Krakatau-Nippon Steel Pasok Baja Galvanis ke Industri Otomotif

Dimas Jarot Bayu
29 Mei 2018, 05:00
Krakatau Steel
Agung Samosir|KATADATA
Ilustrasi baja hasil produksi Krakatau Steel.

PT Krakatau Nippon Steel Sumikin (KNSS), perusahaan patungan Nippon Steel and Sumitomo Metal Corporation dan PT Krakatau Steel Tbk (KS), akan meresmikan pabrik baja di Cilegon, Banten pada Agustus 2018. Perusahaan dengan komposisi saham 80:20 antara Nippon Steel dan KS, akan memasok produksi baja mereka untuk memenuhi kebutuhan pasar otomotif di Indonesia.

"Beberapa Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) sudah bersedia menggunakan baja kami," kata Direktur KNSS Djoko Muljono di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (28/5).

Djoko mengatakan, pabrik KNSS di Cilegon memiliki kapasitas sebesar Rp 480 ribu ton per tahun yang akan berfokus di sektor hilir. KNSS akan memproduksi baja cold rolled steel (CR), galvanizing steel (GI), galvannealing steel (GA). Berbagai produk tersebut digunakan untuk bagian badan mobil dan beberapa komponen otomotif tahan karat lainnya.

(Baca juga: Operasi Pabrik Krakatau Nippon Steel Mundur Jadi April 2018)

Pabrik dengan nilai investasi US$ 30 juta ini rencana diresmikan Agustus mendatang, mundur dari rencana awal April 2018. "Schedule-nya kami rencanakan (peresmian pabrik) tanggal 7 Agustus 2018," kata Djoko.

Pembangunan pabrik ini sebenarnya sudah selesai sesuai target. Hanya saja, pabrik tersebut sejak September 2017 masih memerlukan waktu untuk proses pengujian pabrik atau commisioning. Tahap ini diperlukan untuk memastikan seluruh instalasi peralatan yang terpasang di pabrik KNSS berfungsi dengan baik.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...