Astra Donasi Tiga Ventilator, Total Bantuan Atasi Pandemi Rp 131 M

Redaksi
Oleh Redaksi
19 September 2020, 07:35
Astra donasi ventilator
Grup Astra
Astra mendonasikan tiga ventilator untuk masyarakat Jawa Barat.

Grup Astra kembali mendonasikan ventilator ke pemerintah daerah untuk membantu penanganan Covid-19. Kali ini, Astra Financial, salah satu anak usaha PT Astra International Tbk menyerahkan tiga unit ventilator untuk pemerintah provinsi Jawa Barat.

“Di tengah kondisi pandemik seperti sekarang ini ventilator menjadi kebutuhan yang sangat krusial. Dan, Astra benar-benar merasa terpanggil dengan kondisi saat ini," kata Director In Charge (DIC) Astra Financial Suparno Djasmin dikutip dari siaran pers, Jumat (18/9).

Advertisement

Astra menyerahkan tiga ventilator kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk didistribusikan kepada rumah sakit yang membutuhkan. Tiga ventilator tersebut merupakan donasi dari PT Astra Sedaya Finance sebanyak dua unit dan dari PT Federal International Finance (satu unit).

Ventilator merupakan alat bantu pernapasan yang sangat dibutuhkan dalam menunjang hidup pasien Covid-19 yang tengah dalam kondisi kritis. Seluruh rumah sakit yang ada di Indonesia memiliki sekitar 3.637 ventilator untuk pasien virus corona per 25 Juli 2020.

Sebanyak 1.167 unit di antaranya terpasang di tempat tidur ICU (Intensive Care Unit) dan 1.145 unit di tempat tidur isolasi tekanan negatif. Berikut grafik Databoks:

Sebelumnya, Astra telah menyerahkan lima unit ventilator kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, pada 9 September 2020. Lalu, Astra mendonasikan tiga unit ventikator kepada Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, pada 14 September 2020.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement