Bukan Ukraina, Ini Negara Pemasok Gandum Terbesar ke Indonesia

Tia Dwitiani Komalasari
15 Agustus 2022, 16:50
Ilustrasi, panen gandum di Amerika Serikat, salah satu negara penghasil gandum terbesar di dunia
Unsplash/Darla Hueske
Ilustrasi, panen gandum di Amerika Serikat, salah satu negara penghasil gandum terbesar di dunia

Badan Pusat Statistik mencatat bahwa Indonesia telah impor biji gandum dan meslin sebanyak 5,5 juta ton pada Januari-Juli 2022. Angka tersebut turun dibandingkan impor biji gandum dan meslin periode yang sama tahun lalu sebanyak 6,2 juta ton.

Sementara impor biji gandum dan meslin bulan ini mencapai 604 ribu ton.  Gandum merupakan salah satu komoditas yang banyak digunakan di Indonesia untuk bahan baku roti, mie dan makanan lainnya.

Advertisement

"Sumber impor biji gandum dan meslin Indonesia terdiversifikasi pada beberapa negara. Impor tersebut berasal dari delapan negara.,"kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Setianto, saat konferensi pers secara daring, Senin (15/8).

Dia mengatakan, komposisi negara importir biji gandum dan meslin ke Indonesia tersebut juga berubah. Namun demikian, India merupakan negara yang konsisten menjadi importir biji gandum dan meslin ke tanah air.

Berikut negara pemasok impor biji gandum dan miselin ke Indonesia:

1. Australia
Negara Kangguru ini merupakan pemasok terbesar biji gandum dan meslin ke Indonesia yaitu berkontribusi hingga 37,4% atau 2,06 juta ton pada periode Januari-Juli 2022. Namun demikian, jumlah ini merosot drastis dibandingkan periode yang sama tahun lalu mencapai 3,29 juta ton.

2. Argentina
Di tempat kedua ada Argentina yang memasok 1,47 juta ton atau 26,7% dari impor biji gandum dan meslin Indonesia pada Januari-Juli 2022. Jumlah ini meningkat dari periode yang sama tahun lalu sebesar 585 ribu ton.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement