Tiket Kereta Api Mudik Lebaran Sudah Bisa Dipesan Pekan Depan

Tia Dwitiani Komalasari
16 Februari 2023, 17:29
Kelompok seni Lucky's Lion mementaskan seni barongsai di gerbong Kereta Argo Parahyangan di Stasiun Bandung, Jawa Barat, Minggu (22/1/2023). Seni tersebut digelar oleh PT. KAI Daop 2 guna memeriahkan dan menghibur penumpang kereta api dalam perayaan Tahu
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/rwa.
Kelompok seni Lucky's Lion mementaskan seni barongsai di gerbong Kereta Argo Parahyangan di Stasiun Bandung, Jawa Barat, Minggu (22/1/2023). Seni tersebut digelar oleh PT. KAI Daop 2 guna memeriahkan dan menghibur penumpang kereta api dalam perayaan Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) membuka penjualan tiket kereta api pada masa Angkutan Lebaran 1444 H mulai Minggu (26/2). Pemesanan tiket dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, serta seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus, KAI menerapkan kebijakan khusus penjualan tiket Angkutan Lebaran. Kebijakan itu dengan aturan menjual tiket mulai H-45 sebelum keberangkatan. Sementara pada  kondisi normal, penjualan  tiket KA Jarak Jauh dimulai dari H-30 sebelum keberangkatan.

Dengan demikian pada 26 Februari 2023, pelanggan sudah dapat membeli tiket untuk keberangkatan 12 April 2023. Sementara cuti bersama Idul Fitri dimulain 21 April hingga 26 April 2023.

"Perubahan ini dilakukan untuk semakin meningkatkan pelayanan serta memberikan kesempatan bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanannya dengan kereta api pada masa Angkutan Lebaran," kata Joni dalam keterangan tertulis, Kamis (16/2).

Persiapan Angkutan Mudik Lebaran

Dalam rangka menghadapi Angkutan Lebaran ini, KAI akan melakukan berbagai kesiapan baik pada sarana, prasarana, maupun sumber daya manusia.

KAI bersama seluruh stakeholder akan melaksanakan kegiatan Ramp Check atau inspeksi keselamatan Standar Pelayanan Minimum di seluruh wilayah operasi kereta api. Para petugas KAI juga terus dipersiapkan untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api.

“KAI mengajak masyarakat agar menggunakan kereta api sebagai transportasi di masa Angkutan Lebaran yang aman, nyaman, dan tepat waktu,” kata Joni.

Dia juga mengingatkan kepada calon pelanggan agar teliti dalam menginput tanggal, rute, serta data diri pada saat melakukan pemesanan. Penumpang diminta merencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi perjalanan menuju stasiun. Jangan sampai keliru dan akhirnya tidak bisa mudik Lebaran.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...