Habibie Jadi Presiden Pertama yang Dimakamkan di TMP Kalibata

Selain Habibie, belum pernah ada Presiden RI yang pernah dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta.
Dimas Jarot Bayu
Oleh Dimas Jarot Bayu
12 September 2019, 13:30
Habibie, pemakaman, TMP Kalibata
ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT
Sejumlah prajurit Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengangkat peti jenazah dari almarhum Presiden ke-3 RI, BJ Habibie menuju mobil ambulans di Rumah Jenazah Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/10/2019). Presiden ketiga RI Habibie merupakan presiden yang pertama dimakamkan di Taman Makam Kalibata.

Presiden ketiga RI Bacharudin Jusuf Habibie menjadi Kepala Negara pertama yang akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta. Belum pernah ada Presiden RI yang pernah berpusara di lokasi tersebut sampai saat ini.

Presiden pertama RI Sukarno yang wafat pada 21 Juni 1970 dimakamkan di kompleks pemakaman di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanawetan Kota Blitar, Jawa Timur. Makam Sukarno ditempatkan di joglo, bangunan khas masyarakat Jawa Timur, berdekatan dengan pusara kedua orangtuanya, Raden Mas Soekemi Sosrodiharjo dan Ida Ayu Nyoman Rei.

Presiden kedua RI Soeharto yang wafat pada 27 Januari 2008 dimakamkan di Astana Giribangun di Karanganyar, Jawa Tengah. Kompleks makam Soeharto berada di lereng Gunung Lawu.

(Baca: Sri Mulyani: Pak Habibie, Selamat Kumpul Lagi Dengan Ibu Ainun)

Ada pun, Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang wafat 30 Desember 2009 dimakamkan di kompleks Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur. Pusara Gus Dur terletak di sebelah utara pusara kakeknya yang juga pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy’ari.

Habibie sendiri dimakamkan di liang lahat berukuran 200x700 cm di kavling M120. Pusara Habibie berada di sebelah kiri makam istrinya, Hasri Ainun Besari, tepatnya kavling M121.

Di depan makam Habibie atau kavling M129 ada pusara istri Presiden Keenam Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono. Sementara makam mantan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional Widjojo Nitisastro berada di sebelah kanan pusara Habibie.

Kemudian makam Wakil Presiden ke-4 RI H Umar Wirahadikusumah dan Pahlawan Nasional Abdul Haris Nasution (AH Nasution) ada di belakang pusara Habibie.

(Baca: Luhut: Habibie Tak Pernah Ikut Campur Urusan Orang Lain Usai Pensiun)

Habibie rencananya dimakamkan di TMP Kalibata pukul 13.30 WIB. Proses pemakaman Habibie akan dilakukan secara militer.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menjadi inspektur upacara pemakaman jenazah Habibie di sana. Adapun, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin akan memimpin doa saat proses pemakaman sang teknokrat.

Sementara itu, pemerintah menetapkan hari berkabung nasional selama tiga hari untuk mengenang jasa Habibie. Masyarakat juga diimbau mengibarkan bendera setengah tiang, sebagai bentuk penghormatan.

Habibie tutup usia dalam usia 83 tahun, setelah sempat dirawat selama sepekan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu petang kemarin. Ia mengalami gagal jantung dan fungsi organ tubuh yang melemah karena usia.

(Baca: Mengenang BJ Habibie dan Persembahan Terakhir untuk Ainun)

Editor: Yuliawati

Video Pilihan

Artikel Terkait