Motor Listrik Akan Disubsidi Rp 6,5 Juta, Ini Daftar dan Harganya

Pemerintah berencana memberikan subsidi pembelian motor listrik sebesar Rp 6,5 juta per unit sehingga harganya lebih terjangkau oleh masyarakat.
Nadya Zahira
1 Desember 2022, 08:29
Model berpose di samping sepeda motor listrik di stan Yamaha dalam pembukaan Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (2/11/2022).
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Model berpose di samping sepeda motor listrik di stan Yamaha dalam pembukaan Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (2/11/2022).

Pemerintah berencana memberikan pembelian motor listrik sebesar Rp 6,5 juta per unit sehingga harganya lebih terjangkau oleh masyarakat. Saat ini, setidaknya sudah ada delapan motor listrik yang bisa dibeli dan mengaspal di Indonesia.

"Kemarin Sri Mulyani ke kantor saya, saya bilang besok (hari ini) kita bicarakan lagi berapa persisnya subsidi untuk sepeda motor dan mobil listrik," ujar Menteri Koordinator Bidang kemaritiman dan Investasi, Luhut binsar Pandjaitan, dalam Wealth Wisdom 2022 Permata Bank x Katadata di Jakarta, Selasa (29/12). 

Luhut mengatakan insentif dibutuhkan untuk mengembangkan industri motor dan mobil listrik di Indonesia. Pemerintah berambisi memproduksi motor listrik mencapai 1,2 juta unit dan mobil listrik sebanyak 75.000 unit pada 2024. 

Lalu motor listrik apa saja yang sudah resmi diluncurkan dan bisa dibeli di Indonesia? Berikut ini daftarnya seperti dihimpun oleh Katadata.co.id:

1. Gesits G1

Motor listrik Gesits G1 sebelumnya resmi meluncur di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, tepatnya pada 25 April 2019.

Gesits G1 memiliki tampilan serupa dengan motor matik konvensional pada umumnya. Pengisian daya Gesits G1 hanya menggunakan kabel atau diisi daya baterainya secara terpisah. 

Motor listrik ini memiliki baterai yang terpisah dan bukan merupakan baterai tanam. Dengan demikian, pemilik bisa mengisi daya baterainya saja.

Saat ini, harga motor listrik Gesits G1 dibanderol senilai Rp 28 jutaan. 

 2. Alva One Illectra 

Ilectra Motor Group (IMG) meluncurkan sepeda motor listrik pertamanya, Alva One, pada Agustus 2022 lalu.  Motor listrik ini dilengkapi dengan mode berkendara lengkap agar performa motor efektif sesuai kebutuhan.

Bagi para pemilik Alva One nantinya bisa memilih antara mode eco, cruise, dan e-Sport. Tiap mode berkendara membatasi kecepatan maksimumnya. 

Harga motor listrik Alva One saat ini adalah mencapai Rp 34,9 jutaan. 

3. NIU Gova 03 

NIU Gova 03 merupakan motor listrik asal China, yang resmi meluncur di Indonesia pada ajang IIMS Hybrid 2021. 

Tipe ini merupakan seri entry level dari kedua unit lainnya, yaitu NIU NQI Sport dan NIU NGT. Dari segi tampilan, desainnya terbilang sederhana dan sekilas terlihat seperti motor matik konvensional pada umumnya.

Berbeda dengan Gesits G1, motor NIU Gova 03 menggunakan baterai tanam, sehingga tidak bisa dilepas-pasang.  Namun, produsen baterai Oyika menyediakan motor NIU Gova 03 versi baterai lepas-pasang, dengan biaya langganan Rp 300.000 per bulannya.

Unit NIU Gova 03 saat ini dijual senilai Rp 23,8 jutaan untuk wilayah DKI Jakarta.

4. Volta Virgo 

Volta Virgo merupakan motor listrik buatan Semarang, Jawa Tengah. Motor ini pertama kalinya meluncur di IIMS Hybrid 2022, tepatnya pada 4 April 2022 yang lalu. 

Motor listrik ini memiliki tampilan yang hampir serupa dengan NIU Gova 03. Namun berbeda dengan NIU Gova 03, Volta Virgo memiliki baterai yang dapat ditukar pakai di lokasi swap point terdekat. 

Motor ini juga memakai suara artifisial, mirip dengan suara knalpot. Motor listrik ini dibanderol seharga Rp 15,4 jutaan untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

 5. Selis E-Max 

Selis E-Max merupakan motor listrik di bawah naungan PT Juara Bike yang merupakan dari hasil riset internal terkait kebutuhan dan potensi popularitas motor listrik di Indonesia. Motor ini resmi diluncurkan di Indonesia pada tahun 2019 lalu.

Baterai yang dipakai adalah baterai swap, bukan baterai tanam. Dengan demikian, pengisian daya lebih praktis dan mudah.

 Berdasarkan keterangan dari laman resminya, motor listrik Selis E-Max dibanderol seharga Rp 28 juta untuk baterai ganda, dan Rp 22 juta untuk baterai tunggal. 

6. Viar Q1

 Skutik listrik Viar Q1 diluncurkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 lalu. Motor listrik ini memiliki tampilan yang cukup mirip dengan NIU Gova 03.

 Motor ini dilengkapi dengan eksterior yang mengusung konsep retro atau jadul. Viar Q1 juga ditargetkan untuk konsumen umum yang menggunakan kendaraan beroda dua untuk perjalanan pendek dan sedang. 

 Sebagai informasi, motor listrik ini sering menjadi armada layanan transportasi online, Grab, dalam waktu satu tahun terakhir ini. Unit Viar Q1 saat ini dibanderol seharga Rp 18 jutaan.

7. United T1800 

United T1800 sebelumnya dikenal dengan sebagai produsen sepeda, namun saat ini perusahaan tersebut meluncurkan motor listrik pada akhir tahun 2020 lalu, tepatnya pada tanggal 13 Desember 2020. 

 Motor listrik ini memiliki mode berkendara yang hampir sama dengan Gesits G1, yakni dapat dibatasi kecepatannya, yaitu 50 kpj, 60 kpj, dan 70 kpj. 

 Jarak tempuh maksimalnya diklaim bisa mencapai 130 per km. Harga motor listrik United T1800 saat ini, untuk tipe standar atau satu baterai dibanderol seharga Rp 27,5 juta. Sedangkan United T1800 CM seharga Rp 33,5 juta, dan United T1800 TM dengan dua baterai seharga Rp 34,2 jutaan.

8. ECGO-2 

Motor listrik ECGO-2 resmi meluncur di pameran GIIAS tepatnya pada Juli 2019. Motor listrik ini memiliki keunikan, yaitu dilengkapi dengan pedal untuk gowes layaknya sepeda. Dengan demikian, motor bisa tetap bergerak walaupun daya baterainya telah habis. 

Serupa dengan NIU Gova 03 dan Viar Q1, desain motor ini mengusung konsep retro dan jadul yang unik dan minimalis. Motor listrik ini dilengkapi dengan lampu utama dan DRL-nya yang sudah menggunakan LED. 

 Motor ini dibanderol seharga Rp 11 juta. Selain itu, kendaraan roda dua ini juga menyediakan penawaran sewa baterai untuk para penggunanya, dengan harga Rp 95.000 untuk satu bulan.

Reporter: Nadya Zahira
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait