Bukan Ukraina, Ini Negara Pemasok Gandum Terbesar ke Indonesia

Terdapat delapan negara yang memasok gandum ke Indonesia pada periode Januari-Juli 2022.
Tia Dwitiani Komalasari
15 Agustus 2022, 16:50
Ilustrasi, panen gandum di Amerika Serikat, salah satu negara penghasil gandum terbesar di dunia
Unsplash/Darla Hueske
Ilustrasi, panen gandum di Amerika Serikat, salah satu negara penghasil gandum terbesar di dunia

Badan Pusat Statistik mencatat bahwa Indonesia telah impor biji gandum dan meslin sebanyak 5,5 juta ton pada Januari-Juli 2022. Angka tersebut turun dibandingkan impor biji gandum dan meslin periode yang sama tahun lalu sebanyak 6,2 juta ton.

Sementara impor biji gandum dan meslin bulan ini mencapai 604 ribu ton.  Gandum merupakan salah satu komoditas yang banyak digunakan di Indonesia untuk bahan baku roti, mie dan makanan lainnya.

"Sumber impor biji gandum dan meslin Indonesia terdiversifikasi pada beberapa negara. Impor tersebut berasal dari delapan negara.,"kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Setianto, saat konferensi pers secara daring, Senin (15/8).

Dia mengatakan, komposisi negara importir biji gandum dan meslin ke Indonesia tersebut juga berubah. Namun demikian, India merupakan negara yang konsisten menjadi importir biji gandum dan meslin ke tanah air.

Advertisement

Berikut negara pemasok impor biji gandum dan miselin ke Indonesia:

1. Australia
Negara Kangguru ini merupakan pemasok terbesar biji gandum dan meslin ke Indonesia yaitu berkontribusi hingga 37,4% atau 2,06 juta ton pada periode Januari-Juli 2022. Namun demikian, jumlah ini merosot drastis dibandingkan periode yang sama tahun lalu mencapai 3,29 juta ton.

2. Argentina
Di tempat kedua ada Argentina yang memasok 1,47 juta ton atau 26,7% dari impor biji gandum dan meslin Indonesia pada Januari-Juli 2022. Jumlah ini meningkat dari periode yang sama tahun lalu sebesar 585 ribu ton.

3. Kanada
Kanada berada di posisi ketiga dengan mengimpor 694 ribu ton atau 12,6% dari total impor biji gandum dan meslin pada Januari-Juli 2022. Angka tersebut lebih rendah dari impor Januari-Juli 2021 yang mencapai 1,28 juta ton.

4. Brasil
Negara Amerika Selatan ini memasok 594 ribu ton atau 10,8% dari impor bij gandum dan meslin pada Januari-Juli 2022. Angka tersebut naik dari periode sama tahun lalu yang hanya mencapai 124 ribu ton.

5. India
India berada di posisi kelima dengan memasok 545 ribu ton biji atau 9,9% impor biji gandum dan meslin ke Indonesia periode Januari-Juli 2022. Jumlah itu naik dari periode sama tahun lalu yang hanya mencapai 124 ribu ton.

6. Amerika Serikat
Amerika Serikat memasok 104 ribu ton atau 1,9% impor biji gandum dan meslin Indonesia pada periode Januari-Juli 2022. Angka tersebut turun dari periode yang sama tahun lalu yang mencapai 411 ribu ton.

7. Moldova
Negara yang terletak antara Rumania dan Ukraina ini memasok 33,05 ribu ton atau 0,6% impor biji gandum dan meslin Indonesia periode Januari-Juli 2022. Angka tersebut naik dibandibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 6.234 ton.

8. Ukraina
Negara yang sedang berkonflik dengan Rusia ini menempati posisi terakhir dengan hanya memasok 5.509 ton atau 0,1% impor biji gandum dan meslin Indonesia periode Januari-Juli 2022. Angka tersebut turun signifikan dibandingkan periode yang sama tahun lalu mencapai 305 ribu ton.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait