Diangkat Jokowi, Jaksa Agung ST Burhanuddin Disebut Perwakilan PDIP

ST Burhanudin merupakan adik kandung politikus PDIP TB Hasanuddin.
Yuliawati
23 Oktober 2019, 10:30
Jaksa Agung ST Burhanuddin
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
ST Burhanuddin diperkenalkan Presiden Joko Widodo sebagai Jaksa Agung saat pengumuman jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk ST Burhanuddin sebagai Jaksa Agung yang diumumkan dalam formasi kabinet periode keduanya di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10). ST Burhanudin merupakan adik kandung politikus PDIP TB Hasanudin.

Sebelumnya Jokowi mengangkat Wakil Jaksa Agung Agung Arminsyah sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Jaksa Agung menggantikan Prasetyo. Pengangkatan ini tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 110/P Tahun 2019 tersebut tertanggal 18 Oktober 2019 yang mulai berlaku 20 Oktober.

Namun, mendekati pengumuman kabinet, Jokowi mengubah keputusannya, sehingga posisi Jaksa Agung berbeda dengan informasi yang beredar sebelumnya.

(Baca: Jokowi Tunjuk Agung Arminsyah sebagai Plt Jaksa Agung)

ST Burhanuddin merupakan mantan Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun) Kejaksaan Agung RI tahun 2012. Koordinator MAKI, Boyamin Saiman, menyayangkan pemilihan Burhanudin yang dianggap memiliki faktor kedekatan politik.

"Pemilihan Burhanudin berbau politik dan mengulang kembali pemilihan Jaksa Agung periode sebelumnya yakni Prasetyo yang berasal dari NasDem," kata Boyamin kepada Katadata.co.id, Rabu (23/10).
 
Dengan menghitung ST Burhanuddin, PDIP memiliki perwakilan 7 orang baik menteri dan pejabat setingkat menteri di kabinet Jokowi. Tiga politikus PDIP lawas yakni Tjahjo Kumolo, Yasonna Laoly, dan Pramono Anung menjadi wajah lama yang kembali menghuni kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin.

(Baca: Jokowi Beri Parpol Jatah 16 Menteri, PDIP Paling Banyak)

Tjahjo menjabat sebagai Menteri PAN-RB. Sedangkan Yasonna dan Pramono bertahan di posisi sebelumnya yakni Menteri Hukum dan HAM dan Sekretaris Kabinet. Selain itu, simpatisan PDIP Basuki Hadimuljono menjabat kembali sebagai Menteri PUPR.  

Wajah baru yang juga kader PDIP yakni Menteri Sosial Juliari P Batubara dan Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati. Juliari merupakan Anggota DPR Komisi VI dari PDIP periode 2019-2024 dari daerah pemilihan Jawa Tengah I. Sementara I Gusti Ayu merupakan isteri dari Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, mantan Menteri Koperasi dan UKM di kabinet kerja yang merupakan kader PDIP dari Bali.

(Baca juga: Ini Daftar Lengkap Susunan Kabinet Jokowi - Ma'ruf 2019 - 2024)

Editor: Yuliawati

Video Pilihan

Artikel Terkait