Potensi Banjir, Tiga Pintu Air Jakarta Status Siaga dan Waspada

Tia Dwitiani Komalasari
28 Desember 2022, 10:45
Pekerja menyelesaikan proyek Sodetan Museum Bahari di Jakarta Utara, Kamis (24/11/2022). Pengerjaan Sodetan Museum Bahari tersebut untuk mengendalikan banjir dan mengurangi beban tampungan area Waduk Pluit, dengan cara membendung air di pintu air pasar ik
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp.
Pekerja menyelesaikan proyek Sodetan Museum Bahari di Jakarta Utara, Kamis (24/11/2022). Pengerjaan Sodetan Museum Bahari tersebut untuk mengendalikan banjir dan mengurangi beban tampungan area Waduk Pluit, dengan cara membendung air di pintu air pasar ikan yang menyebabkan permukaan air naik sehingga pompa pasar ikan berfungsi lebih optimal.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG menyatakan akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di Jakarta pada hari ini, Rabu (28/12). Hujan lebat tersebut berpotensi menyebabkan banjir di sejumlah titik di Jakarta.

"Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG, pada 28 Desember 2022 pada umumnya adalah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat namun bukan badai," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangan tertulis, Selasa (27/12).

Kendati bukan badai, Guswanto tetap mengimbau kewaspadaan masyarakat dengan segala potensi bencana hidrometeorologi di penghujung tahun.

"BMKG mengimbau masyarakat agar mewaspadai dampak dari potensi cuaca ekstrem ini yaitu adanya potensi bencana hidrometeorologis," kata dia.

Hujan Lebat hingga Januari 2023

Sementara itu, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Fachri Radjab, mengatakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat bahkan sangat lebat masih berpotensi terjadi hingga awal Januari 2023.

Fachri mengatakan peningkatan curah hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat berpotensi terjadi pada tanggal 30 Desember 2022.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...