DEN Dorong Sri Mulyani Biayai Proyek Pipa Gas Cisem Pakai APBN

Image title
12 April 2021, 20:22
pipa gas Cisem, proyek cisem, dana APBN
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi pipa gas. DEN mendorong pemerintah mendanai proyek Cisem menggunakan APBN.

Dewan Energi Nasional alias DEN berharap Kementerian Keuangan dan DPR menyetujui pembangunan proyek pipa gas Cirebon-Semarang (Cisem) menggunakan dana APBN. Langkah ini diperlukan setelah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif berencana untuk mengambil alih proyek tersebut.

Sekretaris Jenderal DEN Djoko Siswanto mengatakan mundurnya PT Rekayasa Industri atau Rekind dalam pembangunan proyek Cisem menjadi pertimbangan pemerintah mengambil alih proyek tersebut. Alasannya investor sebelumnya menyebut keekonomian dan pasokan gas menjadi pertimbangan utama untuk tidak melanjutkan pembangunan Cisem.

Advertisement

"Diusulkan menggunakan APBN semoga disetujui oleh Kemenkeu dan DPR," ujarnya kepada Katadata.co.id, Senin (12/4).

Dalam surat bernomor T-133/MG.04/MEM.M/2021 tertanggal 1 April 2021 yang diterima Katadata.co.id, Menteri ESDM meminta agar proyek pipa gas Cisem digarap dengan dana APBN.

Arifin mengatakan penetapan calon pemenang lelang urutan kedua yakni PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) dengan syarat dan ketentuan keekonomian yang sama pada saat lelang pada 2006 berpotensi membuat proyek tidak akan terlaksana.

Penyebabnya, volume pasokan dan kebutuhan gas yang disyaratkan keekonomian proyek tidak dapat dipenuhi. Kedua, terjadinya gagal bangun dalam hal tidak terdapat penyesuaian syarat dan ketentuan (terms and conditions) sesuai dengan kondisi sekarang.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement