Mengapa Fluktuasi Harga Cabai Tinggi dan Sulit Dikendalikan?

Andi M. Arief
21 Juni 2022, 19:58
Pedagang menunjukkan cabai dagangannya di Pasar Kranggan, Yogyakarta, Selasa (21/6/2022).
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/tom.
Pedagang menunjukkan cabai dagangannya di Pasar Kranggan, Yogyakarta, Selasa (21/6/2022).

Komoditas cabai kerap memiliki fluktuasi yang tinggi karena bisa melambun tinggi di satu waktu, lalu anjlok di masa tertentu. Hingga saat ini, pemerintah belum berhasil meredam fluktuasi harga cabai yang tinggi tersebut.

Ketua Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (Perhepi), Bayu Krinsamurthi, menilai cabai merupakan bahan pangan yang tidak bisa disimpan dalam jangka waktu lama. Dengan demikian, kondisi stok cabai sangat berpengaruh pada cuaca dan musim panen.

Sebenarnya, fluktuasi harga cabai bisa ditekan jika ada stok penyangga atau buffer stock bagi komoditas cabai. Iru berarti, sebagian cabai yang dipanen akan diolah terlebih dahulu sehingga bisa disimpan dalam waktu lama. 

Namun demikian, Bayu mengatakan, strategi stok penyangga atau buffer stock untuk komoditas cabai sulit dilakukan karena masyarakat Indonesia lebih menyukai konsumsi cabai segar. Selain itu, penyimpanan cabai agar tetap segar masih sangat mahal.

"Jadi, solusi stok cabai segar belum bisa jadi opsi yang feasible saat ini. Untuk cabai, lebih managable untuk menyebar produksi, baik antar daerah ke daerah dan ntar waktu," kata Bayu kepada Katadata.co.id, Selasa (21/6). 

 Bahan Pangan Nasional (BPN) mendata harga cabai di pengecer dapat mencapai Rp 95.000 - Rp 100.000 per Kg. Oleh karena itu, pemerintah akan memfasilitasi pendistribusian cabai rawit merah dan bawang merah dari wilayah surplus ke wilayah defisit.

"Adapun sumber cabai rawit merah yang harganya paling murah saat ini ada di Sulawesi Selatan dengan harga di tingkat petani kisaran Rp 50.000 - 55.000/Kg," kata Kepala BPN Arief Prasetyo Adi belum lama ini. 

Arief juga menargetkan harga cabai merah dapat mencapai Rp 60.000 - Rp 65.000 degan strategi tersebut. Artinya, ada penurunan harga hingga 84,61% dari harga cabai merah saat ini di rentang Rp 100.000 - RP 120.000 per Kg. 

Maka dari itu, Arief mengatakan akan memasok kebutuhan cabai di beberapa pasar DKI Jakarta dari Sulawesi Selatan. Beberapa pasar yang dimaksud adalah Pasar Induk Kramat Jati, Pasar Induk Tanah Tinggi, Pasar Induk Cibitung. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...