Harga Beras Medium Tembus Rp 15.000, Mendag Imbau Beli Beras Bulog

Nadya Zahira
4 April 2023, 17:49
Pekerja memanggul karung berisi beras di gudang milik Perum Bulog Kantor Wilayah Sumsel-Babel di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (4/3/2023). Perum Bulog Kantor Wilayah Sumsel-Babel menyalurkan 6.171 ton beras medium untuk 617.121 orang penerima bantua
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc.
Pekerja memanggul karung berisi beras di gudang milik Perum Bulog Kantor Wilayah Sumsel-Babel di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (4/3/2023). Perum Bulog Kantor Wilayah Sumsel-Babel menyalurkan 6.171 ton beras medium untuk 617.121 orang penerima bantuan pangan atau rumah tangga yang berpenghasilan rendah di Provinsi Sumatera Selatan dan Bangka Belitung dan bertujuan untuk mengurangi tingkat inflasi dan stunting di dua wilayah tersebut.

Harga beras sampai saat ini masih meroket bahkan hampir mencapai Rp 15.000 per kg di Jakarta. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas menyarankan masyarakat membeli beras program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) yang digelontorkan Bulog.

Zulhas mengatakan, harga beras hasil operasi pasar Bulog dijual Rp 9.450 per kg atau Rp 47.000 per kg.

Advertisement

"Untuk mengatasinya, kalau ingin mendapatkan harga beras yang murah, belinnya beras Bulog hanya Rp 9.450 per kg, dan untuk 5 kg dibanderol Rp 47 000," ujar Zulhas saat ditemui di Bazar Ramadan, Kebayoran, Jakarta, Selasa (4/3). 

Biaya Distribusi Ditanggung Pemda

Zulhas mengatakan, bahwa Menteri dalam Negeri bersama Walikota, Bupati, dan Gubernur telah melakukan rapat  untuk membahas kenaikan harga bahan kebutuhan pokok atau Bapok, termasuk beras pada pagi ini.

Dalam rapat tersebut, Zulhas mengingatkan Pemda untuk menanggung biaya distribusi bahan pokok jika kenaikannya tidak lebih dari 5%. "Misalnya beli di Lampung, dikirim ke Jakarta, ongkosnya gratis, " ujarnya.

Jika kenaikan harga bahan pokok melebihi 5%, maka pemerintah akan menggelar bazar atau pasar murah. Hal itu seperti yang dilakukan Kementerian Perdagangan dengan Pemda DKI Jakarta, Seasa (4/4).

Bazar Ramadan selama 2 hari di 2 lokasi berbeda, pertama di Kantor Kecamatan Kebayoran Baru dan kedua di Kompleks Apartemen Kalibata City. Bazar ini mulai diselenggarakan sejak hari ini, Selasa (4/4) - Rabu (5/4).

Harga Beras Tembus Rp 15.000 per kg

Berdasarkan data dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional atau PIHPS rata-rata nasional harga beras Medium I saat ini mencapai Rp 13.450 per kg pada Selasa (4/4). Angka tersebut naik tipis dibandingkan pada pekan lalu yang mencapai Rp 13.350 per kg.  

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement