Mendag Ingatkan Bulog, Impor Beras Hanya Boleh Sampai Februari 2023

Nadya Zahira
2 Januari 2023, 14:50
Impor beras tiba di Tanjung Priok
Dokumentasi Humas Bulog

Kementerian Perdagangan mengingatkan agar Perum Bulog sudah berhenti melakukan proses impor beras pada akhir Februari 2022. Pasalnya, petani di Indonesia  diperkirakan panen raya pada Maret 2023.

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, mengatakan bahwa dirinya menerima laporan bahwa impor beras Bulog sebesar 200.000 ton belum sepenuhnya masuk ke Indonesia. Padahal, impor beras tersebut ditargetkan rampung Desember 2022.

Bulog juga dijadwalkan akan melakukan impor beras 300.000 ton lagi pada awal 2023. Sehingga total impor beras yang dilakukan Bulog mencapai 500 ribu ton.

"Dari hasil laporan yang diterima bahwa per Desember 2022 beras impor yang baru masuk ke Indonesia kurang lebih baru sebanyak 100 ribuan ton dari kuota impor sebesar 500 ribu ton, sehingga impor tersebut akan diteruskan hingga Januari 2023.," kata pria yang akrab disapa Zulhas tersebut, dalam acara Konferensi Pers Awal Tahun, di Gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta, pada Senin (2/1)

Zulhas memperingatkan Bulog untuk melakukan impor beras hanya sampai akhir Februari 2023 saja, lantaran petani di Indonesia akan mengalami panen raya pada Maret - April 2023 mendatang.

“Saya sudah kasih warning, karena nanti Maret akan ada panen raya maka Februari tidak ada lagi impor beras. Paling tidak akhir Februari sudah tidak boleh impor beras,” ujar Zulhas.

Dia menghimbau kepada petani di Indonesia untuk tidak perlu khawatir terkait adanya impor beras ini. Pasalya, Bulog nanti akan membeli hasil panen dengan harga yang tinggi.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...