7 Proses Panjang Pemindahan Harta Karun yang Ditemukan pada Proyek MRT

Nadya Zahira
1 Oktober 2022, 18:44
Sejumlah pekerja berusaha membersihkan terakota yang berada di proyek pembangunan jalur MRT Jakarta fase 2 CP-203 di kawasan Glodok, Jakarta Barat, Selasa (20/9/2022).
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Sejumlah pekerja berusaha membersihkan terakota yang berada di proyek pembangunan jalur MRT Jakarta fase 2 CP-203 di kawasan Glodok, Jakarta Barat, Selasa (20/9/2022).

PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta menemukan sejumlah cagar budaya saat pembangunan MRT fase 2 yang menghubungkan antara Stasiun Bundaran HI dan Stasiun Kota. Cagar budaya yang merupakan harta karun berusia lebih dari 100 tahun tersebut rencananya akan dipindahkan dan dipajang di museum yang akan dibangun di Stasiun Kota.

Arkeolog Junus Satrio Atmodjo mengatakan terdapat sejumlah cagar budaya yang ditemukan saat pembangunan MRT. Cagar budaya tersebut diantaranya saluran air kuno Batavia, trem, struktur jembatan glodok, dan sejumlah artefak.

 Junus mengatakan, bahwa pihaknya selalu memastikan agar pengerjaan proyek MRT tidak merusak cagar budaya. Sejumlah penemuan tersebut nantinya akan dilestarikan dalam museum yang rencananya akan didirikan di dalam Stasiun MRT Kota.

Namun demikian, pemindahan harta karun ditemukan tersebut tidaklah mudah. dan membutuhkan waktu hingga bebrulan-bulan. Adapaun tahap pemindahan harta karun tersebut adalah:

1.  Pengecekan struktur. Proses ini dilakukan agar mengetahui komponen-komponen dari cagar budaya.

2. Pembersihan, lalu

3. Dokumentasi

4. Pencatatan dari setiap cagar budaya,

5. Pemberian label untuk setiap objek

6. Pelepasan dari tempat ditemukan

7. Pemindahan ke museum

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...