokowi-Ma'ruf mengalami penurunan berdasarkan hasil survei Februari hingga September 2018. Pada Februari 2018, elektabilitas Jokowi mencapai 61,8%. Sebulan kemudian, angkanya turun menjadi 60,6%. Elektabilitas Jokowi kembali melemah pada Juli 2018 sebesar 59,9% dan turun lagi menjadi 57% pada survei September lalu.

Advertisement

Meski turun, perolehan suara Jokowi-Ma’ruf masih unggul dibandingkan lawannya dalam Pilpres 2019, Prabowo-Sandi. Hasil survei September, suara Jokowi-Ma'ruf masih lebih tinggi 25,4% dari perolehan Prabowo-Sandiaga yang hanya 32,3%. Sementara, responden yang mengaku tidak akan memilih dan tidak menjawab sebesar 10%.

(Baca juga: Survei Indikator: Belum Aman, Tren Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Turun)

"Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf tinggi, tapi masih termasuk kategori belum aman mengingat pilpres masih tujuh bulan lagi," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi di kantornya, Jakarta, Rabu (26/9). 

Menurutnya, ada kemungkinan pemilih yang beralih dukungan menjelang pilpres. Hingga saat ini, masih ada 4,6% responden yang sangat besar kemungkinannya untuk mengubah pilihan kandidat Pilpres 2019. Sebanyak 20,4% responden menyatakan cukup besar kemungkinannya untuk bisa mengubah pilihan.

Di sisi lain, tren elektabilitas Prabowo cenderung naik dan turun selama periode yang sama. Survei Indikator pada Februari 2018 menunjukkan bahwa elektabilitas Prabowo sebesar 29,4%. Perolehan suara Prabowo pada Maret 2018 turun menjadi 29% dan meningkat pada Juli 2018 menjadi 32,1%. Namun kemudian turun sebesar 0,8% pada survei September ini.

(Baca: Survei: #2019GantiPresiden Genjot Elektabilitas Prabowo-Sandi)

Lembaga lain, Media Survei Nasional (Median) yang baru merilis hasil surveinya 16 November lalu, menunjukkan elektabilitas Jokowi-Ma'ruf sebesar 47,7%. Selisihnya hanya 12,2% dibandingkan suara pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebesar 35,5%. Dari survei ini, sebanyak 16,8% responden menyatakan belum menentukan pilihan.

Elektabilitas petahana yang tidak terlalu jauh selisihnya dengan Prabowo-Sandi ini perlu menjadi bahan evaluasi bagi pasangan Jokowi-Ma'ruf. "Artinya, keunggulan ini masih bisa disamakan Prabowo kalau mereka ingin mengejar," kata Rico dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (27/11).

Jika dirinci, masalah yang menjadi perhatian responden dalam survei Median adalah ekonomi dan kemiskinan 26,2%, lapangan pekerjaan 9,4%, harga sembako 7,7%, dan utang negara 1,6%. Lalu, tenaga kerja asing 1,2%, kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) 1%, stabilitas rupiah 0,7%, subsidi listrik 0,5%, bantuan tidak tepat sasaran 0,3%, dan Upah Minimum Regional 0,2%.

(Baca: Rebutan Ulama Demi Gaet Suara Muslim di Pilpres 2019)

Hasil survei ini juga memperlihatkan lebih banyak responden yang menyebutkan kekurangan Jokowi, yakni sebanyak 58,5%. Lima besar kekurangan petahana adalah buruknya ekonomi dan mahalnya harga sembako, BBM, dan listrik. Kemudian pembangunan belum merata 3%, ulama banyak kasus hukum 2,4%, serta bantuan tidak tepat sasaran 2,2%.

Adapun responden yang menyebutkan keberhasilan Jokowi lebih rendah, hanya 47,6%. Lima besar keberhasilan tersebut mencakup pembangunan infrastruktur, bantuan tepat sasaran, kesehatan, pendidikan, dan ekonomi yang cenderung stabil.

Terkait persoalan ekonomi, survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA berbeda. Dalam survei ini, 70,3% responden LSI menilai kondisi perekonomian Indonesia saat ini masih dalam kategori baik dan sedang. Hanya 24,7% responden yang menilai kondisi ekonomi Indonesia buruk dan 5% lainnya tidak tahu atau tidak menjawab.

LSI mencatat elektabilitas pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebesar 53,2%, unggul dibandingkan dengan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan elektabilitas 31,2%. Jokowi-Ma'ruf unggul karena mayoritas pemilih menganggap kondisi ekonomi stabil.

"Dua bulan masa kampanye, Jokowi-Ma'ruf stabil unggul di atas 20% terhadap Prabowo-Sandi," ujar Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa di Jakarta, Selasa (27/11). Dalam survei ini, responden yang belum menentukan pilihannya sebanyak 15,6%. (Baca: Survei LSI: Ma'ruf Gerus Elektabilitas Jokowi, Sandi Naikkan Prabowo)

Beberapa kebijakan yang akan dikeluarkan Jokowi juga berpotensi menambah penurunan elektabilitasnya dalam Pilpres 2019, salah satunya relaksasi Daftar Negatif Investasi (DNI). Dalam kebijakan ini, pemerintah akan membuka 54 sektor usaha untuk asing. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo mengaku banyak mendapatkan keluhan dari masyarakat.

Kebijakan DNI yang masuk dalam Paket Kebijakan Ekonomi 16 ini dinilai dapat merugikan dunia usaha. Terutama usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), yang selama ini bermain dalam sektor-sektor usaha yang akan dibuka untuk asing. "Ini (bisa) men-downgrade elektabilitas Presiden yang sedang mencalonkan kembali pada Pilpres 2019," kata Bambang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami
Advertisement