Dulu Buruh Karet, Terry Gou Kini Sukses Dirikan Pabrik Raksasa Foxconn

Nadya Zahira
1 Desember 2022, 05:35
Terry Gou
Foxconn.com
Terry Gou

Foxconn akan membangun pabrik kendaraan listrik terutama bus listrik di Kaawasan Industri Batang, Jawa Tengah pada awal 2023. Selain itu, Foxconn juga akan berinvestasi untuk mengembangkan baterai kendaraan listrik.

"Mereka akan mulai groundbreaking di awal tahun depan. Mereka akan masuk di ekosistem mobilnya terutama bus, dan mereka akan melakukan investasi di ekosistem baterai mobilnya" ujar Bahlil di Sela Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20, di Dua Nusa, Bali, malam Rabu (16/11).

Bahlil mengatakan, Foxconn juga akan melakukan investasi di ibu kota negara (IKN) Nusantara. Saat ini, pihaknya tengah melakukan kajian mengenai pengajuan investasi tersebut.

Dia mengatakan, Foxconn akan membangun investasi IKN di bidang teknologi. Seperti diketahui, IKN Nusantara dibangun degan konsep smart city yang menggunkan teknologi terbaru.

"Foxcon punya keinginan dan sudah menyampaikan langsung kepada Bapak Presiden ya, ketertarikan Foxcon untuk masuk dalam investasi di IKN," ujarnya.

Pembuat iphone terbesar di dunia

Foxconn Technology Group merupakan perusahaan ternama yang dibawahi langsung dari Hon Hai Precision Industry yang berlokasi di Taiwan. Foxconn dikenal sebagai perusahaan manufaktur elektronik terbesar di dunia yang didirikan oleh Terry Gou.

Saat ini Foxconn fokus untuk memenuhi permintaan gawai dunia yang terus meningkat. Pabrik Foxconn di  Zhengzhou, Cina, bahkan dikenal sebagai produsen terbesar iPhone dunia.

Tidak hanya iPhone, Foxconn juga mengembangkan peralatan jaringan komunikasi, peralatan layanan cloud, alat presisi, dan robot industri. Berkat pengembangan produknya, Foxconn saat ini sudah dikenal dunia sebagai perusahaan teknologi informasi terbesar ketiga dalam hal pendapatan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...