Kasus Covid-19 Melonjak, Sydney Perpanjang Lockdown hingga Akhir Juli

Lockdown di Sydney seiring bertambahnya kasus Covid-19. Saat ini sebanyak 800 kasus menyebar di kota tersebut.
Yuliawati
14 Juli 2021, 13:46
lockdown, sydney, covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Loren Elliott/hp/cf
Warga berjalan di depan Sydney Opera House menyusul pelonggaran aturan yang dilaksanakan untuk membatasi penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di Sydney, Australia, Selasa (23/6/2020).

Pemerintah Australia memperpanjang masa lockdown di Sydney selama dua pekan ke depan setelah pembatasan selama tiga pekan terakhir gagal mengurangi laju kasus Covid-19. Saat ini sebanyak 900 kasus Covid-19 menyebar di Sydney.

Dilansir dari Reuters, pimpinan negara bagian News South Wales (NSW), Gladys Berejiklian, mengatakan lockdown diperpanjang hingga 30 Juli mendatang. Keputusan ini diambil setelah kasus corona bertambah 97 orang.

"Selalu menyakitkan untuk mengatakan ini, tetapi kita perlu memperpanjang lockdown setidaknya dua minggu lagi," kata Berejiklian di Sydney, Rabu (14/7) dilansir dari Reuters.

Berejiklian menjelaskan kebijakan penguncian kota ditempuh agar kasus segera mereda di NSW. Dia akan mencabut pemberlakuan lockdown ketika jumlah kasus baru di masyarakat mendekati nol. "Kami ingin keluar dari lockdown ini sesegera mungkin dan itulah sebabnya kami menetapkan aturan ini," lanjut Berejiklian.

The Sydney Morning Herald melaporkan peningkatan kasus di Sydney berawal dari meningkatnya kasus Covid-19 di sekitar Bondi Junction yang menyebar ke daerah lain. Untuk mencegah penyebaran infeksi Covid-19, maka pemerintah setempat memutuskan mengunci kota tersebut sejak 26 Juni lalu.

Kasus Covid-19 yang menyebar di kota yang berpenduduk 5 juta orang ini merupakan varian Delta yang sangat menular. Banyak sektor bisnis yang kurang penting ditutup, dan lockdown ini juga membuat murid sekolah harus tetap belajar dari rumah. Pemerintah hanya mengizinkan warganya beraktivitas di luar untuk kegiatan penting dan berolahraga.



Total kasus infeksi Covid-19 di Sydney kini hampir mencapai 900. Dua orang meninggal terhitung sejak kasus pertama di Australia tahun ini.

Saat ini sebanyak 71 pasien Covid-19 dirawat di sejumlah rumah sakit, 20 di antaranya berada di unit perawatan intensif (ICU), termasuk satu pasien berusia 20-an dan dua pasien berusia 30-an.

Virus corona tampaknya telah menyebar ke bagian kota lain yang sebelumnya tidak terdampak. Satu kasus terdeteksi di Goulburn, sekitar 200 km barat daya Sydney dan tiga kasus dilaporkan muncul di negara bagian Victoria.

 

Penyumbang bahan: Mela Syaharani

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait