Nasional

25/8/2019, 08.45 WIB

[Special Interview] Wapres Jusuf Kalla: Bekal untuk Pemerintahan Baru

Sebentar lagi Jusuf Kalla akan mengakhiri masa tugasnya sebagai Wakil Presiden. Dia digantikan KH Ma’ruf Amin yang akan melanjutkan tugas mendampingi Presiden Joko Widodo. Ini merupakan periode kedua JK, demikian dia akrab dipanggil, menjabat sebagai wakil presiden. Sebelumnya dia pernah menjadi wakil presiden mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono pada 2004-2009.

Di ujung masa kerjanya ini, JK menyebutkan sejumlah tantangan yang akan dihadapi Indonesia di tahun-tahun mendatang. Utamanya adalah di bidang ekonomi, seiring dengan perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok.

Tarik-menarik antara dua kekuatan ekonomi dunia tersebut dikhawatirkan merembet ke negara-negara lain, termasuk Indonesia. Apalagi kedua negara itu merupakan pasar utama ekspor dunia, termasuk Indonesia. Tak hanya ekspor, investasi pun bisa merosot yang jika tidak diantisipasi akan berpengaruh terhadap penyediaan lapangan kerja di dalam negeri. “Itu tantangan yang dihadapi sekarang dan masa akan datang,” kata JK kepada Katadata.co.id beberapa waktu lalu.

Apa saja pekerjaan rumah yang belum selesai dan apa pesan JK untuk pemerintahan yang baru nanti? Simak wawancara khusus Marini Sayuti, reporter Katadata.co.id dengan Jusuf Kalla berikut ini.