Arab Saudi Sepakati Empat Penerbangan Umrah dari Bandara Kertajati

Penerbangangan umrah dari Bandara Kertajati akan dimulai November 2022.
Tia Dwitiani Komalasari
1 Oktober 2022, 13:55
Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi menemui Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi pada Kamis (29/9/2022).
Humas Kemenhub
Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi menemui Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi pada Kamis (29/9/2022).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bertemu dengan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi pada Kamis (29/9). Pertemuan tersebut menyepakati dibukanya empat penerbangan umrah dari Bandara Kertajati, Jawa Barat.

Budi mengatakan, penerbangan umrah dari Bandara Kertajati ditargetkan mulai dibuka pada November 2022. “Ini tentu menjadi kabar yang menggembirakan bagi kita semua, khususnya masyarakat di Jawa Barat dan sekitarnya yang segera bisa berangkat umroh dari Bandara Kertajati,” ujar Budi dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Katadata.co.id Sabtu (1/10).

Dia mengatakan, kesepakatan ini menjadi bukti komitmen pemerintah dan industri untuk menggeliatkan kembali penerbangan dari Bandara Kertajati usai terdampak pandemi Covid-19. Selama dua tahun lebih, Bandara Kertajati sempat mati suri karena tidak melayani penerbangn reguler.

Budi mengatakan, Bandara Kertajati juga diharapkan bisa melayani penerbangan haji pada tahun berikutnya. Pada 2022, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menetapkan kuota haji sebanyak 1 juta jemaah untuk tahun 2022.

Berdasarkan laporan Saudi Expatriates, jumlah kuota haji internasional yang diberikan ke Indonesia adalah 100.051 jemaah, paling besar dibanding negara-negara asal jemaah internasional lainnya.

Grafik:

Advertisement

Penerbangan umrah oleh Garuda dan Lion Air

Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi menyambut baik dibukannya empat penerbangan dari Kertajati menuju ke Jeddah. Ia mengatakan, upaya ini akan semakin meningkatkan kerja sama dan hubungan bilateral kedua negara yang selama ini telah terjalin dengan baik, khususnya di sektor transportasi.

“Kami akan memfasilitasi penerbangan umroh dan Insha Allah selanjutnya untuk penerbangan haji,” ucapnya dalam pertemuan tersebut.

Sebelumnya, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Udara telah mengirimkan surat kepada General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi pada 7 September 2022. Surat tersebut mengenai permohonan dukungan GACA untuk memberikan slot penerbangan umroh kepada maskapai Garuda Indonesia dan Lion Air pada November 2022 mendatang.

Kemenhub telah berkoordinasi dengan Angkasa Pura II dan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati untuk persiapan fasilitas sarana dan prasarana, termasuk personil yang bertugas di bandara.

Selain itu, Kemenhub juga telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam menyiapkan fasilitas penunjang seperti penginapan atau hotel di dekat bandara, Rumah Sakit atau klinik terdekat, dan UMKM yang menyediakan pusat jajanan atau oleh-oleh bagi keluarga yang mengantarkan calon jemaah umrah.

Pembukaan penerbangan umroh dan haji dari Bandara Kertajati sangat potensial. Berdasarkan data Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, terdapat 8.657 jemaah umrah yang berasal dari kawasan sekitar Kertajati seperti dari Bandung Raya, Ciayumajakuning, Jawa Barat, dan Jawa Tengah, yang belum berangkat ke Tanah Suci.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait