Alat Sensor Bayar Tol Tanpa Henti Dipasang di Tol Jagorawi dan JORR S

Tia Dwitiani Komalasari
24 Oktober 2022, 07:41
MLFF
BPJT.pu.go.id

Pemerintah segera menerapkan sistem pembayaran tol nontunai nirsentuh atau bayar tol tanpa henti (Multi Lane Free Flow/ MLFF) berbasis aplikasi. Saat ini, gantry MLFF telah terpasang di dua lokasi yaitu  jalan tol Jagorawi KM 18+370 arah Ciawi dan  jalan tol JORR S KM33+635.

Dikutip dari situs BPJT,  pemasangan pertama gantry MLFF telah dilakukan di jalan tol Jagorawi KM 18+370 arah Ciawi pada 19-20 Oktober 2022. Sementara pemasangan kedua dilakukan di jalan tol JORR S KM33+635 mulai Minggu (23/10) pukul 22.00 WIB sampai dengan Senin (24/10) pukul 04.00 WIB.

PT Hutama Karya (Persero) sebagai operator tol ruas JORR S telah berkoordinasi dengan Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR dan PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) sebagai pelaksana MLFF untuk memastikan pekerjaan berjalan lancar dan aman.

Uji coba bayar tol tanpa henti

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit, mengatakan pemerintah akan melakukan uji coba kedua gantry di jalan tol Jagorawi dan JORR S tersebut untuk memastikan semua sistem peralatan bekerja dengan baik.

"Gantry ini dilengkapi kamera yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligent (AI) berbasis perangkat lunak," kata Danang dalam keterangan tertulis dikutip Senin (24/10).

Danang mengatakan, penerapan sistem MLFF rencananya akan dilakukan secara bertahap di beberapa ruas jalan tol. Adapun ruas mana yang akan diujicobakan, masih dalam tahap pembahasan.

"Untuk tahap awal implementasi dimulai dengan masa transisi pada beberapa ruas jalan tol, dimana sebagian gardu pada setiap gerbang tol masih dapat menggunakan kartu tol elektronik," ujar Danang.

Dia mengatakan, nantinya seluruh ruas tol akan memberlakukan MLFF. Dengan demikian, tidak ada lagi pembatas di gerbang tol.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...