India Hentikan Ekspor Gandum, Bagaimana Dampaknya ke Indonesia?

Tia Dwitiani Komalasari
17 Mei 2022, 16:44
Ilustrasi gandum
Pixabay

India melarang ekspor gandum untuk sementara guna meredam kenaikan harga di dalam negeri. Kondisi tersebut menyebabkan harga gandum dunia langsung melejit tinggi.

Menanggapi hal itu, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, pemerintah Indonesia sedang mempelajari dampak larangan ekspor India ke Indonesia. Indonesia mengimpor sepertiga kebutuhan tepung gandum dari negara Asia Selatan tersebut.

“Tapi ini maasalah internasional yang dimana semua negara memprioritaskan kepentingan nasionalnya. Seperti kita memprioritskan kepentingan nasional. Kita mengerti apa yang mereka (India) maksud,” ujarnya di Jakarta, Selasa (17/5).

Dia mengatakan, Indonesia masih memiliki stok tepung gandum untuk tiga bulan ke depan. Oleh sebab itu, kebijakan India tidak akan berdampak langsung ke dalam negeri dalam waktu dekat.

”Jadi kita berprinsip, abis tiga bulan ini baru kita omongin,” ujarnya.

India menetapkan kebijakan larangan ekspor gandum untuk mengendalikan harga domestik yang mencetak rekor tertinggi. Pemerintah India hanya mengizinkan ekspor untuk izin yang terlanjur diterbitkan sebelum larangan ekspor diumumkan.

“Larangan tidak selamanya dan dapat direvisi,” kata pejabat senior pemerintah pada konferensi pers seperti dikutip dari Reuters.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...