Petani: Impor Beras 2 Juta Ton Imbas Pemerintah Lambat Ambil Kebijakan

Nadya Zahira
29 Maret 2023, 12:59
Petani menjemur padi hasil panen di areal persawahan Desa Beton, Kecamatan Menganti, Gresik, Jawa Timur, Kamis (2/3/2023).
ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/Zk/hp.
Petani menjemur padi hasil panen di areal persawahan Desa Beton, Kecamatan Menganti, Gresik, Jawa Timur, Kamis (2/3/2023).

Serikat Petani Indonesia menyesalkan keputusan pemerintah untuk kembali melakukan impor beras sebanyak 2 juta ton. Hal itu dinilai sebagai buntut dari lambatnya kebijakan yang diambil pemerintah terkait perberasan.

“Kami menyesalkan langkah pemerintah mengambil kebijakan impor beras. Ini merupakan buah dari buruknya pemerintah dalam menangani persoalan pangan, yang hampir tiap tahun selalu berulang,” ujar Ketua Umum Serikat Petani Indonesia, Henry Saragih, saat dihubungi Katadata.co.id, Rabu (29/3).

Pemerintah beralasan jika impor dilakukan untuk memenuhi stok cadangan beras pemerintah atau CBP. Menurut Henry, pemenuhan stok Bulog tersebut seharusnya sudah bisa diantisipasi sejak jauh-jauh hari.

Selan itu, dia meniai pemerintah lambat dalam merevisi HPP di tingkat petani. Hal itu menyebabkan penyerapan beras tidak maksimal.

"Padahal kalau hal ini dilakukan secara terukur dan jauh-jauh hari, tentu petani akan mempertimbangkan untuk menjual gabahnya kepada Bulog,” ujarnya.

Bulog Tidak Bisa Intervensi Pasar

Henry mengatakan impor beras disebabkan karena Bulog tidak menguasai CBP sejak tahun lalu. Masalah tersebut kemudian berlanjut sampai tahun ini.

Kondisi tersebut menyebabkan Bulog tidak memiliki kekuatan untuk bisa mengintervensi pasar. Oleh sebab itu, pemerintah sebelum memutuskan impor beras harus terlebih dahulu memperbaiki peran, fungsi, dan cara kerja Bulog dalam menjalankan tugasnya untuk mengatur CBP.

"Baik itu dalam menyerap gabah dari petani, ataupun prosedural-prosedural lainnya. Sehingga Bulog bisa menyerap gabah dari petani dan mendistribusikannya," ujarnya.

Dia menegaskan, petani mengusulkan agar nilai HPP tetap di Rp 5.600 per Kg karena biaya produksi sudah Rp 5.050 per Kg. Kemudian, dia menyarankan pemerintah untuk menurunkan angka HET yang sekarang terlampau tinggi. Hal itu harus dilakukan agar harga beras tidak terlampau mahal di tangan konsumen seperti saat ini. 

Turunkan Pendapatan Petani

Guru Besar Universitas Pertanian Bogor, Dwi Andreas Santosa, mengatakan keputusan pemerintah kembali impor beras sebanyak 2 juta ton pada tahun ini dinilai merugikan petani yang sedang panen raya. Pengumuman impor beras tersebut memberikan sinyal negatif karena petani sedang menikmat harga gabah yang sangat bagus saat ini.

Guru Besar Universitas Pertanian Bogor, Dwi Andreas Santosa, menilai keputusan impor beras tersebut tidak tepat. Kebijakan tersebut dapat menurunkan pendapatan petani yang sebelumnya sudah tertekan.

"Itu keputusan yang tidak tepat, karena sedang panen raya sehingga memberikan sinyal negatif untuk sedulur tani. Karena sekarang ini sedulur tani sedang menikmati harga gabah yang sangat bagus," ujar Dwi Andreas kepada Katadata.co.id pada Selasa (28/3).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...